Apakah kita ingin mengunjungi Semarang dan wisata di semarang ?

Jika kita melakukannya, kita telah memilih kota juga kabupaten yang tepat untuk kita kunjungi.

Mengapa ?

Semarang memiliki aneka tempat liburan yang indah yang kita tidak dapat menemukan di tempat lain. Dan tentu saja, semuanya akan memberikan pengalaman menyenangkan dan menarik yang kita tidak pernah kita lupakan dalam hidup kita. Sekarang, jika kita berencana untuk menikmati budaya asli Jawa Tengah, marilah kita packing dan wisata ke Semarang.

Sebenarnya, Semarang tidak hanya tempat di mana kita dapat menemukan dan menikmati keindahan budaya Jawa. Ada banyak tempat yang indah yang dapat kita temukan dalam wisata di Semarang. Tapi, jika kita ingin menikmati keindahan budaya Jawa yang pertama dan terlebih dahulu, maka ada tiga tempat yang dapat kita kunjungi dalam wisata Semarang kali ini.

Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu, Semarang

Pertama adalah Museum Jamu Nyonya Meneer. Di sini, kita dapat menemukan sejarah salah satu produk jamu tertua. kita juga dapat melihat proses pembuatan produk jamu.

Tujuan berikutnya adalah Candi Tugu. Ini adalah candi kerajaan kuno Jawa yang terletak di perbatasan kerajaan Majapahit dan kerajaan Pajajaran.

Tujuan ketiga adalah Candi Gedong Songo. Di sini, kita akan menemukan sembilan candi Jawa kuno yang indah yang terletak di bukit yang indah pula. Kita dapat menikmati keindahan arsitektur candi ini serta pemandangan dari bukit Ungaran, lokasi di mana candi ini dibangun.

Semarang juga merupakan kota di mana banyak budaya bercampur  dalam harmonisasi masyarakat Jawa (melting pot). Contoh mudah yang dapat kita menemukan adalah kita dapat menemukan banyak Masjid, Gereja dan Vihara  di kota ini dengan, gaya arsitektur bangunan yang juga berasimilasi antara masing-masing gaya arsitektur.

Klenteng Sam Poo Kong

Oleh karena itu, kota ini akan menjadi surga bagi sahabat  yang mungkin suka hal-hal tentang arsitektur. Beberapa tujuan utama dalam liburan yang mengeksplorasi arsitektur, maka  kita dapat mengunjungi bentuk arsitektur Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Klenteng Tay Kak Sie, Klenteng Sam Poo Kong dan banyak lagi.

Lawang Sewu

Lawang Sewu terletak di sisi timur dari Tugu Muda, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Lawang Sewu dalam bahasa Indonesia adalah seribu pintu, mengapa tempat ini memiliki nama ‘Lawang Sewu’, karena bangunan ini memiliki banyak pintu. Bersih dan rapi, Lawang Sewu kini menjelma menjadi tempat yang mengagumkan di Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi tempat wisata, Lawang Sewu  sempat digunakan sebagai tempat tahanan, dan kantor pusat Kolonial Belanda.

Mengapa banyak orang terutama wisatawan ke Semarang ingin melihat tempat ini ? ternyata karena banyak pemandangan yang menarik di dalam Lawang Sewu. Ada berbagai misteri yang masih menghantui hingga sekarang, contohnya adalah suasana mistis lorong panjang bawah tanah di dalam bangunan Lawang Sewu, dimana kita dapat melihat bagian dalam dengan seni karena menggunakan ornamen yang unik. Yang paling seram tentu saja adalah bekas penjara di bawah Lawang Sewu. Paling tidak kita bisa panjatkan doa untuk ketenangan dan kemuliaan arwah para pejuang kemerdekaan NKRI yang gugur di Lawang Sewu dalam melawan penjajahan dan arogansi Belanda di tempat ini.

Lawang Sewu merupakan peninggalan bangunan Belanda kuno yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai tahun 1907. Awalnya, bangunan ini untuk perusahaan rel (trem) penjajah Belanda atau Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Bangunan tiga lantai ini dulu namanya juga dikenal sebagai  Wilhelminaplein adalah karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Suasana mistis masih ada dan terasa benar sampai kini.

Namun, tidak perlu merasa khawatir berwisata di dalam Lawang Sewu, anggap saja sebagai ‘rumah hantu yang hidup’, karena kita tidak akan sendirian di sana dan kita akan menemukan banyak tempat yang menarik.

Lawang Sewu secara khusus adalah sebuah bangunan yang sangat indah, dengan sejarah yang sangat tua dan panjang serta mengundang daya tarik tradisional untuk  tempat wisata sekaligus mengundang banyak orang penasaran karena konon tempat ini adalah tempat paling berhantu di Semarang Jawa Tengah.

Selain Lawang Sewu, ada banyak tempat yang dapat kita kunjungi di Semarang. Untuk pantai, ada Pantai Marina, Pantai Maron dan Tirang Beach. Hal yang menarik tentang tiga pantai ini adalah lokasi mereka dekat dengan bandara.

Selain pantai, kita juga dapat mengunjungi air terjun Kali Pancur yang trekkingnya menantang.

Selain Kali Pancur, kita juga dapat mengunjungi Curug Benowo, yang juga terjun indah di Semarang. Ada juga banyak tempat liburan lainnya yang dapat kita temukan di Semarang.

Kita dapat mengunjungi Rawa Pening, sebuah danau yang indah di mana kita dapat menikmati pemandangan indah dari danau ini dengan perahu tradisional Jawa. Jangan lupa, kita juga dapat membeli kerajinan indah yang terbuat dari enceng gondok yang tumbuh di Rawa Pening.

Kesemua destinasi wisata Semarang ini akan menjadi  pengalaman wisata yang tak terlupakan di Semarang, kita bisa pula menggunakan panduan dan tur untuk mengeksplorasi Semarang. Dengan bantuan tur yang terencana, kita dapat dengan mudah menemukan dan mengunjungi tempat terbaik yang kita inginkan di Semarang. Plus, kita juga dapat menyimpan lebih banyak uang untuk liburan kita di Semarang. Secara keseluruhan, Semarang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dapat kita kunjungi dan memilih untuk liburan kita di Jawa tengah. Salam wisata khas puteriputeri.com.

(imung)

 

Tinggalkan Balasan