Demam Batu Akik sudah berlalu, namun Martapura tetap abadi sebagai surga batu mulia.

Baru-baru ini kami dari tim redaksi www.puteriputeri.com berkesempatan untuk mengunjungi pusat perbelanjaan batu mulia terbesar di Kalimantan, tepatnya di kawasan Taman Cahaya Bumi Selamat yang ada di Kota Martapura Kalimantan Selatan.

Martapura terletak tidak jauh dari Ibu Kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, sekitar 45 kilometer. Di kota Martapura ini telah tersedia ratusan kios pedagang kerajinan alam batu mulia yang kini sedang trend.

Kami dari redaksi puteriputeri.com menyaksikan sendiri betapa potensi pasar batu mulia Indonesia terutama Kalimantan ini cukup besar, apalagi setelah berlalunya ‘jaman batu’ atau demam batu tahun lalu.

Rupanya demam batu belum berakhir di Indonesia dan Martapura sebagai salah satu pusat penjualan dan kerajinan batu mulia terbesar di Indonesia semakin ramai dikunjungi para wisatawan baik asing maupun domestik.

Pusat Penjualan Intan

Intan sebagai batu mulia tidak banyak ditemukan di negeri Indonesia ini. Namun Kalimantan memilki pusat pertambangan Intan antara lain di kawasan Prumpung, dekat dengan Martapura. Diamond atau Intan merupakan batu mulia dengan kekerasan paling tinggi dan harganya telah disepakati secara internasional. Tak heran Martapura makin terkenal hingga ke mancanegara karena penjualan batu intannya.

Untuk mengetahui minat para penghobby shopping inipun, maka  tim puterputeri.com berkeliling di kawasan Taman Cahaya Bumi Selamat di Martapura ini yang menjual aneka batu mulia. Uniknya di Martapura ini batu mulia yang disajikan sangat cocok dengan selera kaum perempuan. Batu-batuan mulia ini kebanyakan dibentuk bros, cincin, kalung, gelang dan giwang. Pokoknya lengkaps egala asesories wanita.

Bahkan tas, dompet pun dianyam dari batu dan manik-manik sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan wanita.
Juga ternyata bukan hanya intan permata dan batu mulia yang di jual di pertokoan itu. Di pertokoan Martapura ini ada juga dijual lampit, yakni sejenis tikar khas Kalimantan yang terbuat dari rotan, juga berbagai ragam kerajinan yang terbuat dari bahan baku rotan. Karena kerajinan rotan adalah salah satu kerajinan andalan masyarakat Kalimantan.

Kalau pembaca juga hendak mencari oleh0oleh baju kaos khas Kalimantan Selatan buat oleh-oleh kita tak perlu jauh-jauh mencarinya, karena bisa juga di beli di Pertokoan Permata  Martapura ini. Dan toko-toko atau tenant yang menjual baju kaos asli Kalimantan Selatan ini ternyata cukup banyak jumlahnya. Harga yang ditawarkan-pun ternyata cukup murah meriah, sekitar lima puluh ribuan hingga seratus ribuan perlembarnya. Kualitas kain kaosnya juga cukup tebal dan bagus, sungguh cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Namun jika pembaca ingin mencari intan atau batu mulia, maka pembaca sebaiknya harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang keaslian batu permata. Karena pengetahuan ini adalah bekal agar kita para pembeli dapat membedakan mana batu permata yang asli dan mana permata yang imitasi atau lazim disebut masakan juga batu sintetis. Jika tokonya jujur, biasanya kita akan ditunjukkan mana batu yang asli dan mana yang sekedar batu masakan.

(imung mung ming)

 

Tinggalkan Balasan