Dalam industri fashion abad ke-21, ada banyak desain baru yang telah menyerbu pasar dan toko garmen. Istilah dalam fashion pun menjadi beragam.  Ada legging, ada pula jegging.

Apalagi jika anda adalah Wanita ‘fashionista’ yang pasti ingin lebih banyak paham dunia fashion. Tentunya ingin selalu up date tentang istilah fashion. Seperti istilah jegging yang ternyata berbeda dengan legging.

Anto (21) seorang sahabat pria puteriputeri.com hanya mengangkat bahu ketika cowok ini ditanya perbedaan antara Jegging dan Legging.

“Apa itu jegging Mbak Puteri? Kalau jengki saya tahu, itu sepeda jengki. Kalau Jegging ah jangan-jangan dikarang sendiri lagi istilahnya, kalau legging saya tahu, celana ketat kan yang sering dipakai cewek, kalau jegging, ah becanda aja Nih Mbak puteri” ujar Anto menggelengkan kepala.

Jegging ini adalah istilah dalam dunia Fashion untuk celana bahan denim bercampur spandex yang ketat. Orang awam mode biasa menyebutnya dengan “oooh itu sih celana jeans stretch” atau disebut awam dengan celana jeans Stretch dan yang tidak tahu sama sekali menyebutnya cukup ‘strit’.

Legging-VS-Jegging

jegging-1

jegging

Sebenarnya malah beda lagi antara celana jeans stretch dan jegging. Bedanya ada di bahan dan model. Jegging memiliki bahan nylon-spandex elastis campuran dengan denim.
Sedangkan celana jeans sretch masih memiliki resleting , kantung, dan kancing. Namun bagi jegging kancing, kantung dan risleting ini tidak asli, hanyalah aksen asesoris saja.

jegging-2
Jegging print juga kini menjadi trendy. 

Jegging terbuat dari denim dan spandex campuran, biasanya dikenakan di balik rok atau kadang-kadang di dalam gaun.
Jegging kadang-kadang dibuat sedemikian rupa sehingga Jegging seolah memiliki fasilitas pengancing di depan. Jegging juga memiliki karet pinggang elastis dan kantong palsu.

Legging

legging-2

Sedangkan Legging adalah celana yang ketat dan menutupi kaki. Legging ini biasanya dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan. Awal kemunculan legging, terdapat sepasang legging, satu untuk setiap kaki. Sekarang hanya ada satu legging sepasang langsung.
Sebaliknya, jegging pada dasarnya adalah persilangan antara bahan legging dan denim.
Apa yang disebut sebagai ‘jegging denim’ adalah celana denim ketat yang terbuat dari kain denim bercampur spandex sehingga memiliki elastisitas legging.

leggings-3
Legging adalah celana ketat hanya lebih tebal dan juga hampir selalu dalam warna hitam, meski sekarang legging tampil aneka warna. Legging dirancang untuk dikenakan secara santai karena Legging pas dengan kontur bentuk kaki.
Jegging, di sisi lain dirancang dengan cara yang menyerupai celana jeans ketat. Jahitan adalah sedemikian rupa sehingga seolah-olah ada kantong-kantong dan kancing depan.

legging-1Legging

Legging biasanya terbuat dari bahan yang lebih lembut jika dibandingkan dengan jegging. Jegging tidak hanya terlihat seperti jeans, tetapi juga memiliki kancing palsu, resleting palsu dan kantong. Pinggang jegging dibuat lebih elastis.

Legging memilki aneka warna serta bahan kain. Legging dapat terbuat dari polyester, lycra, nilon, katun dll. Beberapa orang bahkan lebih suka legging Acrylic sedangkan yang lain lebih suka legging berbahan wol terutama untuk musim dingin.

Jegging juga tampil dalam berbagai warna tapi karena image celana jeans, maka jegging biasanya masih dalam koridor warna umum celana jeans seperti : biru, hitam,abu-abu bleach/pudar,stoned washed, robek dll. Bahan Jegging biasanya adalah bahan denim bercampur spandex yang elastis.

Jegging sangat nyaman serta trendi dan karena Jegging ketat dan pas, membuat Wanita terlihat sangat seksi dengan penekanan ekstra pada lekuk tubuh Anda para wanita. Itulah celana Jegging sebagai salah satu penanda fashion.

Salam fashion khas puteriputeri.com. (Dara)

Tinggalkan Balasan