Daun sirih merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kewanitaan.

 

Manfaat daun sirih untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan sudah di kenal sejak jaman dulu, bahkan pada jaman kerajaan pun sudah di gunakan oleh para puteri-puteri keraton.

Lihat juga daun sirih merah yang berkhasiat dalam mengobati penyakit seperti untuk jerawat, untuk mata, dan manfaat daun sirih yang lainnya.

Didalam kandungan yang terdapat pada daun sirih sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah kewanitaan karena mengandung minyak atsiri yang berasal dari kandungan betlephenol, seskuiterpen,pati, diastase, gula, zat samak, antioksidasi, funsida dan kavikol yang memiliki kemampuan dalam membunuh kuman penyebab masalah kewanitaan. Selain itu, daun sirih juga mengandung antiseptic, antioksidan dan anti jamur yang berguna dalam mengatasi keputihan, lendir berlebih , gatal-gatal dan bau tak sedap.

Inilah beberapa khasiat daun sirih untuk wanita yang bisa Anda manfaatkan

Mengharumkan vagina

Manfaat daun sirih bagi wanita salah satunya yaitu dapat mengharumkan vagina. Vagina merupakan organ kewanitaan yang seringkali kita abaikan, padahal vagina membutuhkan perhatian yang lebih khusus agar tidak menimbulkan masalah pada organ kewanitaan. Salah satu cara merawat vagina yaitu dengan mengharumkan vagina melalui ramuan daun sirih. Caranya sangat gampang, Anda cukup meminum air rebusan daun sirih sebanyak 2 kali sehari secara teratur.

Merapatkan vagina

Tak hanya mengharumkan vagina, ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk merapatkan vagina Anda. Karena kandungan yang terdapat di dalam daun sirih berfungsi agar daerah kewanitaan lebih kesat. Caranya dengan membersihkan vagina dengan air daun sirih dan meminum air rebusan daun sirih seperti di atas.

Mengatasi keputihan pada wanita

Khasiat daun sirih untuk wanita lainnya adalah dengan mengatasi keputihan. Permasalahan keputihan memang hal yang lumrah bagi wanita. Namun, jika keputihan dibiarkan terlalu lama justru dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang membahayakan organ kewanitaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Adapun caranya dengan rajin membersihkan vagina menggunakan air rebusan daun sirih secara rutin setiap hari.

Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna daunnya. Daun sirih pada umumnya banyak ditemui ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, dimana mereka masih banyak menggunakan obat dari bahan alami termasuk sirih serta untuk keperluan nyirih. Namun setelah khasiat sirih diketahui secara ilmiah, kini daun sirih sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk sabun kesehatan, obat kebersihan kewanitaan, minyak sirih dll.

Khasiat daun sirih Hijau

Sirih merah maupun sirih hijau sama-sama memiliki khasiat masing-masing. Menurut literatur, daun sirih hijau mengandung banyak senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa kandungannya meliputi minyak esensial, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpen, dan gula. Itulah banyak zat yang membuat daun sirih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Adapun yang juga merupakan khasiat dan manfaat daun sirih hijau bagi kesehatan adalah mampu mengobati sakit gigi, gusi bengkak/berdarah, bau mulut dan sariawan.

(imung)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan