Ombak di Pantai Parangtritis Yogyakarta cukup besar sehingga anda harus hati-hati saat berenang. Di pantai ini juga terkenal sebagai tempat olah raga aeromodeling atau olah raga udara. Saat berenang maka air laut asing dari pantai akan menyejukkan anda kembali.

Di sekitar Pantai Parangtritis terdapat banyak warung-warung makan yang menawarkan berbagai macam masakan khas daerah Yogyakarta atau Bantul. Di sini para pengunjung bisa menghabiskan waktu bersantai sambil mencicipi masakan serta makanan ringan yang sudah tentu sedap rasanya.

Terdapat suasana mistis yang lekat dengan sejarah Pantai Parangtritis, pantai ini terkenal sebagai tempat tinggal Ratu Pantai Selatan yaitu Ratu Kidul. Saat berkunjung ke tempat wisata ini dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau karena warna tersebut merupakan ciri khas dari Ratu Kidul.

Penduduk lokal percaya bahwa saat kita mengenakan pakaian berwarna hijau maka  Ratu Pantai Selatan bisa murka.

Di pantai inipun Sultan Hamengkubuwono juga selalu menggelar upacara adat yang dikhususkan bagi Ratu Kidul pada bulan Sura.

Sultan akan memberikan sesajenan (bahasa jawa) atau persembahan bagi sang Ratu. Hal ini sudah menjadi kebiasaan sebagian besar penduduk kota Yogyakarta untuk melihat sambil ikut memberikan sesajenan agar mendapatkan berkah di Pantai Parangtritis.

parang-tritis-3
Pantai Parangtritis merupakan sebuah tempat pariwisata yang berupa pantai di pesisir Samudra Hindia dan letaknya sekitar 25 km dari sebelah selatan di kota Yogyakarta.

Parangtritis merupakan sebuah obyek wisata pantai yang sangat terkenal di wilayah Jogja karena mempunyai pemandangan yang masih khas. Pantai ini mempunyai keunikan dari segi pemandangan ombaknya yang relatif lebih besar dari pada pantai lainnya di wilayah Yogyakarta. Selain itu, terdapat gunung pasir yang berada disekitar pantai membuat suasana pantai semakin terasa. Parangtritis mempunyai pantai yang sifatnya landai, mempunyai bukit berbatu, pasir putih sehingga sangat nyaman dan indah jika menikmati pemandangan di pantai ini.

Pantai Parangtritis cocok dikunjungi sendiri, bersama pasangan terkasih, maupun keluarga. Deburan ombak yang menyapu hamparan pasir hitam landai disertai hembusan angin khas pantai akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati pemandangan ini. Selain itu, pemandangan matahari terbenamnya juga tidak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali.

Satu lagi yang menarik dari Pantai Parangtritis adalah adanya gumuk atau gundukan pasir di sekitar pantai. Gumuk ini disebut sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Berada di sini, Anda akan merasa sedang berada di Afrika karena luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas beberapa derajat dibanding daerah sekitarnya.

parang-tritis-2

Berliburan di Pantai Parangtritis sangat menyenangkan , bahkan saya pun ketagihan pengen kesana lagi pemandangannya sangat indah selagi pun ada masalah apapun bisa meluapkan masalahnya disana.
Pengalaman saya pergi ke jogja awalnya cuman mau kondangan sepupu , keesokan harinya bisa ngerasain juga jalan-jalan ke semua pantai , yaitu pantai Baron , Pantai sepanjang , Pantai indrayanti , dan lain-lain semua pantai pun terlihat begitu sangat menarik untuk berliburan disana bersama keluarga pacar atau teman dekat. Pengalaman saya berada di deket Pantai itu bisa merasakan apa yang kita rasakan kita meluapkan semua beban masalah kita bisa teriak disana.

Sekian dari cerita pengalaman saya berada di Jogjakarta. Terimakasih apabila ada salah kata mohon maaf.

(Liputan oleh  : Veronica Yuliani)

1 Comment

  1. Pingback: Keunikan Pantai Sari Ringgung - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan