Heboh manusia Hobbit yang muncul terekam gambar video di Aceh.

Manusa Hobbit alias jenis makhluk mirip manusia kerdil tiba-tiba terlihat terekam kamera seorang pengendara motor trail di pedalaman Aceh.

Manusia Hobbit yang diduga kuat adalah Suku Mante ini tiba-tiba menjadi viral di internet.

Kabar yang kini telah mendunia ini bermula dari video yang merekam sosok manusia kecil berlari kencang dan menghilang di alang-alang.

Heboh penampakan suku Mante di hutan Aceh oleh pemotor trail bersama rekan-rekannya saat toring dan melintas di pedalaman Aceh. beberapa waktu lalu yang diunggah ke youtube, terus menimbulkan pertanyaan tentang keberadaan suku ini.

Kabar adanya suku Mante ini juga masih menjadi miteri, karena belum pernah ada penelitian bahkan orang yang berinteraksi secara dekat atau mampu berkomunikasi dengan orang kerdil atau Hobbit ini

Jadi sebenarnya keberadaan suku Manthe ini masih jadi pertanyaan besar yang belum terjawab, sebab tidak ditemukan peneliti atau saksi mata yang benar-benar pernah bertemu dan berinteraksi dengan suku ini.

Gambar  video itu memunculkan dugaan kuat bahwa suku itu eksis di Nanggroe Aceh Darussalam.

Suku itu memang masih misterius meski dianggap sebagai suku tertua yang mendiami provinsi di ujung barat di Indonesia, yakni Aceh.

Sesosok makhluk mirip manusia kerdil tertangkap kamera pengendara motor trail yang sedang menjelajah hutan di Aceh. Mereka mengejar orang kerdil yang berlari cepat itu.

Rekaman yang diunggah ke laman youtube kemudian viral dan mendapat pemberitaan luas.

Ahli antropologi yang dikutip media massa menduga orang itu adalah suku Mante yang hidup di hutan. Suku kuno ini sempat dinyatakan punah, namun rekaman itu membuktikan mereka masih ada. Selain Mante, mereka juga disebut dengan beberapa nama: Mantir, Mantra, Manteu, dan Bante.

Buku Ensiklopedi Aceh: Adat, Bahasa, Geografi, Kesenian, Sejarah, menyebut bahwa di kalangan peneliti sejarah dan antropologi, asal-usul bangsa Aceh adalah dari suku Mantir (Manteu, bahasa Aceh) yang hidup di rimba raya Aceh. Suku ini mempunyai ciri-ciri dan postur tubuh yang agak kecil dibandingkan dengan orang Aceh sekarang. Diduga suku Mante ini mempunyai kaitan dengan suku bangsa Mantera di Malaka, bagian dari bangsa Khmer dari Hindia Belakang.

Berdasarkan sejarah Aceh yang dituliskan oleh sejarawan asal Belanda KFH van Langen, dalam bukunya yang berjudul Inrichting van Het Atjehsche Staatsbestuur Onder Het Sultanaat, disebutkan bahwa Suku Mante, atau yang juga disebut Suku Mantra atau Suku Mantir, adalah suku Melayu tua yang merupakan suku awal untuk penduduk di Pulau Sumatera.

Disebut-sebut juga suku ini dulunya berasal dari suku daerah Batak kemudian berdomisili di kawasan pesisir Aceh, tapi lama-kelamaan mereka menjadi terisolir dan tergusur karena banyaknya pendatang yang kemudian bermukim di
Kemunculan suku kerdil yang disebut suku mante ini sempoat tertangkap kamera seorang pengendara motor trail di pedalaman Aceh, Rekaman video tersebut kemudian diunggah oleh akun Youtube Fredography pada Rabu 22 Maret 2017.

Pasca diunggah, video penampakan makhluk misterius tersebut tidak hanya membuat penasaran masyarakat lokal, tapi juga disorot oleh media asing.

Harian Inggris, Daily Star, menulis berita dengan judul ‘Biker Terjatuh oleh Makhluk Misterius Mirip Manusia’.

Beberapa netizen dari berbagai negara yang telah menonton video tersebut memperkirakan makhluk tersebut adalah anggota suku kerdil. Dimana suku kerdil ini juga dikabarkan terdapat di berbagai belahan Dunia ini.

Banyak yang bilang mereka suku langka karena tak ada pernah menemuinya. Mereka akan lari jika bertemu orang.

Keberadaan suku ini masih belum bisa didefinisikan secara pasti. Setidaknya menurut koran Malaysia, Star.

Sejak diunggah pada hari Rabu pekan kemarin, video di akun Fredography sudah disaksikan lebih dar7 juta kali.
Rekaman video tersebut kemudian diunggah oleh akun Youtube Fredography pada Rabu 22 Maret 2017.

Pasca diunggah, video penampakan makhluk misterius tersebut tidak hanya membuat penasaran masyarakat lokal, tapi juga disorot oleh media asing. Di beberapa bagian dunia ini seperti di Alaska, kerap diberitakan adanya Suku Jinxioc yang bertubuh kerdil, yang dikabarkan juga hanya legenda.

Namun di Afrikatelah nyata ada suku Pigmi, yang bertubuh pendek yang telah diketahui bisa berinteraksi secara biasa saja.

Di sisi lain keberadaan suku Manthe ini jelas membuka pintu Aceh untuk dikenal secara luas di Dunia Internasional, sebagai wilayah yang mengandung misteri keberadaan makhluk kerdil mirip manusia.

Simak Video linknya :

Tayangan video di atas ini jelas membuat heboh dunia Internasional. Para ahli antropologi di seluruh Dunia mulai memperhatikan fenomena ini. Karena bagi para ahli antropologi, keberadaan suku kerdil Hobbit mirip manusia ini bisa membuka pintu penelitian akan sejarah manusia serta diharapkan mampu menjelaskan secara lebih gamblang lagi tentang sejarah evolusi  ummat manusia pada umumnya.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan