Simak Liputan Dieng Plateau kiriman dari Siti Basiroh, gadis asli Wonosobo.

Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah yang masuk di wilayah kabupaten Banjar Negara dan Kabupaten Wonosobo.

Letaknya berada di sebelah barat komplek Gunung Sindoro dan GunungSumbing. Menurut sejarah, Dataran Tinggi  Dieng di sebut tempat para Dewa Dewi tinggal.  Nama Diengsendiridari Bahasa kawi ”DI” yang artinya tempat atau gunung dan “HYANG” yang artinya Dewa sehingga Dieng berarti pegunungan tempat Dewa.

Sahabat puteriputeri.com semua apa kabar kalian ? Ini adalah pengalamanku pergi berlibur ke Dieng Plateau Wonosobo Jawa Tengah, kebetulan tempat tinggal saya di Wonosobo,yang berjarak relatif dekat untuk pergi berkunjung ke Dieng Plateau.

Jarak tempat tinggalku dengan Dieng Plateau berkisar antara kurang lebih 2 jam perjalanan.

Saya pergi bersama teman-teman sayamenggunakan kendaraan bermotor.

Selama ini Wonosobo terkenal dengan keasrianya terbukti selama perjalanan menuju Dieng , banyak pemandangan yang indah sekali yang membuat mata in itidak berkedip .

Sesampainya di Dieng Plateau kami mengantri untuk membeli tiket masuk ke tempat wisata, tempat pertama yang kami kunjungi adalah ‘Telaga Warna’.

Telaga Warna adalah landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang berbeda beda. Jangan lupa gunakan masker karena di beberapa tempat di Telaga ini bau belerangnya kuat tercium.

Kami menyusuri telaga itu dari ujung timur sampai ujung barat tidak lupa kami pun berfotoria mengabadikan gambar di Telaga Warna.

Telaga Warna, Dieng Plateau

Di tengah telaga terdapat beberapa Gua sebut saja Gua Semar, Gua pengantin dan masih ada beberapa gua lagi.

Goa Pengantin di dekat Telaga Warna

Konon gua ini sering digunakan oleh beberapa orang untuk bertapa. Dekat denganTelaga Warna ada satu lagi Telaga namanyaTelaga Pengilon, konon katanyanya telaga ini bisa buat bercermin.

Telaga Pengilon, Dieng Plateau

Di atas Telaga ini terdapat bukit-bukit yang menjulang tinggi yang menambah tempat ini menjadi begitu indahnya. Dieng tidak kalah ramainya dengan Puncak Bogor, apalagi setiap lebaran banyak sekali pengunjung yang berdatangan. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah bahkan ada yang dari mancanegara.

Salah satu pintu candi di candi Dieng atau disebut juga kompleks candi Arjuno

Setelah kita puas menikmati keindahan Telaga Warna kita berpindah lokasi menuju Candi Dieng, di sana tidak kalah indahnya dengan Telaga Warna tadi.

Di Candi Dieng atau dikenal juga dengan nama Kompleks Candi Arjuno terdapat beberapa candi kecil peninggalan kerajaan Mataram kuno, tapi kondisi nya sudah banyak yang rusak mungkin karena sudah lama atau bisa juga faktor lain.

Di dekat candi ada warung kecil yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Dieng, kami mampir sebentar untuk makan dan membeli beberapa makanan khas Dieng.

Tidak terasa waktu sudah sore matahari sebentar lagi tenggelam, kami memutuskan untuk pulang karena rumah kami, jaraknya lumayan jauh  dari Dieng Plateau meskipun masih di Kabupaten Wonosobo.

Bagi sahabat puteri puteri.com yang ingin berlibur ke Dieng Plateau yang rumahnya di luar Wonosobo tidak perlu kuatir karena di sekitar Dieng banyak tempat penginapan seperti Home stay, Losmen.

Harga tiket masuk pun tidak mahal bahkan untuk angkutan umum pun tidak terlalu susah mendapatkanya. Jangan lupa beli oleh-oleh khas Dieng seperti kacang Dieng, Keripik Jamur, Carica dan lain-lain. Serta jangan lupa untuk mencicipi Mie Ongklok makanan khas Wonosobo.

(Liputan oleh : Siti Basiroh)

Tinggalkan Balasan