Kuliner Khas Sunda ini adalah khazanah Kuliner Khas Nusantara, diolah dari kekayaan sumber bahan alami Nusantara khas Tatar Sunda.

Kalau mendengar kata  ‘Sunda’ tak lain dan tak bukan yang langsung terfikir adalah orang yang berasal dari Bandung dan Bogor.

Selain terkenal dengan perempuan yang geulis geulis, budaya sunda juga terkenal dengan khas makanan. Ciri khas orang sunda adalah makan dengan tangan tanpa menggunakan bantuan alat seperti sendok dan garpu lalu makan menggunakan alas daun pisang atau dengan kertas minyak di atas piringnnya.

Juga biasannya pun piringnya menggunakan piring kayu rajutan. Hal yang paling wajib bagi orang sunda ketikamakan ialah lalapan dan sambal mentah. Bisa bayangkan bukan betapa nikmatnnya makan menggunakan tangan tanpa perantara alat sambil lesehan apalagi makan lalapan dengan sambal, nikmatnnya…..!

sunda-kuliner-1Foto ini saya ambil saat saya berkunjung ke bandung pada tanggal 15 November 2016 lalu tepatnnya di salah satu rumah makan di Punclut, Bandung.

Ketika itu saya memesan pepes tahu, pepes jamur, ikan lele, ati, ampela, jengkol goreng, ayam goreng, dan wajib hukumnnya memesan lalapan serta sambal. Bagi anda pecinta sambal di rumah makan ini menyediakan sambal yang sangat nikmat pedasnya pas namun tidak mengurangi rasa tomat didalamnya.

sunda-kuliner-2

Patut di coba bagi anda penikmat sambal. Tak kalah pula untuk rasa pepes tahu dan jamur, kalau anda biasanya makan pepes namun masih terasa air nya yang satu ini berbeda karena setelah dipepes daun pisang dan tahu serta jamurnya di bakar terlebih dahulu sebelum penyajian jadi rasa harum dari daun pisang sangat melekat dan airnya pun meluap.

Namun, di tempat makan ini tidak menyediakan nasi uduk dan putih melainkan satu bakul nasi merah untuk di makan bersama. Setelah saya tanya pada pemilik rumah makan “WANGI” ini, beliau mengatakan bahwa lauk pauk yang disediakan kebanyakan adalah di goreng jadi agar penikmat tetap sehat maka hanya di sediakan nasi merah saja untuk makanan pokoknya. Mungkin beberapa dari kalian bertanya tanya kenapa orang sunda suka sekali makan dengan lalapan dan makan makanan langsudng dengan tangan, saya selaku orang sunda sendiri memiliki jawabanya.

Hal itu dikarenakan daerah Bogor dan Bandung adalah dataran tinggi dimana wilayahnya sebagian besar adalah perkebunan, saat jaman dahulu kebanyakan penduduk disana memiliki sawah dan perkebunan yang luas dimana banyak tertanam sayur mayur, singkong, ubi dan talas. Masyarakat disana percaya bahwa makanan yang ditanam sendiri akan jauh lebih sehat dan sangat alami.

Tak heran lagi bila mereka hanya makan lalapan seperti kecipir, daun kemangi, daun singkong dll. Semakin sering makan lalapan maka semakin sehat pula badan kita. Maka dari itu banyak nenek nenek yang sudah berumur 70+ badannya basih bugar.

Sekian informasi pengalaman yang saya berikan, terimakasi sudah menyempatkan waktunya untuk membaca semoga bermanfaat !

(Liputan oleh : Nedya Kirana Ramadhania)

Tinggalkan Balasan