Halo pembaca puteriputeri.com semuanya perkenalkan saya Martua Halasan Aritonang, akan berbagi sedikit tips tentang kue Klepon, yang ternyata bikin pagi hari kita selalu siap move on.

Klepon sangat cocok untuk sarapan. karena kuliner berbentuk bola-bola kecil, terbuat dari tepung beras ketan, kanji, gula pasir, gula kelapa, dan kelapa parut. ini kaya akan gizi.

Karena bahan baku utamanya tepung beras ketan dan gula merah, maka kandungan gizi terbesar pada klepon yakni karbohidrat, mencapai 41,8 g per 100 g.

Karbohidrat merupakan sumber zat tenaga utama bagi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Gula jawa juga mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh.

Sumber energi yang terkandung dalam klepon sebagian besar berasal dari karbohidrat (tepung beras ketan dan gula merah). Sisanya disumbang protein (tepung ketan) dan lemak (kelapa parut).

Klepon juga mengandung vitamin dan mineral. Mineral utamanya adalah kalsium, fosfor, dan besi. Komposisi gizi klepon menunjukkan kue ini cocok disantap saat sarapan agar memberikan energi untuk aktivitas hingga siang hari.

Kue atau panganan camilan khas indonesia satu ini kelepon atau klepon sangat kerap kita jumpai dan sangat mudah untuk didapat.

Rasanya sangat nikmat di tengahnya di isi gula jawa yang ketika di gigit langsung lumer ke mulut kita. Rasanya yang manis dan legit sangat menggungah kita untuk terus dan terus memakan kue klepon tersebut.

Kue klepon merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang praktis dan unik. Mengapa dapat dibilang praktis?

Karena kue klepon sangat mudah dibuat. Selain itu, komposisi bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan antara lain gula merah, daun pandan, ketan, dan lain-lain.

Daun pandan yang digunakan dalam klepon ini ternyata bukan hanya sebagai pewarna karena terdapat khasiat yang terkandung di dalamnya, misalnya sebagai penambah tenaga bagi orang yg kondisi badannya lemah, penambah nafsu makan, obat rematik, lemah syaraf, penenang yang membuat rileks.

Kelpon mengandung energi sebesar 215 kilokalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 41,8 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 232 miligram, fosfor 45 miligram, dan zat besi 3,3 miligram. Selain itu di dalam Kelepon juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kelepon, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Kue klepon ini berbentuk bulat kenyal yang berwarna hijau diisi gula merah dan diberi taburan kelapa parut. Kue ini sangat unik karena ketika digigit, ia akan ‘meledak’ di mulut menyemburkan gula merah nya yang paling ditunggu-tunggu dan tentu saja sangat manis.

Jika kita tidak menyukai gula merah, maka kita dapat membuat kue ini sendiri dengan isi yang bervariasi seperti kacang, selai, dan lainnya sehingga menghasilkan rasa yang lebih unik.

Klepon ‘Move On’ alias Klepon yang bisa bikin Move On terus ini biasanya disajikan dengan teburan kelapa parut sehingga membuat makanan ini menjadi lebih gurih selain rasa manis yang pas.

Kue basah ini berbentuk bulat-bulat kecil dan biasanya diberi warna hijau pandan supaya dapat menambah tampilan yang lebih cantik pada saat disajikan. Berikut kami bagikan resep membuat kue klepon pandan gula merah.

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah
Bahan :

450 gr tepung ketan putih
50 gr tepung beras
1/2 sendok teh garam halus
gula merah secukupnya ( disisir halus )
air secukupnya
1 lembar daun pandan
kelapa parut yang tidak terlalu tua secukupnya untuk taburan
pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Kue Klepon :

Campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam satu wadah, aduk rata
Masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, aduk rata
Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas
Bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya ( lakukan sampai adonan pas )
Rebus adonan yang sudah dibentuk bulat dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang
Sambil menunggu adonan matang, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu dikukus sebentar
Angkat adonan lalu tiriskan kemudian gulingkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus hingga merata

Kue klepon gula merah siap untuk dinikmati

Untuk Resep Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah ternyata sangat mudah dan sederhana juga tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Sajikan kue klepon ini disaat sarapan pagi dengan teh atau kopi hangat.

fullsizerender-3
Klepon berwarna hijau sebagai lambang dari jiwa muda. Di dalamnya terdapat gula merah yang manis yang mewakili keceriaan dan rasa syukur, Sedangkan parutan kelapa adalah penambah keramaian penampinan si hijau manis ini.

Tepung ketan yang lebih pulen atau kenyal ketimbang tepung beras, menunjukkan kadar amilopektinnya jauh lebih tinggi daripada amilosa. Hal ini menyebabkan tepung ketan memiliki indeks glikemik (IG) lebih tinggi daripada tepung beras.

Kue klepon tidak cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet, yang sedang berusaha menurunkan atau mempertahankan berat badan. Klepon juga tidak dianjurkan bagi penyandang diabetes karena kandungan gulanya tinggi.

Makanan dengan IG tinggi tidak dianjurkan bagi penyandang diabetes karena akan dengan cepat menaikkan kadar glukosa darah, sesaat setelah dikonsumsi. Kondisi ini tentu tidak baik bagi penyandang diabetes, tetapi bermanfaat bagi orang nomal yang ingin mendapatkan energi secara cepat untuk mendukung aktivitas.

Untuk melengkapi komposisi gizi klepon dapat dilakukan modifikasi, seperti menambahkan satu bahan yang dapat memberikan efek besar terhadap tampilan dan nilai gizi klepon. Berkat modifikasi, klepon tidak lagi hanya berwarna hijau, tetapi bisa ungu, merah, atau kuning. Warna-warna ini dapat diperoleh dari bahan pangan alami.

Tetapi, awas!! Untuk mendapatkan rasa klepon yang enak dan pas rasanya, kadar air dalam klepon tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sedikit karena akan mempengaruhi kekenyalan dari klepon tersebut. Selain itu, isi gula merah nya juga tidak boleh terlalu banyak karena klepon akan pecah ketika kita ingin membuat kreasi tampilan penyajian nya yang ditumpuk-tumpuk.

Maka itu kita harus selalu melesrarikan dan mengenalkan makanan makanan khas daerah yang sangat enak2 ini ke generasi zaman sekarang. Agar mereka tetap mencintai indonesia dan tetap mengetahui makanan khas Indonesia ini.

Jadi, apakah Anda sudah pernah mencobanya? Tunggu apa lagi?

(Oleh : Martua Halasan Aritonang)

Tinggalkan Balasan