Kalijodo Skatepark, kawasan yang dahulunya dikenal sebagai kawasan prostitusi tertua di Jakarta, kini wajahnya telah berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan ada juga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) seluas 5.000 meter persegi.

Wilayah Kalijodo yang masuk Jakarta Barat berada di Kelurahan Angke Kecamatan Tambora, RT 007 dan 008 di RW 010. Lalu, kawasan Kalijodo yang berada di Jakarta Utara lebih luas, berada di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan.

Kalijodo sekarang dengan seluas 1,4 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain taman, monumen, lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musholah, kios, outdoor fitness, toilet, dan sound system.

kalijodo skatepark

Kami dari redaksi www.puteriputeri.com, turut menyambut gembira dan positif berubahnya kawasan kumuh lokalisasi Kalijodo yang terkenal dengan dunia hitamnya, bisa menjadi sebuah taman bermain Kalijodo Skatepark, menurut kami ini merupakan hal yang luar biasa.

Pertama, dengan adanya Kalijodo Skatepark ini sebagai public sphere atau ruang publik yang sehat, ruang publik yang hidup dan memiliki fungsi sosial kemasyarakatan, maka warga masyarakat jelas akan menjadi lebih senang, daripada lahan ini dulunya adalah lembah hitam lokalisasi prostitusi Kalijodo yang menyedihkan (miserable) sekaligus mengerikan.

Kedua, dengan berubahnya kawasan lembah hitam prostitulsi Kalijodo yang dulunya sangat menyedihkan dan mengerikan, dan kini menjadi Kalijodo Skatepark sebagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) seluas 5.000 meter persegi, maka ini tentu bisa menjadi contoh untuk kawasan lain.

Karena secara politis, seperti langkah beberapa kepala daerah seperti Ibu Risma dari Surabaya, dan juga pemerintah DKI Jakarta yang berhasil merubah beberapa lokalisasi seperti lokalisasi Kramat Tunggak menjadi Jakarta Islamic Centre (JIC), adalah sebuah hal yang luar biasa, dan patut kita dukung sebagai warga masyarakat yang sehat.

Jakarta Islamic Centre (JIC)  adalah sebuah lembaga pengkajian dan pengembangan Islam di Jakarta.  JIC menempati lahan bekas kawasan pelacuran terbesar di Jakarta, yaitu lokalisasi Kramat Tunggak. Hal ini adalah sebuah perubahan transformasi yang luar biasa revolusioner

Karena pada hakekatnya, baik secara ideal dan sedikit utopia : semua lokalisasi lembah hitam prostitusi di mana saja berada, memang sebaiknya digusur total, dihilangkan secara menyeluruh, dan dirubah menjadi ruang yang sehat untuk segala umur.

Contohnya adalah lokalisasi Dolly Surabaya yang sudah lenyap diganti dengan kawasan industri skala rumahan, kemudian lokalisasi Kramat Tunggak sudah dilenyapkan dari muka Bumi dan kini didirikan ruang publik yang luar biasa indah menjadi Jakarta Islamic Centre yang indah dan megah.

Serta lokalisasi Kalijodo telah pula dilenyapkan dari muka Bumi dan kini menjadi Kalijodo Skatepark yang berguna untuk anak muda secara positif.

Setelah hilang-lenyapnya Lokalisasi Kalijodo yang menyedihkan dan mengerikan, dan kini menjadi Kalijodo Skatepark yang sehat, maka tempat ini cocok sekali sebagai tempat berlibur santai para keluarga.

Kalijodo skatepark

Karena di sini ada skatepark dengan standar internasional bukan hanya untuk skateboarder tetapi bisa juga diperuntukkan para penggemar inlineskate, tidak sedikit juga anak-anak bermain dan mendapat teman baru di area bermain, yang juga dilengkapi dengan toilet yang bersih ini.

Fasilitas toilet bersih di Kalijodo skatepark

Pasti pembaca juga  bertanya-tanya setelah kawasan Kalijodo disulap menjadi seperti sekarang ini, kemanakah warga yang sebelum yang menepati kawasan Kalijodo ?

Hampir setengah warga Penjaringan di Kalijodo direlokasi ke Rusun Marunda, Jakarta Utara dan sisanya direlokasi ke Rusunawa Pulo Gebang.

Untuk para para pekerja seks eks lokalisasi Kalijodo, kami dari redaksi doakan mendapat jalan yang benar, bertobat keluar dari lembah hitam. Bukannya pindah ke lembah hitam lainnya.

Gimana menurut kamu, Makin keren aja kan taman taman yang ada di Jakarta?

(Liputan oleh : Nur Tri Aidila)

Tinggalkan Balasan