Indonesia nan indah, mempunyai banyak pulau. terdiri dari pulau Jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, pulau Sumatera, dan Pulau Papua. Selain itu Indonesia pun terdapat banyak tempat wisata yang indah untuk dikunjungi.

Salah satunya yaitu wisata candi, perlu kita ketahui bahwasanya di Indonesia mempunyai 25 candi, rata-rata candi tersebut sebagian besar terdapat di pulauJawa. Sekarang, saya akan membahas tentang keindahan pesona candi Prambanan.

prmbanan-1

Pada waktu itu tepatnya hari Minggu Tanggal 18 September 2016, semua wisatawan memadati wisata di Yogyakarta. Salah satunya di Candi Prambanan, yang berada tepat di perbatasan wilayah Yogyakarta.

prambanan-2

Candi Prambanan, sebagai salah satu Candi yang berada di Yogyakarta. Selain itu ada pula Candi Borobudur, Candi Boko, Candi Sewu, dll. Namun, untuk liburan di bulan September tahun 2016 ,saya menyempatkan diri untuk menikmati indahnya Candi Prambanan.

prambanan-3

Setibanya disana, ternyata pengunjung Candi Prambanan dapat dikatakan lebih banyak dari hari biasa. Maklum, ini hampir mendekati akhir tahun dan memang merupakan hari libur. Hal ini pun mempengaruhi biaya tiket masuk ke dalam Candi Prambanan. Kebetulan saya pergi bersama dengan rekan kerja saya, jadi tiket untuk dua orang saja mencapai Rp 60ribu.

Tenang, meski kita wajib merogok kocek yang dalam untuk masuk tetapi liburan di sini tetap menyenangkan. Seperti yang saya alami, tinggi dan kokohnya Candi membuat saya terkagum, bagaimana tidak, sebuah bangunan ini terbuat dari batuan. Sejarahnya sendiri pun sudah banyak

terdengar bagi warga Indonesia. Secara fungsi, candi Prambanan banyak kita jumpai ruangan yang didalamnya diletakkan patung atau arca sehingga dengan demikian bisa diambil kesimpulan candi Prambanan merupakan tempat untuk memuja atau sembahyang bagi penganut agama Hindu. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang menikmati liburan akhir tahun di sini, tetapi wisatawan asing pun antusias melihat megahnya Candi. Disini saya tidak membicarakan mengenai sejarah dari Candi Prambanan, namun hanya bercerita mengenai liburan akhir tahun 2016.

Nampak dari parkiran mobil bisa menggambarkan bagaimana ramainya wisatawan yang mendatangi tempat ini. Berjalan menyusuri pintu masuk pun kita bisa melihat warga yang ramai berfoto di rumputan hijau.

Persis dibelakangnya sebagai background foto ialah Candi Prambanan. Banyak yang mengabadikan untuk berpose dengan kamera handphone dan juga kamera digital yang mereka bawa.

Rata-rata pengunjung yang datang bersama keluarga mereka.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengunjung, Rudi (45) bersama keluarganya yang datang dari Bandung.

“Kebetulan tahun ini bersama keluarga sengaja untuk liburan di Yogyakarta, jadi untuk jadwal hari ini kita mengunjungi Cand iPrambanan.

Sekalian agar anak-anak bisa lihat langsung sebuah Candi, bisa dijadikan pengetahuan baru untuk mereka,” tutur Bapak yang memiliki 3 anak ini sembari berfoto-foto di depan Candi Prambanan.

Cuaca panas terik bisa diteduhkan dengan menyewa payung, pengunjung bisa menyewa dengan harga Rp 5ribu sampai selesai berkeliling.

Terdapat satu Candi yang paling megah dan besar dibanding dengan Candi lain, namun sayang Candi ini tidak dapat dimasuki seperti Candi lain. Pengunjung hanya bisa melihat kokohnya saja, dan berfoto ria. Suasana di dalam Candi Prambanan, tampak

ramainya pengunjung. Bukan hanya bisa menikmati indahnya Candi Prambanan, disini juga wisatawan bisa menikmati hiburan lain. Seperti bersepeda yang bertarif Rp 20ribu untuk sepeda tandem, Rp 10ribu untuk sepeda per orang, kemudian masih ada wisata menunggang kuda yang perorangnya dikenakan biayaRp 20ribu.

Selain itu, saat melewati jalan keluar dari wisata Candi kita akan disuguhkan banyaknya rusa di kebun dan ternyata ada juga burung Kasuari. Sebelum sampai di pintu keluar, saya melihat sebuah pertunjukan kesenian.

Tampaknya baru diselenggarakan kesenian kuda lumping, saat saya datangi sudah selesai.

Tetapi masih ada hiburan nyanyian yang dilantunkan.

Para pengunjung yang beluminginkeluar pun banyak yang sengaja melihat untuk menikmati hiburan ini. Salah satu hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Candi Prambanan Setelah melewati pintu keluar, kita akan melewati tempat para pedagangoleh-oleh.

prambanan-5
Jika ada yang ingin membawa pulang oleh-oleh bisa langsung mampir sembari berjalan pulang keluar. Banyak yang dijajakan, seperti baju, kain, kalung, gelang, bahkan miniatur dan ada pula wayang-wayangan, tentu semua yang dijajakan mencirikan daerah Yogyakarta. Liburan yang sederhana tetapi menyenangkan menjelanng akhir tahun ini.

(Oleh :  Khesar Rizky Setiawan)

Tinggalkan Balasan