Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang unik untuk dikunjungi di Jogjakarta.
Huyy guys kali ini saya bakal recommend tempat yang wajib Banget 🙂 🙂 kalian harus datangin salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir adalah istilah untuk tumpukan pasir yang terbentuk oleh alam, untuk dimanfaatkan oleh manusia.

Bentuknya sendiri bermacam macam, tergantung kodisi alam yang membentuknya. Memang variasi bentuk gumuk pasir banyak tapi untuk gumuk pasir parangkusumo itu sendiri dipengaruhi oleh berupa vegetasi, kecepatan angin, juga arah angin.

Tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Harga tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo berkisar Rp 4.000,- saja. Untuk parkir kendaraan motor Rp 2.000,- sedangkan parkir mobil 5000,-. Sedangkan harga untuk mencoba sandboarding adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan yang terstandar seperti pengaman siku dan lutut, dan helm.
Akses ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk akses menuju ke kawasan ini bisa dilalui dengan kendaraan motor, mobil maupun bus. Di mana jalan sudah beraspal dan terawat semakin membuat nyaman wisatawan yang ingin sampai tujuan. Petunjuk arah yang sangat lengkap juga termasuk tunjuan membuat pengunjung sangat mudah untuk agar tidak khawatir tersesat di jalan.
Rute dari Jogja :

Dari Yogyakarta menuju ke arah Pantai Parangtritis, sebelum loket masuk Pantai Parangtritis tersebut terdapat pertigaan kemudian belok ke arah kanan dan lurus saja ikuti jalan tersebut hingga bertemu loket masuk Pantai Depok. Sebelum loket masuk Pantai depok akan terdapat belokan ke arah kiri, ambil belokan tersebut dan lurus saja maka anda akan menemukan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Fasilitas

Wisata ini  memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir yang cukup luas, pos penjagaan, klinik kesehatan, mushola, warung makan, toko souvenir dan oleh-oleh serta beberapa penginapan yang berada tidak jauh dari area ini.

Di sana juga terdapat sebuah museum. Di museum tersebut pengunjung dapat mengetahui bagaimana proses terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Bagaimana anda tertarik berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo?

Tips wisata

Jika pengunjung datang ke Gumuk Pasir Paramgkusumo ketika siang hari, sebaiknya pengunjung membawa topi. Untuk melindungi kepala dari sengatan terik matahari.

Karena di sana suhu ketika siang hari cukup panas dan terik matahari sangat menyengat seperti benar-benar berada di Gurun Pasir.

Sebaiknya gunakan juga sunblock untuk melindungi kulit anda agar tidak terbakar teriknya matahari dan menghindari terjadinya kanker kulit.

Jangan lupa juga gunakan kacamata untuk melindungi mata anda dari debu yang bertebaran terbawa hembusan angin.

(Liputan oleh : Mita Ardi Eka Putri)

Tinggalkan Balasan