Yuk Ngopi di Kota Tua 🙂

Beberapa waktu yang lalu, saya diajak oleh teman saya untuk jalan-jalan ke kawasan Kota Tua, DKI Jakarta.
Kawasan Kota Tua ini sangat bagus buat berfoto- foto. Kami ke Jakarta dari Bogor dengan menggunakan kereta “commuter line” dari stasiun Bogor hingga Jakarta kota.

Setelahsampai di stasiun Jakarta kota. Kami pun berjalan  menelusuri jalan melewati gedung-gedung yang sangat tua sesampai di lokasi, ternyata tempat ini adalah tempat yang sangatb ersejarah terletak di kawasan Jakarta Barat.

Tempat ini bernama “Kota Tua” atau biasa dikenal juga sebagai sebutan “Old Batavia” ( Batavia Lama). Pada Zaman dahulu tempat ini dibangun oleh belanda sebagai pusat perdagangan di Kompeni VOC Belanda di Timur Jauh.

Kota tua ini sangat ramai setiap harinya banyak para wisatawan dari berbagai kota hingga berbagai Negara yang berkunjung, tidak hanya berwisata tapi kalian bisa mempelajari sejarah hingga memahami atau menambah wawasan baru.

Kami bisa menemukan banyak museum di Kota Tua. Museum-meseum itu diantaranya adalah Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Senirupa.

Selain itu disini juga banyak sepeda onthel. Bagi kalian yang ingin menaiki sepeda onthel ,tarifnya dihitung berdasarkan lamanya menyewa sepeda sekitar Rp.20.000,- sampai Rp.30.000,- harga menyewa sepedanya pun masih bisa ditawar dengan harga yang ringan setelah itu kalian bisa menikmati sambil menaiki sepeda onthel keliling museum Kota Tua ini dan tidak hanya itu saja di sekeliling Museum Fatahillah ini ada sepasang ondel-ondel, juga yang lucu dan menarik adalah banyaknya Manusia Patung 🙂

Manusia-manusia Patung ini ada yang bergaya seperti  Nagabonar, Si Pitung, Pejuang 45, Noni Belanda, Tentara belanda dan berbagai figur lain untuk diajak berfoto.

Setelah berkeliling ke Museum-museum yang ada di Kota Tua Batavia, maka kami pun mulai berburu mencari tempat makan serta tempat Ngopi di Kota Tua

Kami pun memilih salah satu tempat makan yaitu “Bangi Kopitiam” yang letaknya tidak jauh dari Museum Wayang.

Café di kawasan Kota Tua ini tempatnya sangat luas dan sangat nyaman, sehingga cocok buat kalian yang mau nongkrong-nongkrong, ngerjain tugas, janjian sama teman, dan segala macam.

Karena Café Bangi Kopitiam ini dilengkapi dengan Free WIFI. Di dalam café ini ada dua ruangan yaitu ruangan Ber-AC dan ruangan Non-AC.

Di cafe ini kita juga bisa melihat aneka memorabilia barang-barang jadul (jaman dahulu) yang dijadikan untuk sebagai décornya seperti TV, mesin tik, mesin jahit, sepeda, dan foto- foto kendaraan jaman dahulu.

Sambil Ngopi di Kota Tua, kita juga bisa menyaksikan suasana Kota Tua- Old Batavia yang semarak dengan suasana retro.

(Liputan oleh : Santya Peresa)

Tinggalkan Balasan