Ingin tahu situs angker terkenal  Misteri Jembatan Ancol yang tenar karena Misteri Si Manis Jembatan Ancol ?

Hai pemirsa semua saya Sisilia Tjoe, akan membagi liputan saya kepada Anda semua tentang Asal-usul Misteri Jembatan Ancol.

Jembatan Ancol yang terletak di Jakarta Utara pada tahun 1960an adalah jembatan goyang pada saat itu daerah Ancol masih berupa tambak.

Banyak sekali mitos dan cerita misteri tentang si manis jembatan Ancol. Mitos ini sudah ada sejak lama, bahkan sempat di buatkan filmnya karena banyaknya warga yang percaya tentang kisah misteri di Jembatan Ancol, bukan hanya Jakarta bahkan se-Indonesia.

Saya juga sempat mendengar tentang kisah misteri ini, juga ikut nonton film si manis jembatan Ancol karena pemikiran orang Indonesia yang sebagian besar mempercayai mitos termasuk saya, tapi kalau saya sih hanya mitos yang masuk di akal aja yang saya percaya.

Nah balik lagi ya ke cerita! Siapakah sebenarnya sosok Si Manis, Nona Penunggu Jembatan Ancol ??? Berdasarkan cerita yang saya dengar dari mulut ke mulut nama asli dari si manis adalah Mariyam ada juga yang bilang ia bernama Siti Ariah.

Semasa hidup Mariam, dengan jaman sekira tahun 1890-an di Batavia Utara, saat itu ibunya bekerja pada seorang juragan tanah, mereka tinggal di pavilion milik bos sang ibu.

Menurut logika pribadi saya, karena mereka tinggal di rumah juragan tanah, si juragan tanah melihat tumbuh kembang Mariyam dari kecil hingga dewasa dan menjadi gadis cantik 🙂

Sehingga sang juragan tanah itu memiliki keinginan besar untuk menikahi Mariyam yang saat itu berusia 16tahun, untuk menjadikannya istri muda.

Sedangkan Mariyam memiliki kakak perempuan yang belum menikah. Ketika mendengar sang juragan tanah ingin menikahinya ia melarikan diri, untuk menghindari niat juragan.

Juragan memerintahkan beberapa anak buah untuk mencari Mariyam, lalu beberapa anak buah sang juragan berhasil menemukan Mariyam, Mariyam mungkin mencoba berontak dan bela diri tapi tak berhasil.

Karena melawan dan melukai salah seorang centeng Juragan, Mariyam yang cantik  malah di perkosa oleh para anak buah sang juragan di daerah Sunter, setelah diperkosa, konon Mariam di bunuh lalu mayatnya di buang ke kali Ancol dari atas jembatan Ancol tersebut.

Yah.. kalau jamannya tahun 1890-an, jelas Indonesia belum merdeka, maka belum ada pihak kepolisian RI yang menyidik kasus ini, karena belum terbentuk POLRI. Inilah hikayat urban legend tentang Si Manis Jembatan Ancol dimulai.

Jembatan Ancol di waktu malam

Mulai kejadian itu banyak narasi mistis di sekitar Sunter dan terutama di sekitar jembatan Ancol atau sepanjang kali di depan Ancol itu.

Sampai jaman kekinian, kata warga sekitar banyak yang melihat penampakan si manis jembatan Ancol tersebut, mulai dari tukang ojek, warung rokok, hingga pengendara motor. Sering juga ada motor jatuh dan kejadian kecelakaaan.

Ada salah satu penjaga pintu masuk Ancol yang saya tanyakan tentang cerita mistis ini, dia bilang “Sekarang sih sudah ramai mba, tapi dulu waktu diskotik depan buka. Saya denger security diskotik Hailai pernah liat perempuan cantik, tapi tiba tiba hilang” ujar petugas pintu masuk Ancol.

Penasaran saya muncul saya muter ke arah Diskotik Hailai, ehh saya merinding, pemirsa, hufft…

Diskotik itu sudah tutup lama banget, di depannya aja sepi banget.

Kebetulan adik ipar saya kenal dengan Pak Anang seorang warga yang percaya tentang cerita mistis ini. Ada perbincangan saya dengan Pak Anang yah di video ini, ada video jembatan sekitar Ancol juga yang katanya sering ada motor ketabrak truk, tapi pas saya videoin kok ada yang yang tabrakan yah hehehe, becanda loh pemirsa 🙂

Mohon maaf, pemirsa, jika kamera video gelap, soalnya saya kesana malam-malam dan ga sopan juga kalau saya pakai flash.

Silahkan lihat liputan link video saya :

(Liputan oleh : Sisillia Tjoe)

Tinggalkan Balasan