Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang berasal dari famili Lamiaceae/Labiatae. Jadi salah satu tanaman obat yang mudah didapati di semua daerah di Indonesia, fungsinya dalam mengatasi banyak penyakit telah terjamin.

Di beberapa tempat, tanaman ini bisa mendapat arti lain seperti kidney tea plants/java tea, remujung (Jawa Tengah serta Jawa Timur), songot koneng (Madura), serta giri-giri marah (Sumatera).

Negara kelahiran tanaman itu diperkirakan dari daerah tropis seperti Afrika sampai menyebar pesat ke wilayah Asia serta Australia.

Masyarakat lebih sering menggunakan tanaman kumis kucing untuk melakukan terapi pengobatan herbal.  Khasiat Kumis Kucing ini telah lama dikenal, daun yang digunakan kadang basah ada juga yang kering, tergantung bagaimana resep yang diberikan oleh ahli pengobatan tradisional.

Di tanah air, Khasiat Kumis Kucing kering bermanfaat sebagai peluruh air kemih (diuretik), serta dijadikan obat rematik oleh masyarakat India di perkampungan. Selain itu, manfaat tanaman kumis kucing secara empiris lain sebagai obat batuk, encok, masuk angin serta konstipasi.

Bagian daun kumis kucing bisa dijadikan obat untuk mengobati radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Pemanfaatan luar juga memanfaatkan sifat antibakterinya, misalnya menghilangkan rasa gatal disebabkan alergi. Keampuhan tanaman kumis kucing sebagai tumbuhan obat tidak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, serta sinensetin.

Banyak kandungan tersebut membuat masyarakat tidak ragu dalam konsumsi buah itu sebagai obat dalam. Mengolah obat memiliki bahan basic tanaman kumis kucing tidaklah sulit jika tahu petunjuk atau resepnya, oleh karenanya tingkatkan konsentrasi Anda untuk membaca penjelasan berikut.

Obat Dari Tanaman Kumis Kucing

Agar artikel ini lebih bermanfaat untuk Anda, saya sudah mengutip ramuan obat yang terbuat dari tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sebelumnya perlu Anda ingat bahwa resep ini didapat dari beberapa sumber online, jika Anda sedikit khawatir mencobanya coba tanyakan dahulu pada dokter atau ahli pengobatan herbal mengenai kebenaran obat tersebut.

Batu Ginjal

Petik daun kumis kucing sampai jumlahnya mencapai 3 genggaman tangan.
Siapkan juga 5 lembar daun keji beling untuk tambahan bahan.
Rebus ke dalam 2 gelas air ke-2 bahan tadi hingga mendidih serta tersisa satu gelas air.
Minum rutin obat batu ginjal ini sehari 2 kali sampai Anda dikabarkan sembuh oleh dokter.

Kencing Batu

Petik 7 lembar daun kumis kucing serta 7 tanaman meniran.
Rebus ke-2 tanaman dalam panci berisi 2 gelas air, tunggu mendidih serta air tersisa 1 gelas.
Minum obat kencing batu ini secara rutin dalam sehari sebanyak 3 kali.

Encok serta Asam Urat

Petik 5 helai daun kumis kucing serta 5 tanaman meniran.
Rebus kedalam 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas.
Minum air rebusan yang disebut obat encok serta asam urat ini sehari 3 kali sampai sembuh.

Diabetes, Hipertensi, serta Pelancar Air Kencing

Siapkan 2 gelas air matang untuk merebus.
Sediakan juga 2 genggam daun kumis kucing.
Tuangkan air ke dalam panci, masukkan semua daun kumis kucing.
Rebus hingga mendidih serta air tertinggal 1 gelas.
Minum rutin obat ini sehari 1 kali hingga membuahkan hasil positif.

Melihat banyaknya manfaat tanaman kumis kucing untuk pengobatan tradisional menjadikan manusia sadar akan pentingnya menjaga alam yang kaya dengan manfaat dan kegunaan menjamin kelangsungan hidup semua manusia.

(Oleh : Mukti Alfiansyah)

Tinggalkan Balasan