Pulau Sumatera memiliki banyak danau yang indah. Ada Danau Toba, Gunung Tujuh Danau, dan Danau Singkarak. Salah satu danau yang tak kalah indah dan menarik, Danau Ranau !

Namanya mungkin kurang terkenal dibandingkan danau lainnya. Namun, danau ini adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Kecantikan dan suasana di sekitar danau juga akan membuat Anda jatuh cinta.

Danau Ranau terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Provinsi Lampung dan terletak di kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU) di Sumatera Selatan. Iklim dan hawa dingin akan Anda langsung merasakannya di danau ini.

Sebagian besar wisatawan untuk menikmati danau Ranau dari desa Lumbok, Kabupaten Lampung Barat. Selama perjalanan ke Danau Ranau, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan lanskap hijau semua. Dari kota Palembang, danau ini terletak sekitar 342 kilometer.

Setelah tiba disana, Danau Ranau memiliki banyak pesona yang telah menunggu untuk Anda. Danau Ranau merupakan pemandangan yang sangat indah.

Danau ini terbentuk karena gempa bumi dan letusan gunung berapi, Luas Danau Ranau adalah 8 x 16 km dengan kedalaman maksimum 229 meter.

Danau ini memiliki air danau  yang biru, tenang dan luas.

Plus pemandangan Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau. Selain dari keindahan danau yang ditawarkan, disini pula kita bisa menikmati pesona alam yang memukau mata.

Berjalan menyisir tepi danau mengambil gambar dari setiap sisi danau.

Ada dermaga dan kapal sepanjang tepi danau, gambar objek yang sangat menarik. Sambil berjalan, Anda akan disambut oleh orang-orang ramah yang menetap di sekitar danau. Anda juga dapat mengambil speedboat untuk mengelilingi danau.

Dengan kisaran harga Rp 100.000 – Rp 200.000, Anda dapat pergi ke pulau Marisa di tengah danau atau langsung menuju ke Gunung Seminung. Ada air panas di sana!

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Danau Ranau, ada beberapa resort atau homestay disana. Ada Seminung Lumbok Resort yang nyaman dan favorit para traveller.

Dengan kisaran harga Rp 300.000 – Rp 500.000, Anda akan mendapatkan fasilitas yang nyaman. Resor ini terletak tepat di tepi danau, sehingga Anda bisa puas menikmati pemandangan danau setiap saat.

Untuk homestay, biayanya sekitar Rp 100.000 saja, itu tergantung pada tawar-menawar untuk pemilik rumah. Namun, Anda dapat mengenal lebih dekat budaya dan masyarakat sekitar waktu orang tinggal di rumah.

Siapkan jaket tebal saat berkunjung ke tempat ini. Udara dingin akan menusuk tulang Anda. Siapkan kamera, karena pesona Danau Ranau adalah memukau.

(Liputan oleh : Defi Febrianty)

Tinggalkan Balasan