One Day Trip atau ODT ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa agent travel dan saya percaya dengan salah satu agent travel bernama ‘Airis Journey’ yang dimana mereka mengadakan promo untuk ODT ke Kepulauan Seribu ini. Penasaran pulau mana saja yang saya kunjungi, saya akan berbagi ceritanya disini.

Indonesia sangat terkenal dengan alam yang indah dan kebudayaan yang beragam warna. Begitu pula dengan wisata yang pernah saya kunjungi melalui agent travel yang sudah saya percayai.

Yaps…saya akan mengisahkan berwisata ke Kepulauan Seribu di mana saya dan rekan-rekan tidak menginap melainkan saya hanya sehari saja berkunjung ke kepulauan seribu, namanya One Day Trip To Kepulauan Seribu.

1. Pulau Kelor

pulau-kelor-1

Kalau membayangkan pulau pasti berpikir ada air laut, cottage atau pasir putih. Nah di Pulau Kelor terdapat Benteng Martelo yang dibangun oleh VOC Belanda di abad 17-an menghadapi Portugis.

Benteng Martello berdiri kokoh di Pulau Kelor, dari kejauhan kelihatan begitu indah.

pulau-kelor-2

(Benteng Martello darikejauhan)

Dari batu batanya yang berwarna merah dengan ukuran kecil yang menunjukkan usianya yang telah berabad-abad. Reruntuhan yang memiliki nilai sejarah, dengan pepohonan serta pasir putih yang indah.

Pulau Kelor konon dulu terhubung dengan dengan Pulau Cipir dan Pulau Onrust serta dulunya terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

pulau-kelor-3
Saya (Dian) di dalam reruntuhan Benteng Martello

Setelah puas berkeliling dan mengetahui sejarah yang ada di Pulau Kelor, selanjutnya saya dan rekan-rekan yang lain akan melanjutkan ke Pulau sebrang, yakni Pulau Onrust.

2. Pulau Onrust

pulau-kelor-4

Asal muasal penjajahan di Indonesia dimulai saat armada tentara VOC  Belanda tahun 1619 datang pertama kali ke Indonesia dengan menaklukan Banten dan Jakarta. Wisata yang dapat dinikmati di Pulau Onrust yaitu meriam yang umurnya sekita 1700 tahun.

Dulu, Pulau Onrust merupakan tempat transit Jemaah Haji sebelum ada pesawat terbang. Sebelum diberangkatkan Haji, Jemaah Haji Indonesia dikumpulkan terlebih dahulu di Pulau Onrust.

Di Pulau Onrust terdapat sisa reruntuhan bangunan pnampungan para jamaah haji yang umurnya sudah sangat tua.

Di Pulau Onrust terdapat sisa reruntuhan benteng-benteng, makam Belanda serta lubang sumur yang di pada zamannya sangat berguna untuk mengalirkan air ke berbagai tempat di Pulau Onrust.

pulau-kelor-5
(Sisa reruntuhan benteng)
pulau-kelor-6
(Sumur Tua)

pulau-kelor-8pulau-kelor-7pulau-kelor-9

(Makam Belanda dan Pohon Beringin yang sudah tua)

3. Pulau Cipir

Pulau Cipir merupakan pulau terakhir yang saya dan rekan-rekan kunjungi. Pulau yang juga memiliki sisa-sisa reruntuhan yang bernilai sejarah seperti meriam, sisa kamar pemondokan haji. Pulau Cipir masih tersisa puing-puing yang menghubungkan Pulau Kelor dan Pulau Onrust.

pulau-kelor-cipir-1
(Pulau Cipir)
pulau-kelor-cipir-2
(Meriam peninggalan Belanda)
pulau-kelor-cipir-3
(Sisa puing yang menghubungkan Pulau Onrust)

Itulah 3 Pulau yang saya dan rekan-rekan saya kunjungi berserta sejarah-sejarah yang sangat berguna dalam : One Day Trip To Kepulauan Seribu.

pulau-kelor-cipir-4

Berhubungan saya dan rekan-rekan saya mengunjungi Kepulauan Seribu melalui agent travel, di akhir kunjungan di Pulau Cipir, ada acara yang sangatseru yang di mana diselipkan suatu acara pelepasan lampion yang dimana ini termasuk dari rangkaian kegiatan One Day Trip To Kepulauan Seribu yang diselenggarakan oleh Airis Journey.

pulau-kelor-cipir-5
Nah untuk kalian yang ingin merasakan liburan seperti saya hanya dalam waktu sehari tapi sangat menyenangkan dan bingung caranya bagaimana, tidak usah khawatir. Kalian bisa langsung search di media sosial kalian untuk memfollow dan meng-add Airis Journey menjadi agent travel dalam One Day Trip To Kepulauan Seribu seperti saya dan rekan-rekan saya.

Airis Journey
No. Handphone : 081320786614
Media Sosial : @AirisJourney
(Jadwal sudah di tentukan oleh pihak Agent)
(Liputan oleh : Dian Oktaviani)

Tinggalkan Balasan