Halo pembaca, siapa yang tidak kenal Manado. Kota besar yang merupakan ibukota provinsi dari Sulawesi Utara. Di Manado, banyak keragaman budaya di dalamnya. Karena bangsa kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan kekayaan adat budaya, ragam etnis yang hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, maka tak ada salahnya kita mengenal dan menikmati ragam kuliner Nusantara.

pisang-roa-3

Tidak hanya masyarakatnya yang terdiri dari berbagai suku bangsa, keragaman agama, warna kulit, Manado juga memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya pakaian adat daerah, tarian daerah, juga makanan khas daerah.

Manado terkenal dengan bubur Manadonya. Nah, sekarang kita akan mengupas lebih dalam tentang pisang roa asli Manado nih, tidak perlu jauh – jauh untuk mendapatkan pisang lezat ini, karena sudah banyak yang menjualnya, seperti disini nih, Eat and Eat Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Makanan ini sangat unik walau kelihatannya seperti pisang goreng biasa aja yang dibalut tepung.

Pisang Roa ini terbuat dari pisang tanduk. Cara membuatnya pun sangat mudah, pisang dicampur dengan adonan tepung, lalu kemudian digoreng kedalam minyak panas.

Perbedaan dan keunikan dari pisang ini yaitu pisang goreng roa dihidangkan dengan sebuah sambal. Sambal nya pun bukan sembarang sambal, melainkan sambal yang terbuat dari ikan bernama ikan roa, khas Manado, Sulawesi Utara.

Orang – orang pasti berpikir bagaimana rasanya perpaduan antara pisang yang sangat manis yang dicocol dengan sambal ikan. Menarik tentunya, setelah saya mencicipinya, rasanya sungguh sangat menggugah selera.

pisang-roa-2

Buat anda semua yang menyukai kuliner, anda harus coba nih! Tidak perlu jauh – jauh datang ke Manado langsung, anda bisa search outlet mana saja yang menjual pisang roa. Salah satu contohnya Eat and Eat di Mall Kelapa Gading 3 lantai 3. Rasanya yang lezat dan unik ini dijamin bisa membuat para penyicip akan ketagihan untuk makan terus.

Harganya terjangkau hanya Rp 18.000 per porsi dan itu terdiri dari 7 buah pisang goreng. Namun jika membeli di outlet eat and eat ini, anda harus menggunakan kartu yang harus di top-up terlebih dahulu, tetapi tenang saja sisa saldo dalam kartu anda bisa di refund/kembalikan loh. Yuk, dicoba makanan khas Manado ini.

Orang Indonesia cinta makanan Indonesia pastinya!

Selamat Mencoba 🙂

(Liputan oleh : Gracia)

Tinggalkan Balasan