Berikut cara-cara membuat dan meramu masker Wortel untuk kecantikan wajah alami.

Siapa yang tidak kenal dengan wortel ?

Makanan kesukaan kelinci ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

Mungkin kita mengenal manfaat wortel bagi kesehatan mata sangatlah besar, akan tetapi sebenarnya khasiat wortel tidak hanya untuk mata saja.

Berbagai kandungan nutrisi lengkap dalam wortel sangatlah bermanfaat untuk merawat kulit wajah secara alami.

images-9

Wortel mengandung vitamin A, C, kalium, kalsium, dan berbagai mineral alami lainnya.

Kandungan-kandungan nutrisi semacam inilah yang menjadikan khasiat wortel bagi kecantikan sangatlah besar. Khasiat tersebut diantaranya seperti:

– Membantu mencerahkan kulit secara alami
– Mampu menjaga kelembaban wajah secara alami
– Mampu menenangkan kulit selepas bekerja seharian
– Mempercepat proses penyembuhan luka di bagian kulit
– Mengobati berbagai macam penyakit kulit
– Mengatasi kulit kusam, kering, dan bersisik
– Sangat berguna sekali untuk menangkal efek buruk sinar UV
– Mampu memelihara elastisitas kulit secara alami dan cegah penuaan.
– Mampu menghilangkan noda bekas jerawat membandel di wajah.

Semua manfaat wortel di atas bisa Anda dapatkan dengan cara membuat masker wajah alami dari wortel. Bagaimana cara membuat masker wortel itu? simak sajian informasinya berikut ini.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Dengan Masker Wortel

wortelku-3

Memang khasiat wortel bagi kecantikan kulit wajah sangatlah banyak, namun agar khasiat wortel tersebut semakin lengkap  disarankan untuk menambahkan bahan alami lainnya.

1. Masker Wortel dan Madu

wortel-madu

Manfaat madu sangatlah besar sekali bagi kecantikan kulit Anda. Menurut para ahli, madu akan membuat kulit ternutrisi secara sempurna. Kombinasikan antara madu dan wortel agar mendapatkan khasiat yang lebih maksimal.

Cara membuat masker wortel dan madu :

– Langkah pertama siapkan terlebih dahulu 1 buah wortel segar dan 4 sendok makan madu.

– Rebus wortel tersebut sampai mendidih, lalu haluskan. Selanjutnya campur halusan wortel tadi dengan madu hingga membentuk adonan mirip pasta.

– Gunakan masker wortel dan madu tersebut secara merata ke seluruh bagian wajah kamu, namun hindari agar tidak masuk ke mata.

– Agar masker wajah alami ini bekerja secara maksimal, diamkan selama kurang lebih 30 – 45 menit. Setelah mengencang dan kaku, bilas masker dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Masker wortel dan putih telur

worteltelur

Manfaat masker wajah alami yang satu ini mampu mencegah jerawat, menghaluskan kulit, meringkas pori, dan mengencangkan kulit wajah secara alami.

Cara mudah membuat masker wortel dan putih telur:

– Siapkan dulu 1 buah wortel yang masih segar, serta 1 buah telur ayam/bebek.

– Cuci wortel dan jangan kupas kulitnya. Lalu haluskan wortel tersebut dengan menggunakan blender (bisa juga diparut).

wortelblender

– Setelah halus, campurkan dengan putih telur dari 1 butir telur ayam/bebek tadi sampai membentuk seperti pasta/krim.

– Gunakan masker tersebut setelah mandi, caranya cukup oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Bila perlu beri pijatan lembut selama 10 menit agar masker meresap ke dalam lapisan sel kulit.

– Selanjutnya diamkan masker wajah tersebut bekerja selama 30 menit. Bila sudah mengencang, bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Masker Wortel dan Minyak Zaitun

wortelzaitun

Konon katanya Ratu Mesir jaman dahulu menggunakan minyak zaitun untuk merawat kecantikan kulitnya setiap pagi dan sebelum tidur. Terbukti Ratu Mesir menjadi ratu paling cantik se-jagad. Kombinasikan minyak zaitun dengan wortel agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

Cara mudah membuat masker wortel dan minyak zaitun:

– Pertama, siapkan dulu 1 buah wortel segar berukuran sedang, serta 4 sendok makan minyak zaitun alami.

– Rebus wortel tadi kemudian haluskan. Setelah itu campur halusan wortel dengan minyak zaitun sampai membentuk pasta/krim.

– Sebelum menggunakan, bersihkan dulu wajah kita dengan sabun khusus muka. Hal ini bertujuan agar kotoran di dalam pori tidak menghambat terjadinya penyerapan.

– Setelah bersih, oleskan masker tadi secara merata ke seluruh bagian wajah. Beri pijatan lembut secara melingkar selama 10 menit, lalu diamkan selama 45 menit.

– Untuk membersihkannya bisa menggunakan air dingin saja.

4. Masker wortel dan lemon

worteljeruk

Lemon mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin inilah yang sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru dan mengelupaskan sel kulit mati. Sehingga akan membuat kulit wajah naampak lebih cerah secara alami.

Cara membuat masker wortel dan lemon:

– Terlebih dahulu siapkan 1 buah wortel segar dan 4 sendok makan air perasan lemon.

– Haluskan wortel tersebut dengan menggunakan blender atau parut tanpa mengupasnya terlebih dahulu. Setelah halus, campurkan dengan air perasan lemon.

– Gunakan masker tersebut dengan cara mengoleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Lalu pijat secara lembut kurang lebih 10-15 menit.

– Selanjutnya, diamkan selama 45 menit dan akhiri dengan membilas menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Masker wortel, oatmeals, kuning telur dan yoghurt

wortel-telurbyoghurt

Perpaduan antara wortel, oatmeals, kuning telur dan yoghurt sangatlah mujarab untuk mengatasi kulit kering, kusam, dan juga kendor. Aplikasikan secara rutin masker ini setiap kamu selesai mandi.

Cara membuat masker wortel, oatmeals, kuning telur, dan yoghurt:

– Pertama siapkan terlebih dahulu 3 sendok makan oat meals, 2 sendok makan yoghurt tawar, kuning telur sebutir, dan 1 buah wortel segar.

– Haluskan wortel, lalu campurkan dengan kuning telur, oatmeals dan yoghurt tawar sampai membentuk pasta.

– Ketika selesai mandi, oleskan masker tersebut secara merata ke seluruh bagian wajah kamu. beri pijatan lembut selama 5 menit, kemudian diamkan masker bekerja selama 1 jam.

– Setelah terasa cukup kaku dan mengencang, bilas masker dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Masker wortel, strawberry, dan coklat

wortelstroberi

Ininih masker wajah alami yang cukup mujarab untuk membuat kulit nampak lebih mulus dan awet muda. Hal tersebut dapat muncul karena coklat mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, sedangkan strawberry mengandung berbagai macam nutrisi mineral alami yang bisa membantu menutrisi kulit dari dalam.

Cara membuat masker wortel, stroberi, dan cokelat:

– Langkah pertama siapkan dulu 1 buah wortel segar, 1 buah strawberry, dan 50 gram coklat murni (belum ditambah pemanis buatan).

– Haluskan wortel dan buah stroberi, kamudian campurkan dengan coklat murni tadi sampai membentuk sebuah adonan pasta.

– Sebelum menggunakan, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat (agar pori terbuka). Setelah itu oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah.

– Agar kandungan nutrisi meresap secara optimal ke dalam lapisan kulit wajah, diamkan masker tersebut bekerja selama 30 menit.

– Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Manfaat Wortel untuk kesehatan Kulit

wortelku-1

Wortel adalah salah satu tanaman yang banyak dipakai sebagai bahan masakan khas indonesia. Namun, masih sedikit orang mengetahui kegunaan sayuran ini untuk merawat kulit wajah. Wortel dapat membuat kulit lebih halus, mulus hingga putih cerah merona.

Manfaat wortel tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A dan memiliki segudang manfaat lain. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yang mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar.

Wortel mampu menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi.

Penggunaannya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

Untuk perawatan kulit wajah dapat membuat masker wajah dari wortel sendiri di rumah. Bahan serta cara membuatnya pun tidaklah terlalu sulit.

Berikut adalah tips dan cara membuat luluran untuk kulit tubuh dari wortel di rumah:

  1.  Siapkan panci sedang dengan air secukupnya, dan taruh di atas kompor.
  2.  Rebus air hingga mendidih, kemudian tambahkan 3-4 buah wortel besar ke dalamnya.
  3. Rebus wortel hingga menjadi lunak.
  4. Buang air yang tersisa dalam panci, kemudian tumbuk wortel.
  5. Masukkan wortel yang sudah ditumbuk ke dalam mangkuk, tambahkan 4 1/2 sendok makan madu.
  6. Aduk keduanya hingga merata.
  7. Setelah itu, oleskan campuran tersebut di kulit tubuh, leher, pundak, lengan, siku dan bagian kaki secara keseluruhan, dan biarkan selama 20 menit.
  8. Setelah 20 menit, bilas  dengan air untuk menghilangkan baluran wortel hingga bersih. Keringkan dengan handuk kecil yang kering dan bersih.

Itulah beberapa cara membuat masker juga lulur wortel dengan mudah untuk merawat kulit tubuh dan wajah secara alami. Silahkan lakukan perawatan kecantikan kulit wajah di atas secara rutin setiap harinya minimal sekali sehari.

Lakukan secara rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba.

(Oleh : Didan Hariyanto / Siska HR)

 

Tinggalkan Balasan