Halo para pembaca puteriputeri.com, ini adalah catatan perjalananku ke Objek Wisata Coban Rais. Coban Rais adalah lokasi wisata alam yang berada di kawasan Kota Wisata Batu, Malang. Tepatnya di lereng Gunung Panderman.

Perjalanan ke Objek Wisata Coban Rais

Coban Rais yang berada di kawasan Kota Wisata Batu, Malang. Tepatnya di lereng Gunung Panderman. Coban Rais adalah objek wisata air terjun di kota Batu, Malang.

Dulunya coban ini bernama Coban Sabrangan yang berarti jika hendak ke coban ini harus menyebrang 14 sungai

Aku (Angela Meta Avionita) dan ketiga temanku bernama Rizky Ramadhan, Akmal Maulana dan Farah Hulaila Putri mengawali perjalanan liburan kami dari Jakarta.

Siang hari, saat musim liburan akhir tahun mulai, kami berangkat dari rumah masing masing menuju ke Stasiun Senen. setelah sampai di stasiun kami langsung bergegas menuju ke kereta kami, kami menempuh 14 jam perjalanan dari St.Senen- St. Kota Baru Malang

Sesampainya di Stasiun Malang kami bergegas menuju tempat penginapan kami yang sudah kami pesan sebelumnya menggunakan motor sewaan yang diantar ke stasiun oleh rental motor tersebut. tepat pukul 09:00 WIB kami langsung istirahat

Keesokan harinya kami bersiap siap untuk berangkat menuju ke Coban Rais tersebut.

Setelah menempuh jarak sekitar empat puluh lima menit dari tempat tinggal kami tiba di Coban Rais. Sebelumnya kami membeli tiket terlebih dahulu dan memarkir motor kami ditempat yang telah disediakan.

Jalan setapak yang harus dilalui sebelum mencapai Coban Rais

Pendakian untuk menuju ke hulu Coban Rais tersebut tidak mudah dan jalannya hanya setapak. Waktu pendakian disini hanya sekitar 1-3 jam dengan jarak 6Km. Sebenarnya saya dan ketiga rekan saya tidak terbebani untuk mendaki, tetapi kami mengalami kendala diperjalanan karna jalan yang kami lalui setapak dan jarang sekali ditemukan petunjuk jalan.

Istirahat sejenak di sepanjang rute yang sepi
Ga salah nih ? kok ga ada wisatawan lain selain kita ?

Kami hampir putus asa untuk melanjutkan tetapi pemandangan sekitar perjalanan membuat kami ingin meneruskan perjalanan kami.

Dengan penuh perjuangan saya dan ketiga rekan saya berhasil sampai di Hulu Coban Rasi. Tak berapa lama sesampainya kami di sana kami sangat menikmati keindahan air terjun yang tingginya sekitar 20meter.

Sungguh indah pemandangan saat itu, besarnya kuasa Allah SWT menciptakan keindahan alam di Negeri tercinta ini.

Kami tidak lupa untuk mengabadikan pemandangan tersebut, kami berfoto sampai tidak terasa sudah menjelang sore.

coban rais

Setelah itu kami bergegas turun ke tempat parkir dan segera membersihhkan kaki kami dari tanah yang menempel selama perjalanan turun, lalu pulang terlebih dahulu untuk bersih bersih badan dan istirahat

Sesampainya kami di tempat pengininapan kami menghitung rincian biaya perjalanan :

1. Menyewa motor 50 ribu/24jam x 2 = 100rb
2. Bensin motor 20ribu
3. Uang parkir motor 2000,-
4. Uang masuk ke Bukit Sikunir 7 ribu/orang
5. Biaya makan tergantung selera

Semoga info rincian biaya perjalanan tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang berminat untuk datang ke Coban Rais,Kota Batu-Malang.

(Liputan oleh : Angela Meta Avionita)