Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan (biasanya tengiri). Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di beberapa daerah seperti daerah Sumatra Selatan.


Sekitar tahun 80 an di Bangka-Belitong banyak terdapat penjual makanan ringan menggunakan sepeda ( kaya abang siomay yang keliling naik sepeda gitu). Nah saat itu jumlah ikan yang terjual berbanding terbalik dengan daya beli masyarakat sekitar.

Agar ikan tersebut tidak membusuk di pasar maka dibuatlah sebuah makanan ringan yang terdiri dari Terigu, ikan dan bahan lainnya.

Lambat laun, bisnis makan tersebut menjadi besar dan berkembang, dan masyarakat sekitar menyebutnya dengan Otak-Otak. Sampai sekarang makanan itu masi ada dan banyak dijual dijalanan maupun restoran. Dan kenapa makanan tersebut disebut Otak-Otak.

otakotak-1

Otak-otak ini dapat juga ditemukan disalah satu cafe didaerah jakarta selatan, cafenya bernama TERASE Kopi Bangka, yang beralamatkan di jl.Gang Seratus, Lenteng Agung, Jagakarsa,

DI TERASE kopi bangka menyediakan bermacam otak-otak , seperti otak-otak bakar, goreng, dan kukus. Otak-otak ini pun dapat dinikmati oleh semua kalangan. Otak-Otak ini juga sangat nikmat jika ditemani oleh segelas kopi hitam dari Bangka.

otakotak-2

 

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan otak-otak yaitu tepung terigu, ikan tenggiri, garam, penyedap makanan. Cara pembuatannya, dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut sesuai kebutuhan kemudian, bahan-bahan tersebut diolah menjadi adonan, kemudian adonan tersebut dibentu memanjang 4-5 CM, kemudian dikukus dikukus kurang lebih sekitar 5 menit, setelah dikukus otak-otak yang setengah jadi dipotong kecil-kecil dan kemudian digoreng, otak-otak goreng pun siap dimakan

(Oleh : Depati Barin)

Tinggalkan Balasan