Bahan jeans atau disebut pula bahan denim merupakan bahan yang kuat, awet dan tahan lama. Bahan jeans dengan serat yang tebal ini mampu menjadi bahan yang kuat dipakai dalam segala cuaca dan segala medan.

Jeans sendiri dipatenkan oleh Levi Strauss dan Jacob Davis pada 18 Mei 1873. Bahan ini awalnya dibuat menjadi celana overall untuk kebutuhan pakaian para pekerja tambang di Amerika, karena para pekerja tambang membutuhkan bahan celana overall yang kuat dan tahan lama serta mampu menahan gesekan dengan bebatuan ketika bekerja keras di tambang.

Kini bahan jeans atau denim digunakan pula sebagai jaket. Jaket jeans untuk wanita menjadi salah satu mode fashion yang diminati oleh para wanita di seluruh penjuru Dunia.

Alasan wanita memakai Jaket Jeans, yang pertama adalah jaket ini memberikan kesan yang dinamis dan ‘pekerja’, juga menunjukkan kecantikan dan feminin dalam waktu yang bersamaan.

Untuk itu jaket jeans wanita menjadi model yang digandrungi oleh nyaris di segala usia.

Trendy Jaket Jeans Print

jaket-jeans-2

Paling asyik dan unik adalah model jaket jeans print. Model jaket Jeans Print ini sedang trend untuk para cewek yang modis dan stylish.

jaket-jeans-print-2

Mengenakan Jaket Jeans Print ini sangat cocok dipakai untuk jalan-jalan, wisata, kuliner ataupun nonton bioskop.

jaket-jeans-print-3jpg

Mode Jaket Jeans Print ini menjadi aksen yang unik dan menarik, dan juga akan membuat pemakaianya menampilkan nuansa beda dalam jaket jeans yang dipakainya.

jaket-jeans-4

Potongan model jaket jeans print untuk wanita ini senantiasa berpotongan dinamis dan selalu memunculkan kesan, energik, muda dan sedikit revolusioner bila tidak ingin disebut sebagai semangat berjiwa pemberontak atau ‘rebel’.

Pemberontak di sini dalam arti wanita bisa tampil dengan jaket jeans untuk menunjukkan jati dirinya yang juga tampil sportif dan tangguh bak kelas pekerja keras tak jauh beda dengan pria pasangannya.

Selain motif Print yang “Rebel”, Jaket jeans untuk wanita umumnya dibagi menjadi Lima (5) kategeori umum :

jeans-jaket-2

Model pertama adalah long sleeves atau lengan panjang. Dengan model jaket jeans lengan panjang yang klasik untuk wanita menambah kesan modis, kasual dan tomboy.

Jeans kini tampil dengan aneka warna, namun warna yang paling utama dan klasik adalah blue jeans sebagai ikon warna primer pada bahan jeans.

Model Kedua adalah short sleeves atau lengan pendek. Model jaket jeans berlengan pendek ini juga amat modis dan feminin dikenakan oleh wanita muda yang energik.

jaket-jeans-lengan-pendek

jaket-wanita-lengan-pendek

Model jaket jeans yang berlengan pendek ini biasanya dapat dipadu-padankan dengan gaun, tank top atau kaos lengan pendek juga kaos lengan panjang bagi wanita.

Jaket jeans bagi wanita juga bisa dengan corak kain jeans dengan dasar pencucian stone washed, yang menimbulkan kesan belel pada kain jeans, juga bisa dengan corak warna hitam gelap dan kasual dengan aksen bordiran pada jaket jeans untuk wanita.

Model ketiga adalah dengan jaket semi blazer dari bahan jeans. Semi blazer jeans ini digemari karena potongannya yang chic dan elegan namun juga ‘keras’ atau menimbulkan kesan tangguh yang cocok dipakai untuk wanita yang dapat menonjolkan sisi ketegasan dan ketangguhannya dalam lingkup eksekutif pekerja profesional.

jeans-jaket-3

jaket semi blazer

vest-jeans

Dan model keempat adalah bisa berbentuk vest atau juga berbentuk cardigan. Baik model Vest Jeans atau Cardigan Jeans semuanya adalah varian atau turunan dari short sleeves atau lengan pendek.

Jaket jeans untuk wanita bisa tampil dengan kancing merata, tanpa kancing seperti cardigan, ataupun hanya satu kancing saja di bagian depan.

jeans-jaket-4

Model kelima adalah Jaket jeans tanpa lengan

 

jaket-jean-tanpa-lengan

Jaket Jeans tanpa lengan akan sangat manis dipadu-padankan dengan kaus katun lengan panjang berwarna gelap.

Kini jaket jeans sering terlihat dipakai oleh para selebritas kelas dunia, dalam berbagai kesempatan.

Jaket jeans amat cocok dipakai dalam acara-acara informal, santai dan liburan.

Di Indonesia para wanitanya sering mengacu pada model jaket jeans yang berbahan lebih tipis atau telah dihaluskan seratnya, karena dengan cuaca di Indonesia yang gerah dan panas.

Kota utama untuk pusat mode jeans di Indonesia adalah Bandung.

Ya, Bandung dari semenjak tahun 1980-an dengan ikon jalan Cihampelas-nya menjadi salah satu ikon mode jeans di tingkat ASEAN. Bahkan turis dari negara-negara jiran pun banyak datang langsung ke Bandung dan berburu model jeans yang terbaru termasuk jaket dan celana jeans print yang trendy untuk wanita.

Mari kita dukung terus Bandung sebagai Icon Fashion Asia, menuju : “Bandung Ikon Fashion Dunia 2020”.

Salam fashion untuk para pembaca puteriputeri.com semua.(Gadiss)

Tinggalkan Balasan