Kulot dan Tunik atau bahasa Inggrisnya Cullotes and Tunic. Tidak disangka-sangka paduan antara Tunik dan Kulot sedang menjadi trend dan kemungkinan akan menjadi trend pula di tahun-tahun mendatang.


Bagi anda yang senantiasa menggunakan busana syar’i muslimah, maka paduan antara Kulot dan Tunik ini menawarkan anda 3 hal yakni :

1. Trendy

2. Kenyamanan

3. Ringkas dan simpel

Serta yang paling penting adalah rangkuman paduan antara Kulot dan Tunik ini elegan dan menutup tubuh anda dengan paduan hijab yang syari.

kulot-dan-tunik

Kulot ternyata memilki sejarah yang panjang.

kulot-biasa

Kulot, didunia fashion dikenal pula dengan nama Gaucho Pants, juga dengan nama Palazzo Pants. Gaucho pants, sesuai namanya, yang diambil dari sebutan gaya celana koboi, biasanya memiliki panjang se-betis atau se-mata kaki.

Sementara Celana Palazzo (palazzo pants) memiliki potongan yang hampir sama dengan Kulot.
Dengan potongan dasar celana longgar. Styling celana Kulot ini bisa rumit. Mengapa ? Karena pada awalnya Kulot aadalah revolusi dari rok panjang.

Kulot adalah pakaian yang dikenakan pada bagian bawah tubuh. Dalam bahasa Perancis kata culotte berarti (sepasang) celana, celana panjang.

Dalam berbahasa Inggris Cullotes atau Kulot, pada sejarah awalnya adalah celana sebatas lutut yang biasa dipakai oleh pria dari kelas atas Eropa pada akhir Abad Pertengahan atau pada jaman Renaissance melalui awal abad kesembilan belas.

Pada abad kedelapanbelas dan abad kesembilanbelas perempuan Eropa diperkenalkan pada Kulot yang dipotong dengan pola tampak seperti hakama (busana Jepang) panjang, menyembunyikan kaki mereka sambil menunggang kuda. Di jepang para Aikido master mengenakan hakama panjang, untuk menyembunyikan pemandangan kaki mereka dari lawan sebagai seni strategi pertarungan.

Selama Era Victoria (pertengahan sampai akhir kesembilan belas, rok wankita dikembangkan untuk menunggang kuda. Sehingga perempuan bisa duduk pada pelana kuda dengan stabil, tanpa harus duduk menyamping ketika mereka mengenakan rok panjang.
Kulot untuk wanita pada abad kesembilanbelas cukup kontroversial, karena Kulot digunakan untuk merevolusi hal tabu terhadap perempuan yang menunggang kuda. Hal ini seketika merevolusi kelincahan wanita dalam hal mengunakan transportasi umum, seperti menunggang kuda, dan pada akhirnya naik sepeda, dan juga motor .
Semakin waktu berkembang Kulot dikembangkan untuk menyediakan wanita lebih banyak kebebasan untuk melakukan berbagai aktivitas energik, seperti berkebun, membersihkan, bersepeda keliling kota, dan aktivitas energik lainnya, dengan masih terlihat seperti memakai rok.

Tunik

kulot-dan-tunik-5

Tunik memang memilki sejarah yang unik.
Tunik cukup sederhana dalam gaya, nama ini berasal dari Tunika Latin, pakaian dasar yang dikenakan oleh pria dan wanita di Roma Kuno, didasarkan pada pakaian Yunani sebelumnya

tunik-biasa
Tunika Romawi mulai diadopsi dari pakaian Yunani di abad ke-3 SM.
Di Yunani Kuno, Tunik seseorang dihiasi di ujung-garis untuk mewakili negara kota di mana dia tinggal. Tunik jadi busana yang favorit ketika dicelup dengan warna-warna cerah seperti merah, ungu atau hijau.
Bangsa Celtic dan Jerman yang tinggal Eropa Utara mengenakan Tunik berlengan panjang dari dan panjang Tunik sampai ke pertengahan paha atau lutut. Tunik serupa akhirnya diadaptasi oleh orang-orang Romawi dan populer sebagai busana wanita pada jaman Mesir kuno di abad yang sama.

Tunik dan Kulot, Trend Busana Muslimah

kulot-dan-tunik-4

Tunik dan Kulot kini menjadi trend Busana Muslimah yang signifikan.
Terutama guna mengantisipasi cuaca yang ekstrim di tengah kota. Ekstrim artinya cepat berubah dari panas ke hujan yang dingin dalam satu hari.

kulot-5

kulot-21

Kulot sebagai busana muslimah ini bisa dipadu-padankan dengan baju atasan seperti kaus lengan panjang.

kulot-4

Kulot bisa juga dipadupadankan dengan jaket jeans buat msulimah yang ingin tampil fashionable.

SONY DSC

Kulot juga manis dipadu padankan dengan kemeja lengan panjang non tunik.
Secara cepat pada saat ini perpaduan antara Kulot dan Tunik, menggantikan trend celana jeans ketat dan kemeja lengan panjang yang sempat menjadi trend pada musim hujan tahun lalu.

Cocok dengan Cuaca Indonesia

Di negara tropis seperti Indonesia, perpaduan antara Kulot dari bahan katun serta Tunik dari bahan katun juga, menjadikan wanita Muslimah yang memakai hijab syari menjadi tetap sejuk, karena sirkulasi udara masih terjaga dengan baik.

Untuk wanita Muslimah yang gemar mengenakan celana jeans ketat pada musim hujan tahun lalu, kini mulai bergeser dengan mencoba Kulot atau Pallazo pants dengan paduan atasan Tunik.

Baik itu Tunik panjang sampai ke betis atau Tunik dengan potongan panjang sampai pada mata kaki. Tunik sedang sebatas paha, maupun Tunik sebatas pinggang yang semakin sering dikenakan dengan bawahan Kulot katun.

Tunik dan Kulot tak pelak menjadi trend busana Muslimah bagi para wanita muslimah yang ingin tetap nyaman di tengah perubahan iklim serta cuaca ekstrim seperti saat ini, dimana bisa saja pagi hujan, siang terik dan sebaliknya yang berubah secara cepat.

Celana kulot dengan line pipa lebar yang terbuat dari bahan yang ringan tengah menjadi trend fashion di Indonesia, dan menjadi busana terfavorit dikalangan pengguna baju muslimah. Celana kulot dikenal sebagai celana Palazzo. Celana kulot memiliki beberapa jenis, yaitu : celana dengan ukuran pendek diatas lutut dan ada pula celana yang berukuran panjang.

Saat ini celana kulot yang sering kita jumpai adalah celana kulot yang berukuran panjang sebagai trend fashion busana muslimah. Untuk wanita karier yang sedang bingung untuk memilih busana muslimah yang nyaman dan tetap modis silahkan ikuti tips berikut. Busana muslimah dengan memadukan celana kulot dengan kaos panjang berwarna netral tetapi tetap terlihat anggun.

Bukan dengan kaos saja, celana kulot juga dapat terlihat anggun dengan memadukan dengan blazer, tetapi harus memilih blazer dengan warna-warna yang netral. Untuk menghindari kesan pendek sebaiknya hindari pakaian yang berbahan tebal seperti pakaian berbahan wool.

20160905_143920

Seperti yang diperagkan  oleh Annisa Mediana (21) yang suka memadukan busana hijab muslimah dengan celana kulot untuk ke kampus.

Dengan celana kulot berwarna hitam,annisa memadukan dengan pakaian yang berwarna hijau lumut dan hijab hitam. Dengan balutan warna yang tidak terlalu mencolok annisa tampil anggun.

img-20161010-wa0000
Busana muslimah yang digunakan Annisa sering dipakai dalam kegiatan perkuliahan karena sangat nyaman digunakan dan juga dapat mengurangi penggunaan celana jeans yang sebenarnya tidak baik digunakan setiap hari.

Banyak busana muslimah yang dapat dipadukan dengan pakaian-pakaian yang sangat style dan dapat membuat tampil dengan percaya diri.
Di tahun ini cuaca di Indonesia mulai ekstrim dengan perubahan cepat antara hujan ke panas dan sebaliknya. Maka perpaduan antara Kulot dan Tunik menjadi pilihan yang nyaman bagi para wanita Muslimah yang aktif melakukan kegiatan mereka sehari-hari. Salam fashion, ulasan khas puteriputeri.com

(Oleh :Siska HR)

Tinggalkan Balasan