Scarf dalam bahasa Indonesia disebut syal. Bangsa Romawi kuno adalah salah satu dari banyak asal-usul syal, di mana kerap digunakan untuk menjaga kebersihan dan kehangatan.

scarf-2
Scarf disebut sudarium, yang diterjemahkan dari bahasa Latin ke bahasa Inggris sebagai “kain keringat”, dan digunakan untuk menyeka keringat dari leher dan wajah dalam cuaca panas.

scarf-4Scarf awalnya dikenakan oleh laki-laki di leher atau diikat sabuk mereka. Segera wanita mulai menggunakan syal atau scarf, yang terbuat dari kain katun, kemudian dalam perkembangannya, scarf juga terbuat dari wol, pashmina, atau sutra, dan sejak itu syal menjadi salah satu unsur mode di kalangan wanita.

Sejarawan percaya bahwa selama pemerintahan Kaisar Cina Cheng, syal terbuat dari kain yang digunakan untuk mengidentifikasi petugas atau pangkat prajurit Cina.

Di kemudian hari syal juga dipakai oleh tentara dari semua jajaran di Kroasia sekitar abad ke-17. Satu-satunya perbedaan di syal tentara ‘yang ditunjukkan dengan perbedaan peringkat adalah bahwa perwira memakai syal sutra sementara jajaran bintara dan tamtama dilengkapi dengan syal katun.

Syal menjadi aksesori fashion yang pada abad ke-19 awal untuk pria dan wanita. Pada pertengahan abad ke-20 yang syal menjadi salah satu yang paling penting sebagai aksesoris pakaian serbaguna untuk pria dan wanita.

scarf-1

Selebriti sering membuat tren fashion dengan alat peraga film yang kemudian menjadi fashion utama. Dukungan selebriti tidak hanya membuat syal dan sepatu yang dikenakan oleh aktor film dan aktris lebih mudah diakses publik, tetapi memberikan alasan masyarakat membeli dengan kesempatan memakai aksesoris selebriti.

scarf-3

Tren ini membuat pertumbuhan butik independen menawarkan individualitas meskipun pelanggan yang ingin mengikuti tren selebriti karena barang untuk dijual sering tetap sebagai barang individu atau dipesan lebih dahulu.

scarf-5

Dalam iklim kering, atau berdebu, atau di lingkungan di mana terdapat banyak polusi udara, syal, saputangan, atau bandana sering dikenakan untuk melindungi hidung dan mulut, juga pada kepala untuk menjaga rambut bersih.

Seiring waktu, kebiasaan ini telah berkembang menjadi unsur fashion dalam banyak kebudayaan, khususnya di kalangan perempuan.

Scarf Unik Motif Bird Wing

scarf-cantik-puteri
Scarf unik Motif sayap Burung (Bird Wing)

Scarf unik  kini yang sedang trend adalah motif  : “Scarf  Bird Wing” atau sayap burung. Puteri melihat model scarf unik ini sangat eye catching, elegan dan unik. Nampaknya belum terlihat beredar di pasaran dalam negeri.

Setelah liputan ini, kami yakin pasti beredar, karena rubrik fashion puteriputeri.com kerap sebagai salah satu alternatif acuan tred setter fashion di Tanah Air.

scarf-cantik-puteri-3jpg

Dengan Motif sayap burung pada print scarf ini membuat pemakainya seakan ‘bebas terbang’, dan bebas pergi ke mana saja.

scarf-cantik-puteri-2
Scarf Unik

Motif Scarf Sayap Burung ataupun sayap Kupu-kupu belum banyak diproduksi di dalam negeri Indonesia.

Namun semoga dengan puteriputeri.com mengangkat scarf motif Bird Wing ini, akan menjadi trend scarf.

Begitulah Scarf hingga kini menjadi ikon fashion utama, terutama di Indonesia, yang perempuannya lebih leluasa menggunakan busana dengan aneka asesories karena iklim yang hanya 2 musim yakni musim basah hujan dan musim panas yang kering. (Gadis&Dara)

Tinggalkan Balasan