Ini adalah penelusuran urban legend tentang Misteri Menara Air Manggarai.

Menara tua yang sudah tidak terawat ini dulunya merupakan menara yang sangat bermanfaat untuk warga di kisaran wilayah Manggarai dan Matraman, Jakarta.

Menara Air Manggarai ini lokasinya berada di pemukiman penduduk di Jl. Menara air RT. 07/ 011 kel. Manggarai utara kec. Tebet Jakarta Selatan. Namun saat ini bangunan tidak terawat sehingga yang terlihat hanya batu bata yang berdiri kokoh pada bangunan tersebut.

Pintu merah besi adalah satu-satunya akses masuk ke dalam menara Air kuno ini.

 

Menurut cerita dari warga sekitar di dalam menara tersebut terdapat dua tangki air yang di gunakan untuk menyalurkan air dari Bogor untuk didistribusikan guna kepentingan di Stasiun Kereta Api Manggarai, dengan menggunakan teknologi Bejana Berhubungan.

Selain untuk keperluan di Stasiun Manggarai digunakan juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar Manggarai – Matraman dan sekitarnya.

Selain manfaat dari menara tersebut ada kisah lain dari menara yang sudah tidak terawat tersebut.

Menurut beberapa cerita dari warga sekitar sering munculnya penampakan berwujud anak kecil dan ada juga yang menyerupai warga.

Sempat dilakukan pula acara reality show Uji Nyali oleh salah satu Stasiun TV Swasta untuk mengungkapkan misteri tersebut.

Karena seringnya beberapa warga yang melihat apparition atau penampakan.

Tapi warga tersebut untuk saat ini sudah terbiasa mendengar kisah-kisah mistisnya. Sehingga warga sekitar sudah tidak menghiraukan lagi dengan kisah kisah misteri tersebut.

Pesan dari salah satu warga yaitu pak H. Ahmad Sanusi atau biasa di panggil H Uci  hanya berpesan “Bahwa tolong diperhatikan bangunan bangunan peninggalan zaman belanda agar di jadikan cagar budaya,” ujarnya.

Memang se-misteri apapun hantu di menara Air Manggarai, bahkan sering makhluk halusnya menyerupai manusia yang jalan-jalan di sekitar menara air ini bagi warga sekitar sudah biasa,

Bahkan mungkin jika ketemu hantunya secara langsung akan diajak selfie untuk dinggah di medsos 🙂 Sampai sebegitu biasanya para warga ini menanggapi adanya marak penampakan, juga beberapa kali acara uji nyali reality show, acara-acara misteri horror yang kerap syuting di lokasi menara Air kuno Manggarai ini, hingga bagi warga urband legend ini sudah bukan misteri lagi.

Anak-anak kecil bahkan dengan ceria sambil tertawa dan tersenyum melihat saya yang sedang liputan dan foto di kawasan Menara Air ini.

Mungkin dianggap hal yang biasa saja 🙂

Hanya saja sejumlah warga kerap mengkhawatirkan kualitas bangunan kuno yang telah berdiri sejak jaman Belanda ini hingga sekarang, memang harus selalu diawasi keamanan bangunan, demi keselamatan warga manusia sekitarnya.

Nah berikut hasil video wawancara saya dengan salah satu warga yang tinggal di dekat menara air manggarai :

(Liputan oleh : Muhammad Fikriansyah)

Tinggalkan Balasan