Sahabat puteriputeri.com baju kemeja wanita kini makin beragam modelnya, semua jenis kemeja wanita memiliki satu fungsi yakni mempercantik penampilan wanita.

Di mata pria, baju kemeja wanita adalah busana yang seksi, karena aksen kancing di depan yang memiliki beragam model serta jenisnya.

Sejumlah rekan pria yang ditanya oleh puteriputeri.com mengatakan umumnya suka melihat wanita memakai kemeja, karena dapat menimbulkan kesan sensual dan energik bagi wanita.

Maka itu, baju kemeja wanita adalah jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Tak kalah dengan dress, gaun dan yang sejenisnya kemeja juga masuk dalam hitungan jenis pakaian paling dibutuhkan.

Wanita di Indonesia khususnya agak berbeda dalam kebebasan menggunakan kemeja dibanding dengan wanita luar negeri. Mengapa ?

Coba perhatikan sejak usia TK (taman Kanak-kanak) hingga remaja wanita Indonesia sudah biasa menggunakan kemeja katun.
Namun wanita di negara empat musim tidak mungkin bebas menggunakan kemeja katun, karena iklimnya yang keras dan biasanya sejak kecil, para wanita di Eropa dan sebagian Amerika umumnya menggunakan busana wol, sweater dan pakaian yang melindungi tubuh dari kerasnya iklim empat musim.
baju wanita

Maka bersyukurlah wanita Indonesia yang bebas menggunakan kemeja. Seragam sekolah semuanya berjenis kemeja, baju kuliah pun akan terlihat lebih sopan dan resmi jika menggunakan kemeja.

kemeja-3

Saat kita kerja pun kemeja adalah pakaian paling tepat untuk digunakan
Pada tulisan ini juga akan dibahas kemeja menjadi busana yang revolusioner yang digunakan oleh para pejuang wanita Indonesia pada era sebelum dan awal kemerdekaan.

Kemeja banyak dikenal diseluruh penjuru dunia, sebuah pakaian atas khususnya untuk pria, pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada hingga ke perut.

Umumnya pakaian ini berkerah dan berkancing depan, berlengan panjang dan pendek dengan bahan katun, line, dan sebagainya, Kemeja dikenal pertama di daratan eropa dengan sebutan Camisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya, blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.

Pakaian Kemeja berasal dari bahasa Portugis, Camisa adalah sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria.
Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Pada umumnya berkerah dan berkancing depan, terbuat dari katun, linen, juga sutera (ada yang berlengan panjang, ada yang berlengan pendek).

Nama lain adalah, kamisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya, blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.

Sampai awal renaissance Eropa, kemeja tergolong garment dalam. Dan hanya digunakan sebagai pakaian lapisan dalam, dengan mantel (coat) di luar.

Tahun 1530 kemudian diterima dan menjadi modern yang memungkinkan kemeja terlihat di leher dan pergelangan tangan, dimana kerah pakaian dapat ditekuk.

Pada akhir abad 19 kemeja dapat diterima. Kemeja waktu sekarang tinggi berkerah. Tetapi tahun 1917, ditemukan tekanan dari kerah dan di leher tidak terlihat baik oleh mata, dan kerah kemudian ditekuk, yang terlihat pada sekarang ini.

Pada awal 1800-an mode awalnya adalah kerah besar dan kaku, namun perkembangan kemeja semakin pesat tatkala pakaian ini mulai memperlihatkan model baru yang lebih modern.

Kemudian mulai diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 1918 dari namun saat itu karena model yang terbilang awam di mata penduduk Indonesia, apalagi di mata kaum wanita tradisional, maka kemeja kurang banyak diminati.
pelopor baju kemeja wanita

Namun pada awal 1920-an seiring kebangkitan kaum pemuda, kaum wanita Indonesia yang revolusioner dengan semangat emansipasi wanita mulai memakai kemeja yang biasanya hanya dipakai kaum pria ini.

Pelopor penggunaan kemeja untuk wanita di Indonesia adalah korps kepanduan putri Indonesia, juga pada tahun 1945 kemeja berbahan katun kasar digunakan korps pejuang wanita Indonesia dan wanita korps palang merah wanita Indonesia yang berjuang di garis depan melawan penjajah Belanda.

Kemeja Untuk Wanita Pejuang

kemeja-puyeri-2

pejuang-wanita
Pada awal penggunaan kemeja untuk wanita di Indonesia, modelnya seragam dengan saku dua di depan dan warnanya pun hanya putih atau cokelat.
Foto-foto wanita pejuang Indonesia tahun 1945-1950 bahkan 1960 semuanya memakai pakaian kemeja dan berdiri dengan bangga dan gagah di samping kaum pria yang revolusioner.
Maka itu harap sahabat puteriputeri.com ingat dan jangan lupakan bahwa baju kemeja wanita ini adalah penanda busana yang revolusioner bagi Wanita Indonesia.

kemeja-puyeri-1
Wanita pejuang kerap menyandang senapan atau bambu runcing di bahunya, dengan mengenakan kemeja dan bendera merah putih kecil dijahit di lengan atau di saku depan. Hebat bukan ?

Manisnya Baju Kemeja Wanita

kemeja-puyeri-1

Manisnya Baju Kemeja Wanita
Belakangan ini baju kemeja wanita kembali menjadi mode terbaru karena sudah banyaknya kemeja wanita yang elegan dan modis sehingga tampil semakin manis dan jauh dari kesan kaku.
Nah, bagi Anda penggemar kemeja pasti sudah sangat ahli memilih mana kemeja yang tepat untuk Anda gunakan.
Tetapi bagaimana dengan beberapa wanita yang tak terbiasa menggunakan kemeja dan akan menggunakan kemeja untuk pertama kalinya?
Berikut beberapa tips lengkap bagi Anda yang ingin memakai kemeja wanita.

kemeja-1

Tips Memilih Baju Kemeja Wanita

Sebelum menentukan memakai kemeja yang mana, banyak sekali hal-hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih kemeja.
Mulai dari jenis bahan, assesoris yang digunakan hingga paduan baju lain agar kemeja terlihat pantas digunakan.

Bahan Baju Kemeja Wanita

Bahan merupakan hal penting utama yang harus Anda pertimbangkan saat akan memakai kemeja.
Kebanyakan wanita salah pilih kemeja yang dibuat dari bahan-bahan yang tidak menyerap keringat
Sebaiknya pilihlah dengan benar kemeja yang berbahan lembut dan menyerap keringat agar nyaman menggunakannya. Katun adalah pilihan utama para wanita negeri tropis.

Ukuran Baju Kemeja Wanita

Jika kebanyakan wanita suka sekali mengenakan dress atau baju atasan lainnya yang press body atau pas dengan ukuran tubuh apalagi cenderung ketat.
Dalam aturan memakai kemeja harus benar-benar dihindari. Kemeja adalah jenis pakaian dengan model berkancing depan.
Jika menggunakan kemeja dengan ukuran yang pas atau bahkan ketat menyebabkan beberapa kancing dibagian dada tidak akan tertutup sempurna. Tentunya para wanita akan merasa tak nyaman jika hal ini terjadi.

Warna Dan Motif Baju Kemeja Wanita

Warna dan motif juga menjadi perhatian penting dalam memilih kemeja. Banyak sekali yang harus diperhatikan dalam pemilihan warna dan motif kemeja wanita ini.
Mulai dilihat dari postur tubuh, warna kulit, jenis acara yang akan dihadiri dan masih banyak lagi yang lainnya. Oke, kita akan membahas satu persatu.

Pertama dilihat dari postur tubuh. Jika kita memiliki postur tubuh yang gemuk dan sedikit over size maka lebih baik jika kita menggunakan kemeja warna gelap atau warna lembut.

Untuk motif, jangan menggunakan motif yang terlalu ramai agar badan tidak tampak semakin penuh. Kemudian jika dilihat dari warna kulit tentu saja diserasikan.

Jika kulit berwarna putih sepertinya menggunakan warna apa saja bagus, tetapi jika kulit berwarna agak gelap maka gunakan warna netral agar tampak serasi dengan kulit kita.

Sedangkan jika dilihat dari jenis acara yang akan kita hadiri dengan mengenakan kemeja itu misalnya jika acaranya hanya bersantai maka bisa menggunakan kemeja wanita bermotif ceria yang penuh dengan warna tetapi jangan lebih dari 2 macam kombinasi warna, karena sifat kemeja yang elegan dengan umumnya satu warna saja .

Paduan Setelan Kemeja Wanita

kemeja-v

Kemeja wanita dengan aksen jahitan kontur V di punggung dan pinggang adalah busana yang elegan, seksi dan menawan, dengan berkesan energik, maka anda dapat menggunakan kemeja yang dipadukan dengan bawahan seperti celana katun, celana jeans, celana sport atau bahkan rok mini.
Paduan Assesoris Kemeja Wanita

Saat ini sudah dengan mudah ditemukan dimana-mana berbagai macam assesoris yang bisa dipadukan dengan kemeja. Mulai dari kalung panjang, bros, hingga ikat pinggang modis yang akan menambah manis pada kemeja.

Tetapi jangan terlalu memilih assesoris yang glamor untuk dipadukan dengan kemeja. Karena kemeja memiliki image pakaian yang resmi, elegan dan simpel maka akan lebih baik jika Anda juga memilih assesoris yang mendukung gaya asli pada kemeja.(gadiss)

Tinggalkan Balasan