Halo sahabat puteriputeri.com Daun Pegagan dengan nama ilmiahnya centella asiatica, adalah sebuah tanaman dalam ilmu penyembuhan kuno untuk mencegah penuaan kulit.

Pegagan disebut juga sebagai Antanan atau nama ilmiahnya adalah Centella asiatica (sering hanya disebut centella) kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan berbagai fitokimia yang kuat.

Ekstrak Pegagan sejak lama telah diketahui khasiatnya untuk menenangkan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan sel baru, membangun kolagen, dan meningkatkan sirkulasi.

Akhir-akhir ini, penelitian menunjukkan bahwa daun Pegagan sangat berkhasiat pada penyembuhan luka dan peremajaan kulit.

Penggunaan pegagan atau Antanan secara tradisional, biasanya sebagai minuman rebusan atau minuman lainnya, itu dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk demam, disentri, hepatitis, dan penelitian terbaru menunjukkan hal itu meningkatkan memori dan mengurangi depresi dan kecemasan.

Di Thailand, centella biasa diminum sebagai minuman dingin dan dianggap sebagai tonik kesehatan awet muda.
Baru-baru ini, para peneliti di luar negeri telah menggali bagaimana Pegagan bisa menyembuhkan luka dan telah mengidentifikasi bahan kimia tanaman tertentu yang disebut saponin triterpenoid (lebih khusus asiaticoside, brahmoside, brahminoside, madecassoside dan madecassic atau asam madasiatic) yang telah terbukti membantu menyembuhkan luka dengan meningkatkan antioksidan, meningkatkan suplai darah ke daerah dan memperkuat kulit.

Maka ramuan ini telah menjadi sebuah perawatan kulit baru.

Di luar negeri banyak serum dan krim anti penuaan telah mengandung ekstrak daun Pegagan.
Pegagan atau Antanan (centella asiatica) tanaman obat yang memiliki selama sejarah panjang, juga telah ada bukti bahwa pegagan telah digunakan oleh manusia prasejarah.
Dikenal dalam pengobatan Cina sebagai Daun Pegagan, dan tercantum di antara resep “ramuan keajaiban hidup” dan disebutkan dalam legenda sebagai ramuan yang membantu seorang bijak yang terkenal hidup masa 200 tahun sebelum masehi.

Pegagan, daun hijau berbentuk kipas, yang dipanen dan digunakan untuk tujuan pengobatan.
Banyak terdapat di Cina, Jepang, India dan Indonesia, ramuan ini memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat.
Centella asiatica dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi pada individu dengan kondisi vena seperti varises dan insufisiensi vena, suatu kondisi yang menyebabkan darah berkumpul di kaki.
Pegagan, atau centella asiatica, dianggap sebagai penyembuh kulit ampuh selama ribuan tahun, yang kembali di jalur baru anti-penuaan perawatan kulit.

Centella asiatica juga sering disebut sebagai Pegagan, mengandung phytochemical kuat, vitamin A, B, C dan D, flavonoid dan asam amino, serta mineral termasuk seng, kalsium, kalium, mangan, magnesium, selenium dan natrium.
Selama berabad-abad, centella asiatica telah digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan termasuk pengobatan kondisi kulit seperti luka bakar ringan, dermatitis dan psoriasis.

Daun dan batang centella asiatica digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, Afrika dan Ayurvedic. Pegagan juga telah disebut sebagai “obat mujarab kehidupan”
Selain itu, dengan meningkatkan aliran darah ke otak, centella Asiatik diduga untuk membantu meningkatkan fungsi memori.

pegagan-puteri-4

Aneka Manfaat Dan Khasiat Pegagan Untuk Kesehatan :
-Meningkatkan daya ingat
-Penambah tenaga dan stamina tubuh
-Menurunkan panas tubuh yang disebabkan demam
– Anti bakteri, tonik, antispasma, dan antiinflamasi
– Sebagai pembersih darah alami
– Melancarkan peredaran atau sirkulasi darah dalam tubuh
– Menghentikan pendarahan pada luka
– Anti alergi dan juga sebagai stimulan
– Mencegah Varises serta salah urat
– Peluruh atau memperlancar air seni
Begitulah manfaat dan khasiat Daun Pegagan atau Antanan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
(Dara)

Tinggalkan Balasan