Merayakan New Year’s Eve (NYE) atau malam pergantian tahun baru di Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka yang terletak di Utara kota Jakarta, untuk menuju ke Pulau ini, kurang lebih tiga jam dengan kapal motor menuju pulau ini dari pelabuhan Muara Angke.

Terdapat beberapa Paket wisata dan paket wisata tahun baru ke Pulau ini, dan berbiaya termasuk murah biasanya antara Rp.400 rb s/d Rp.600 rb tergantung dengan banyaknya jumlah peserta dan sudah termasuk transport ke pulau Pramuka, penginapan dan 3 kali makan selama 1 hari dan 1 malam. Hiburan di pulau ini selain Snorkeling, juga tempat favorit berfoto Sunset dan Sunrise.

Untuk menyambut tahun baru 2017 di Kepulauan Seribu yang merupakan aset pariwisata Nasional, Republik Indonesia, Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengungkapkan, perayaan malam tahun baru 2017 di wilayahnya dipusatkan di Pulau Pramuka.

Meski demikian, nantinya seluruh pulau yang ada di wilayahnya juga dipastikan akan menggelar acara saat malam pergantian tahun.

Diungkapkan Budi, acara yang  digelar pada malam pergantian tahun 2016 ke 2017 bermacam-macam, mulai acara syukuran, acara musik, hingga pesta kembang api. Menurutnya acara menyambut Tahun baru juga sudah biasa  juga dilakukan di pulau-pulau yang lain, papar Bupati Budi kepada wartawan.

Tak ingin ketinggalan NYE di Pulau Pramuka, ini tim redaksi www.puteriputeri.com  juga telah mengunjungi Pulau Pramuka yang terletak di wilayah Propinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, tepatnya di tengah gugusan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Pulau seluas 9 hektar yang masuk wilayah Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, ini adalah  pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka ini memiliki fasilitas cukup lengkap sebagai pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu. Di sini tersedia penginapan, rumah makan, rumah sakit, masjid, lapangan olahraga, dan lainnya.

Pemang menyenangkan bisa merayakan NYE di Pulau Pramuka, malamnya bakar ikan siangnya banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di perairan Pulau ini.

Perairan sekitar Pulau Pramuka ternyata memanjakan kita untuk sepuasnya melakukan snorkeling atau scuba diving karena air lautnya jernih dan berarus yang tenang.

Kawasan ini memiliki terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebasnya. Selain terumbu karang, pantai dari pulau ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini.

Di Pulau yang cukup luas ini juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami, pembaca dapat membuktikannya sendiri. Transportasinya adalah dapat memakai transportasi Kapal Ferry via Muara Angke/Marina Ancol pulang pergi.

 

Pulau Pramuka dihuni masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan dan penyedia usaha wisata berupa penginapan. Kehidupan mereka terbilang sejahtera dan sebagian besar bangunan rumah di sini cukup memadai.

Menurut salah seorang pengunjung Pulau Pramuka yang sempat ditemui oleh redaksi www.puteriputeri.com, yakni Christine (21), menyatakan dirinya merasa puas berwisata di  ini.

“Saya excited banget tahun baruan sambil berwisata di sini, ga nyangka ya tempat wisata sejauh ini masih masuk wilayah Jakarta, jadi ketika ditanya teman via media sosial ketika saya unggah foto, kamu wisata di mana liburan ini ? saya jawab saya wisata snorkeling dan menikmati suasana pulau di Jakarta aja, tapi di wilayah Pulau Pramukanya he he.. masih Propinsi DKI Jakarta loh” ujar Christine sembari mengurai senyumnya.

Pembaca bisa menyimak pula hasil foto fotografer Riza Arief di Pulau Pramuka ini. (*)

(Teks by Imung, Foto by Riza Arief)

Tinggalkan Balasan