Termangu di Wisata Tawangmangu yang sejuk, melihat cerianya anak-anak bermain dan naik Kuda di kawasan ketinggian yang juga dikenal sebagai “Puncak” nya Solo.

 Bernafas di udara pegunungan yang sejuk setiap hari justru biasa dinikmati oleh para warga desa yang ada di lereng-lereng Gunung.
Udara pegunungan yang kaya akan oksigen dan lebih sedikit mengandung karbon dioksida dan karbon monoksida sebagai zat polusi udara, membuat perasaan tubuh yang lebih segar.
Bernafas juga bisa lebih dalam. Coba anda berani menarik nafas dalam-dalam 10 kali saja tarikan nafas dalam di tepi Jalan Thamrin-Sudirman, Jakarta, selagi macet, sebagai misalnya 🙂
Kesegaran hawa pegunungan benar-benar sejuk menyapa, saat saya mengunjungi kawasan pegunungan yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jika kita ingin ke Tawangmangu maka rute nya melewati jalan Raya Karanganyar lurus saja menuju lereng Gunung Lawu. Di lereng Gunung Lawu inilah kawasan wisata Tawangmangu berada.
Dengan suhu udara  pagi 15 derajat celcius dan siang 26-27 derajat celcius, wisata Tawangmangu menjadi tempat wisata favorit, terutama untuk warga Solo dan sekitarnya.
Tawangmangu terletak 40 km sebelah timur dari Solo, tempat rekreasi ini menawarkan cuaca segar, pemandangan indah, kolam renang, hotel bergaya bungalow dan restoran, kawasan ini  juga memiliki resor dan penginapan di pegunungan pada ketinggian hampir 1 km di atas permukaan laut.
Dengan letaknya di lereng Gunung Lawu, di ketinggian 1.400 m di atas permukaan laut anda akan menikmati pemandangan indah di lereng gunung Lawu  pada sekitar 1400 meter ketinggian di atas permukaan laut.  Jalan dari Solo melalui Karangpandan adalah perjalanan yang penuh nuansa hijau subur, sebuah pemandangan khas pedesaan Jawa melalui megahnya bukit bertingkat yang hijau.
Tawangmangu memiliki semua jenis fasilitas, hotel, camping ground, wisata hutan.
Tak jauh dari Tawangmangu ini  anda bisa mengunjungi Candi Sukuh dan  air terjun Grojogan Sewu yang tingginya mencapai  100 meter, dengan airnya yang sangat dingin. Ketika di Tawangmangu jangan lewatkan untuk mengunjungi hutan pinus, dengan  air terjun Grojogan Sewu yang indah.
 Di depan pintu gerbang Grojogan Sewu, tersedia persewaan kuda untuk berkuda keliling sekitar Tawangmangu.
Ketika sayai berada di Tawangmangu yang redaksi rasakan adalah nuansa pegunungan yang damai, dengan iklim yang sejuk dan pemandangan yang megah. Ketenangan ini serasa asing awalnya, karena penulis biasa dengan suasana keramaian dan padatnya hidup di jakarta, namun setelah berkeliling di  hutan pinus yang  ditutupi dengan kabut putih, maka perasaan tenang itu perlahan bisa diresapi.
Sebuah kesempatan liburan di kawasan wisata Tawangmangu berarti Anda dapat mendaki sekitar dan bukit-bukit sekitarnya, menelusuri kebun hortikultura dari berbagai jenis tanaman dan sayuran. Anda juga bisa menyewa kuda untuk naik, menikmati udara segar dan dekat dengan alam. Selamat berlibur.
(imung mung ming) 

 

 

Tinggalkan Balasan