Kenikmatan Kopi Solok memang tiada duanya.

Di Indonesia terdapat jenis-jenis kopi khas daerah yang sangat ikonik, bahkan beberapa nama kopi asli Indonesia yang telah ‘harum namanya’ dan mendunia. Salah satu ini yang ingin saya bahas dibawah ini adalah kopi khas daerah Sumatera Barat : ‘Kopi Solok’.

Ketika di Padang saya diajak untuk mencicipi Kopi Solok, dan saya bertanya apa itu Kopi Solok kepada calon mertua saya, “Ayo ikut ayah untuk mencoba kopi khas Sumatera Barat,” ujar calon mertua saya.

Semenjak menikmati Kopi Solok untuk pertama kali itu, saya selalu terkenang akan aroma, rasa dan kenikmatannya. Benar-benar kopi nikmat asli Indonesia.

Pada umumnya di Sumatera Barat terkenal dengan rendangnya, juga kopinya sangat terkenal yaitu Kopi Solok, dan kopinya sangat nikmat ketika diminum berbeda dengan kopi lainnya karna terbuat dari rempah-rempah tercium sekali khas baunya.

Di Jakarta saya menemukan kopi-kopi khas daerah. Di daerah Layur tepatnya Jalan Gurame no. 3, Pulo Gadung, Jakarta Timur saya menemukan tempat yang menyajikan kopi-kopi daerah, dan yang paling utama kopi Solok karena rindu akan cita rasa dari kopi tersebut disaat saya berada di Sumatera Barat bersama mantan pacar saya, Symposium Coffee lah yang menyediakan kopi-kopi daerah.

kopi-solok-1
Dan saya  langsung bertanya kepada Mas Bobo pemilik kedai tersebut sekaligus baristanya.
“Gua memakai filosofi symposium coffee karena gua ambil dari bahasa yunani, orang yunani itu dulunya suka acara kumpul-kumpul tapi bukan kopi yang mencolok melainkan hanya wine kopi menjadi pemanisnya. Jadi disini kita buat tempat kumpul-kumpul buat ngopi bareng-bareng, buat kedepan yang udah singgah di tempat gua mereka punya inovasi dan pikiran-pikiran baru ditempat gua,” papar Mas Bobo selaku ownernya.

kopi-solok-2

Saya langsung memesan kopi khas minang dari Sumatera barat yang rindu akan citra rasanya.

Kopi Solok asal Sumatera ini  tak berbodi penuh atau tebal, melainkan berbentuk biji tipis dan warna dari kopi tersebut cenderung kemerahan.

kopi-solok-7

Sesekali, aroma rempah keluar dari seduhan. Ketinggian dari pertumbuhan Kopi Solok sekitar 1600 sampai 2000 diatas permukaan laut syarat untuk tumbuh kopi Arabica

kopi-solok-4
Gambar pemilik sekaligus barista membuat kopi solok.

Pembuatan kopinya yang tidak kita sangka bahwa terbilang sangat  mudah apabila kita dapat memahaminya, saat ini sebagian besar  banyak masyarakat menjalankan bisnis dengan membuka kedai  kopi untuk menjadi usaha sampingan.

kopi-solok-5

Berikut pesan dari narasumber yang langsung saya wawancarai.

“Alesan gua sangat kompleks, ketika mirisnya kopi Indonesia mengekspor kopi-kopi ke luar negri tetapi banyak masyarakat Indonesia masih banyak yang belum menyadari kenikmatan kopi-kopi Indonesia, dan ternyata ga kalah loh kopi-kopi Indonesia sama kopi luar negeri. Gua juga mau membudidayakan kopi-kopi Indonesia di sekeliling masyarakat pada umumnya”. ujar mas bobo pemilik sekaligus barista di Symposium Coffee.

kopi-solok-6

Intinya ?
Menurut saya masyarakat Indonesia harus lebih mencintai hasil alam dengan cita rasa yang sangat enak tidak, cintailah negerimu maka kamu dapat merasakan kepuasan secara klimaks, dan mas Bobo selaku  pemilik sekaligus baristanya ingin mempertahankan kopi-kopi khas Indonesia, agar Indonesia tetap kaya dari budidayanya dan tetap maju.
(Liputan oleh :  Mochamad Fikriansyah)

Tinggalkan Balasan