Sebagai warga Ibu Kota, tentu setiap liburan tiba kita merencanakan hendak ‘escape ‘ke mana dengan tujuan wisata luar Jakarta?


Maka tepatnya saat weekend lalu saya sengaja ‘nyasar’ ke sebuah pantai di Pulau Merak Besar, di mana suasananya memang begitu indah. Pulau Merak Besar terletak di koordinat 05′ 56′ 01” LS dan 105’ 59′ 23” BT.

Secara administratif, Pulau Merak Besar berada di Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon, Banten.
Pulau ini tidak berpenduduk dan memiliki topografi daratan berbukit dengan pantai berpasir dan berbatu terjal.

Vegetasi dominan yang tumbuh di Pulau ini adalah tumbuhan pantai, pohon-pohon tropis, semak-semak, dan pakis-pakisan.

Di perairan dekat pulau ini, perahu-perahu kecil dan para nelayan yang melaut mencari ikan cukup meramaikan suasana hari itu.

Saat aku pergi ke sana aku ditemani seorang wanita yang begitu spesial di lubuk hati yang paling dalam.
Tujuanku wisata ke Pulau Merak Besar ini hanya untuk menghilangkan semua beban dan unek-unek di kepala saya, biar terasa pikiran ini bisa segar kembali.

Ternyata nyaman benar ‘nyasar’ berlibur ke pulau Merak Besar yang mempunyai suasana indah dan tempatnya yang sejuk, dan air nya begitu jernih.

Sebenarnya ada dua pulau yang bisa disinggahi di dekat pelabuhan Merak, Banten, yakni Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil

Di pulau Merak Kecil pengunjung masih bisa memutari pulau untuk mendapatkan pemandangan Sunset bagus, tapi karena amanat dari pemilik perahu untuk tidak masuk ke dalam hutan di Pulau Merak Besar, kami jadi hanya bermain-main air saja di tepian.

Untuk menuju ke Pulau yang berpasir putih dengan koral putih ini, lama waktu menyebrang dengan boat cuma ditempuh paling 10-15 menit saja, dan perahu yang siap mengantarpun akan selalu stanby hingga waktu sore dari dermaga.

Pulau Merak Besar terletak tepat kurang lebih 500 meter di depan pelabuhan penyeberangan Merak – Bakauheni, dengan luas areal sekitar 40 Hektar.

Secara strategis, Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak.

Pulau ini juga berfungsi juga sebagai penahan gelombang yang menuju pelabuhan Merak dan dijadikan sebagai kawasan lindung yang dilestarikan keberadaannya, pulau ini sangat strategis untuk melindungi pelabuhan Merak.

Dan Pulau Merak Besar ini juga sangat berpotensi, karena memiliki potensi sumberdaya Kelautan dan Flora dan Fauna, alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan dan koral sisa situs tsunami akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Pulau Merak Besar dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, seperti Pasir Putih terletak disebelah Barat dan Selatan, Terumbu Karang di sebelah Timur dan Utara serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

(Liputan oleh : Yuda Sukron)

Tinggalkan Balasan