Apel adalah buah yang lezat lagi segar. Apel yang memiliki warna dan aroma kemerahan karena Apel berasal dari family tanaman mawar, Rosaceae. Apel secara ilmiah dikenal penuh mineral dan vitamin. Berikut Manfaat Apel :

Apakah Anda tahu bahwa sebutir Apel berukuran sedang mengandung serat sekitar 4 gram. Dari situlah pepatah populer : “An Apple A Day Keeps The Doctor Away” berasal.

Nutrisi dan Mineral Ditemukan di Apel:

Karena Apel mengandung berbagai vitamin dan mineral alami,  maka dapat memberikan kontribusi untuk sistem kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dengan baik. Apel mengandung banyak kandungan anti-oksidan seperti flavonoid, polifenol dan vitamin C yang membantu melindungi tubuh terhadap bakteri dan virus berbahaya. Selain itu, kandungan beta karoten di dalamnya memiliki  sifat anti-kanker dan anti-kolesterol. Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B kompleks seperti Tiamin, Riboflavin, Pyridoxine.

Apel Manfaat Untuk Kesehatan:

Berikut adalah bagaimana Manfaat Apel  bagi kesehatan.

 

  1. Anti Kanker:

Apel memiliki kemampuan sifat anti-kanker yang kuat yang melindungi tubuh dari sel-sel kanker yang menghisap kehidupan. Ini adalah manfaat buah Apel paling penting dari semua manfaat Apel. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, antara lain sepakat bahwa konsumsi flavon kaya Apel dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Dan beberapa senyawa tertutup dalam kulit Apel disebut triterpenoid, menunjukkan potensi untuk kegiatan anti-pertumbuhan terhadap sel kanker seperti yang diidentifikasi oleh para peneliti di Cornell University. Selain itu, kanker kolorektal dapat dikalahkan dengan asupan serat Jadi pada saat Anda membuang kulit Apel di sampah, pikirkan nilai gizi di dalamnya.

  1. Anti Kolesterol:

Apel memiliki kandungan tinggi serat (fibre). Ketika kita makan Apel, serat larut bersaing dengan lemak di usus. Kompetisi ini antara serat dan lemak mengakibatkan penurunan penyerapan LDL – low-density lipoprotein atau kadar kolesterol jahat dan meningkatkan HDL dalam penyerapan high density lipoprotein atau kolesterol baik. Inilah bagaimana Apel dapat mengontrol kadar kolesterol  dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas:

Apel memiliki antioksidan yang dikenal sebagai quercetin yang terutama ditemukan dalam Apel lezat merah. Antioksidan ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membangun pertahanan alami tubuh. Kehadiran nutrisi lainnya dalam buah Apel adalah vitamin C yang memiliki sifat anti-inflamasi. Serat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah Apel dianggap  dapat memacu imunitas tinggi.

 

  1. Mencegah Alzheimer:

Percobaan dilakukan pada tikus menemukan bahwa konsumsi Apel menghasilkan dosis yang lebih tinggi dari neurotransmitter asetilkolin. Juga pada penyakit Alzheimer dimana terdapat sel-sel saraf otak yang rusak, maka jus Apel yang mengandung flavanoids membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Jadi minum jus Apel dapat mengurangi risiko Alzheimer dan dapat melawan pembusukan sel otak.

  1. Mencegah Asma:

Fitokimia dan polifenol adalah bahan kimia yang memberikan Apel sifat penyembuhan yang dapat membantu seorang individu pulih dari asma, masalah pernapasan dan meningkatkan fungsi umum dari paru-paru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi jus Apel secara teratur menunjukkan risiko penurunan menderita serangan asma dan masalah mengi (sesak nafas) dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi jus Apel. Untuk meringankan Asma lebih baik Apel yang di jus, daripada makan Apel buah secara utuh.

  1. Diabetes:

Manfaat kesehatan lain yang penting dari Apel adalah bahwa Apel membantu dalam memerangi radikal bebas yang menyebabkan diabetes. Apel memang kaya serat larut. Serat larut yang tinggi, juga kandungan pektin dalam Apel, membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada tingkat yang lebih lambat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan:

Anti-oksidan quercetin membuat oksigen lebih mudah tersedia untuk paru-paru. Karena yang meningkat di saat daya tahan telah menyadari. Hal ini memungkinkan Anda untuk melesat lebih banyak waktu berolahraga.

  1. Gigi lebih putih:

Menggigit dan mengunyah buah ini meningkatkan sekresi air liur di mulut yang menunda kerusakan gigi. Buah ini pasti dapat membuat kunjungan menyenangkan ke dokter gigi jauh lebih jarang.

 

Manfaat Apel Untuk Rambut:

Mengkonsumsi Apel secara rutin membantu  Anda dengan menumbuhkan rambut yang sehat. Kebanyakan dari nutrisi yang ditemukan dalam buah ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberikan banyak manfaat lainnya yang diberikan di bawah ini.

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut:

Apel termasuk kategori buah-buahan yang dikenal sebagai penguat pertumbuhan rambut. Kualitas ini dapat dikaitkan dengan kehadiran nutrisi yang disebut biotin yang telah membantu pertumbuhan alami untuk rambut dan kuku. Orang sering direkomendasikan biotin dalam diet mereka untuk memerangi rambut rontok. Penelitian telah menunjukkan bahwa biotin mempromosikan pertumbuhan rambut dan menanamkan kekuatan dan ketebalan ke setiap helai rambut. Dan perlu untuk mengatakan, apel adalah salah satu cara alami terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting ini.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut panjang :

Kunci mendapatkan rambut  panjang dan berkilau adalah nutrisi yang seimbang. Apel mengandung senyawa yang disebut procynidin B-2 yang merangsang pertumbuhan rambut serta mengental rambut Anda. Hal ini juga membantu mencegah rambut menipis dan kebotakan pada pria.

  1. Mencegah Rambut Rontok:

Apel memiliki potensi untuk mencegah rambut rontok, berkat kehadiran serat larut, senyawa fenolik pada kulit apel, antioksidan dan vitamin. Ketika dimakan sehari-hari, apel juga mencegah rambut rontok. Antioksidan membantu dalam meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut.

 

12.Pengobatan Ketombe:

Aplikasi topikal jus apel pada kulit kepala Anda membantu untuk mengembalikan keseimbangan normal kulit kepala, sehingga mencegah masalah kulit kepala seperti ketombe. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan bilasan akhir jus apel untuk rambut Anda setelah keramas. Hal ini akan menghilangkan ketombe dan membawa sebuah bersinar menambahkan.

Manfaat Apel untuk Kulit:

Apel mungkin salah satu buah yang dapat memberikan Anda kulit indah. Apel dapat bermanfaat untuk kulit Anda dengan cara berikut.

  1. Mencerahkan Kulit:

Buah apel memiliki potensi untuk mencerahkan dan menenangkan kulit Anda. Hal ini karena memiliki kandungan tertinggi kolagen untuk elastisitas kulit Anda, hal-hal yang sangat penting untuk menjaga kulit Anda sempurna dan muda. Dengan demikian, mengkonsumsi buah merah lezat ini menyediakan Anda dengan cahaya muda kemerahan selamanya.

  1. Melembabkan Kulit:

Apel menghidrasi serta membersihkan kulit Anda. Untuk tujuan ini, memotong sepotong apel dan mengulaskan pada wajah Anda sampai potongan mengering. Ini akan menyeimbangkan produksi minyak dalam tubuh Anda dan merupakan ‘hydrating mask’ bagi wajah Anda. Apel juga dapat digunakan sebagai exfoliant atau pengelupasan alami sel kulit mati pada wajah.

  1. Anti-penuaan:

Masker Apel adalah anti-penuaan yang bagus untuk mengangkat kulit kusam dan berkerut serta menjaganya agar tetap lembab. Asupan rutin apel menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Anda dapat menggosok apel parut pada wajah Anda dan biarkan selama 10 sampai 20 menit. Hal ini akan menghilangkan kerutan serta menyembuhkan dan membersihkan kulit Anda.

16. Perlindungan terhadap efek sinar  UV:

Apel mengandung UVB yakni  partikel yang dapat memberikan perlindungan ekstra dari sinar matahari. Buah ini dapat mengobati sunburns dan mencegah kulit dari bengkak. Untuk tujuan ini, campur satu sendok teh madu dengan buah apel parut. Terapkan ini pada kulit Anda dan biarkan selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

17.  Pengobatan Jerawat dan noda kulit:

Untuk menghilangkan jerawat, noda dan bintik-bintik gelap, Anda bisa parut seperempat apel campurkan dengan susu krim dan usapkan pada wajah Anda. Apel juga memberikan pencegahan dan meringankan jerawat dan sunburns, berkat sifat pendinginan. Untuk tujuan ini, gunakan irisan apel di kulkas selama satu jam atau lebih dan menerapkannya pada kulit terbakar matahari atau kulit berjerawat.

18. Sebagai Toner Alami:

Apel adalah toner alami yang membantu mengencangkan kulit dan merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit. Bubur apel mentah dari Apel parut dan cuka sari apel cukup bermanfaat sebagai toner Alami. Cuka sari apel membantu untuk membersihkan pori-pori kulit patogen dan minyak, yang menyebabkan jerawat. Ini juga menyeimbangkan kadar pH kulit, yang memungkinkan kulit untuk membatasi kelebihan minyak. Celupkan bola kapas dalam cuka sari apel dan pulaskan pada wajah Anda. Ini akan memiliki efek yang sama seperti toner.

  1. Meringankan Lingkaran Hitam pada Mata :

Menempatkan irisan apel di bawah mata Anda dapat mengurangi lingkaran hitam atau mata bengkak. Atau, Anda dapat mencampur 2 sendok makan sari apel dengan kentang parut. Terapkan ini pada kantung mata dan tutup dengan kain hangat. Biarkan selama 10 sampai 20 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Mencegah Kanker Kulit:

Apel mengandung sejumlah kecil vitamin A, keluarga bahan kimia yang dikenal sebagai retinoid. Vitamin A berperan penting dalam pengembangan kulit, sehingga memungkinkan kulit dewasa berkembang menjadi jaringan kulit matang dan fungsional. Vitamin A juga mengurangi risiko kanker kulit. Satu butir apel besar menyediakan sekitar 120 (IU) unit internasional vitamin A yang setara dengan 5% dan 4% dari kebutuhan vitamin A harian bagi perempuan dan laki-laki masing-masing.

  1. Manfaat Vitamin C:

Manfaat Apel  dan rajin Konsumsi apel meningkatkan asupan vitamin C atau asam askorbat. Vitamin ini terlibat dalam pembentukan kolagen, protein yang ditemukan berlimpah di kulit Anda. Menjadi komponen struktural penting dari kulit, kolagen membantu untuk mempertahankan tahan air penghalang kulit Anda. Kekurangan vitamin C menyebabkan produksi kolagen yang rendah yang pada akhirnya menyebabkan pembukaan kembali luka lama dan merobek kulit. Satu apel besar menyediakan 10,3 miligram vitamin C yang setara dengan 14% dan 11% dari kebutuhan vitamin C harian bagi perempuan dan laki-laki masing-masing.

 

Cara Memilih Apel

 

Sebagian besar varietas apel tersedia di toko-toko sepanjang tahun. Namun, apel segar umumnya tersedia dari bulan September sampai November. Sementara dalam membeli apel, selalu fokus pada warna. Plilh warna alami yang cerah tanpa warna bercak kecoklatan pada kulitnya. Apel kuning dan hijau harus memiliki semburat warna merah sedikit. Ukuran apel juga menunjukkan tingkat kematangan. Buah  Apel yang baik juga sedikit keras dengan aroma segar, kulit harus halus tanpa memar atau goresan mendalam.

Varietas Red Apple dan Golden Delicious umumnya asanya manis sementara Braeburn dan apel Fuji sedikit renyah. Gravenstein, Pippin dan Granny Smith  memiliki rasa asam tetapi jenis ini yang paling cocok untuk dimasak karena mampu mempertahankan tekstur mereka.

Perlu dicatat bahwa mengkonsumsi apel utuh adalah pilihan yang lebih baik daripada mengkonsumsi jus apel karena seluruh apel kaya serat makanan dan proses saat membuat jus dapat mengurangi kandungan fitonutrien polifenol yang ditemukan dalam buah utuh.

 

Penyimpanan: Ketika ditangani dengan hati-hati, apel dapat disimpan untuk jangka waktu yang relatif lama 3 sampai 4 bulan. Sebelum  menyimpan apel, harus diperiksa adakah memar, luka dan bintik-bintik lembut. Kemudian Apel harus diurutkan oleh ukuran-kecil, menengah dan besar. Apel segar harus disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari dan kemudian didinginkan. Cold storage apel pada suhu rendah 35-40 F atau 2-4 derajat Celcius membantu untuk meminimalkan hilangnya nutrisi. Ini adalah suhu penyimpanan yang ideal dan apel cenderung mengalami kerusakan jika disimpan pada suhu di bawah 30F (1 derajat celcius) dan akan matang dengan cepat jika suhu naik di atas 40F (5 derajat celcius).

 

Tips untuk Masak / Makan langsung

Apel adalah buah yang sangat serbaguna yang dapat dimakan sendiri atau digunakan sebagai bahan dalam beberapa resep makanan. Kulit apel mengandung jumlah nutrisi sehingga sebaiknya dimakan dengan kulitnya. Bahkan jika Anda menggunakan apel dalam resep, disarankan untuk tidak mengupasnya guna meraup nilai penuh gizi buah Apel.

 

Sebelum mamasak Apel, pastikan untuk menggosok kulitnya lembut dengan sikat bulu alami selama 10 sampai 15 menit untuk menghilangkan hama dan lapisan lilin. Pengolahan apel seperti merebus atau ekstraksi jus apel sering mengakibatkan hilangnya polifenol atau nutrisi lainnya. Oleh karena itu, konsumsi apel mentah adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi. Diberikan di bawah ini adalah beberapa tips untuk menikmati buah lezat ini.

 

  1. Apel dapat dimakan langsung. Selain baik untuk gigi, Apel dapat menjadi berkhasiat mengobati.
  2. Potongan dadu apel dapat ditambahkan ke salad buah. Bit dan apel dapat dikombinasikan dalam salad dan menyegarkan dengan hiasan kenari dan sayuran.
  3. Apel cincang dapat direbus dengan kubis merah. Daging merah dapat direbus dengan sari apel dan disajikan dengan bawang merah lembut dan Apel Granny Smith .
  4. Jus apel adalah minuman menyegarkan dan dapat disiapkan di rumah dengan memadukan seluruh apel diblender kuat.
  5. Saus apel dapat dibuat dengan mencampur irisan apel dikupas, air 2 liter dan gula dalam  microwave yang aman. Ini harus ditutup dan microwave daya tinggi untuk 6 sampai 8 menit. Sekarang, campuran dapat diproses atau dicampur untuk membuat saus. Anda juga dapat membuat saus apel tebal dengan menumbuk d kentang atau memotong dengan blender pastry.
  6. Apel dapat digunakan untuk membuat makanan penutup yang sehat. Misalnya, Anda dapat memanggang apel dan blackberry dan dibalurkan gula aren.

Secara keseluruhan apel mengandung berbagai macam nutrisi yang Anda butuhkan, buah kecil bermanfaat emas bagi kesehatan. Jadi ambil sebuah apel dan mulai meningkatkan kesehatan dalam satu gigitan. (imung)

 

Tabel kandungan Nutrisi Apel

 

 

See the table below for in depth analysis of nutrients:
Apple fruit (Malus domestica), Fresh, Nutritive value per 100 g, ORAC value-5900
(Source: USDA National Nutrient data base)

Energy 50 Kcal 2.5%
Carbohydrates 13.81 g 11%
Protein 0.26 g 0.5%
Total Fat 0.17 g 0.5%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 2.40 g 6%
Vitamins
Folates 3 µg 1%
Niacin 0.091 mg 1%
Pantothenic acid 0.061 mg 1%
Pyridoxine 0.041 mg 3%
Riboflavin 0.026 mg 2%
Thiamin 0.017 mg 1%
Vitamin A 54 IU 2%
Vitamin C 4.6 mg 8%
Vitamin E 0.18 mg 1%
Vitamin K 2.2 µg 2%
Electrolytes
Sodium 1 mg 0%
Potassium 107 mg 2%
Minerals
Calcium 6 mg 0.6%
Iron 0.12 mg 1%
Magnesium 5 mg 1%
Phosphorus 11 mg 2%
Zinc 0.04 mg 0%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 27 µg
Crypto-xanthin-ß 11 µg
Lutein-zeaxanthin 29 µg

 

Tab

Tinggalkan Balasan