Jeruk Orange membuat kita tetap segar di Cuaca Kemarau yang Panas dan juga membuat tubuh tetap fit di cuaca dingin serta cuaca ekstrem dengan suhu yang cepat berubah. Simak Khasiat Buah Jeruk untuk Kecantikan :

https://40.media.tumblr.com/tumblr_llg6m3lpZk1qk7jq5o1_500.jpg

Pembaca puteri, jika kita terkena paparan sengatan Matahari dalam waktu yang lama akan dapat menyebabkan kerusakan kulit karena sinar UV.

Bahkan bila anda tetap di dalam gedung ber AC atau Mobil ber AC pun jika langsung ke luar ruangan dan seketika terpapar sengatan Matahari  juga bisa menyebabkan gejala  panas dalam, akibat tubuh yang harus mendadak dan berubah-ubah beradaptasi mendadak dari suhu AC dingin langsung ke suhu luar yang bisa mencapai 34° celsius di kota-kota besar di atas tadi.
Sahabat puteriputeri.com ada baiknya jika di saat cuaca tak menentu, bahkan jika anda seorang biker yang tiap hari berjuang mengarungi jalan raya berpolusi berat, asap hitam knalpot seperti di Jakarta, Surabaya, Semarang atau Medan, juga yang sering kehujanan setiap hari, maka kami sarankan untuk sering-sering mengonsumi  buah jeruk segar.

 

Buah jeruk Orange segar memiliki aneka khasiat terutama di musim panas ini adalah :

 Dengan Bentuknya yang Bulat, berwarna orange, ada yang besar dan ada yang kecil,buah Jeruk ini sangat kaya akan Vitamin C, antioksidan, vitamin B6, dan juga Zat Beta-Cryptoxanthin. Semua zat essensial itu sangat bermanfaat baik dan diperlukan oleh tubuh manusia. Manfaat buah Jeruk :

1. Dapat mencegah dan membantu mengobati kanker paru – paru.
2. Membantu mencegah dan mengobati penyakit Diabetes
3. Membantu menjaga tekanan darah
4. Mencegah dan menurunkan Kolestrol
5. Mencegah kanker usus
6. Membantu mencegah zat – zat radikal bebas merusak Dna pada tubuh kita
7. Menambah sistem kekebalan tubuh
8. Mencegah Flu dan pilek
9. Mencegah terjadinya infeksi pada telinga
10. Menjaga Keremajaan kulit (Awet Muda)

11. Melawan panas dalam

Jadi, ternyata ada banyak sekali manfaat dari buah Jeruk, dan salah satunya dapat membantu menjaga keremajaan kulit kita. Buah jeruk juga mudah didapatkan, karena tersedia di berbagai musim. Buah jeruk juga ada banyak sekali jenisnya, ada yang dapat dimakan langsung dengan kulitnya, dipotong (sunkist), dikupas kulit, dan lainnya.

Mengolah buah jeruk juga cukuplah mudah, bisa di jus, minuman peras, dijadikan bahan untuk membuat kue, bahkan ada beberapa jenis masakan yang menggunakan buah jeruk, serta dimakan langsung pun menyegarkan.

Ampuh  Menjaga Tingkat Tekanan Darah

   Jus jeruk adalah minuman yang luar biasa untuk pasien tekanan darah tinggi atau rendah. Apakah Anda tertarik untuk menemukan alasannya? Nah, minuman lezat ini mengandung sejumlah besar magnesium yang memiliki kemampuan luar biasa untuk membawa kembali tingkat tekanan darah yang terganggu ke kisaran normal.
    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  Karena kehadiran vitamin C, jus jeruk bertindak sebagai pertahanan terbaik untuk Anda melawan beberapa penyakit (seperti flu atau pilek), mempromosikan sistem kekebalan tubuh.
    Untuk Penyembuhan
Salah satu manfaat kesehatan atas jus jeruk adalah sifat penyembuhan. Jeruk mengandung flavonoid (seperti naringenin dan hesperidin), yang merupakan barang anti-inflamasi. Bila Anda mengkonsumsi buah lezat ini dalam bentuk mentah atau jus, flavonoid bekerja luar biasa untuk mengobati arthritis dan menyembuhkan kekakuan dan nyeri.
    Mencegah Kanker
Penelitian ilmiah terbaru telah menunjukkan efektivitas jus jeruk untuk mencegah beberapa jenis kanker. Jeruk terdiri dari hal-hal yang dikenal sebagai D-limonene yang merupakan agen efisien terhadap kanker kulit, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Selain itu, kehadiran vitamin C juga membantu dalam hal ini.
    Manfaat untuk Mengobati & Mencegah Luka lambung
Ulkus atau tukak lambung umumnya muncul di usus kecil dan perut. Terjadinya borok kadang-kadang menjadi alasan utama sembelit karena dalam hal ini, partikel-partikel makanan yang dikonsumsi tidak bisa mengurai dengan benar. Jus jeruk sangat menguntungkan dalam mengobati dan mencegah bisul. Hal ini juga merangsang sistem pencernaan.
    Mencegah Batu Ginjal
    Risiko pembentukan batu ginjal dapat dikurangi dengan mengkonsumsi satu porsi jus jeruk secara teratur. Terlalu banyak konsentrasi mineral dan bahan kimia biasanya hasil sebagai pengembangan batu ginjal. Jeruk nipis mengandung sitrat, yang memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencegah gangguan ini dengan menurunkan keasaman urin. Jadi individu, yang menderita melalui kondisi yang memprihatinkan ini, harus mencakup jus jeruk segar dalam diet sehari-hari.
    Membantu dalam penurunan berat badan
Banyak orang percaya bahwa konsumsi rutin jus jeruk sangat membantu untuk mengurangi berat badan ekstra, mengklaim bahwa buah jeruk ini penuh dengan antioksidan, yang bertindak efisien untuk menurunkan berat badan.
    Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Manfaat lain terkemuka jus jeruk adalah bantuan dalam pencegahan gangguan jantung. Hesperidin adalah zat nabati yang melindungi arteri dari yang tersumbat dengan meningkatkan kesehatan sel-sel di dekatnya. Jeruk mengandung hesperidin dalam jumlah yang cukup, sehingga konsumsi satu gelas jus jeruk segar memastikan risiko yang lebih rendah dari serangan jantung.
    Mengobati Anemia
Anemia adalah suatu kondisi yang umumnya terjadi karena sel-sel darah merah cukup dalam hemoglobin. Kekurangan zat besi adalah alasan utama di balik situasi ini. Jus jeruk menyediakan kuantitas yang baik dari vitamin C yang mempromosikan penyerapan zat besi ke dalam aliran darah. Itu sebabnya kebanyakan dokter menyarankan pasien anemia mengkonsumsi jeruk atau sari buahnya secara teratur.
    Membuat Kulit indah & Meremajakan kulit
Sifat antioksidan dari jus jeruk membuat kulit segar, cantik dan muda tampak dengan mencegah efek penuaan. Selain itu, antioksidan dengan kombinasi vitamin C melindungi sel-sel kulit dari mendapatkan dipengaruhi oleh radikal bebas. Dengan demikian, mengambil satu porsi jus jeruk setiap hari adalah cara terbaik untuk menjaga kesegaran dan daya tarik kulit untuk waktu yang lama. Jus jeruk untuk kulit adalah berkah tanpa penyamaran sama sekali!
Melawan Panas Dalam
Khasiat Buah Jeruk untuk Kecantikan, terutama bagi pekerja  kantoran di kota besar, yang berganti-ganti terpapar AC, polusi radikal bebas/ asap rokok/asap knalpot, juga suhu panas luar ruang, maka adaptasi tubuh terhadap suhu yang dialami akan berubah-ubah secara cepat. Cegah timbulnya panas dalam dengan makan jeruk segar.

Nilai gizi dari Jus Jeruk

Khasiat Buah Jeruk untuk Kecantikan dari jus jeruk segar merupakan sumber nutrisi bermanfaat seperti mineral, vitamin, flavonoid dan nutrisi nabati. Ini semua nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi vitamin C sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Sejumlah khasiat memuaskan vitamin penting ini dapat diberikan kepada tubuh dengan mengambil jus jeruk. Kehadiran mangan, kalium, zat besi, klorin, seng, asam folat, natrium, fosfor dan pektin membuatnya lebih berharga. Dan yang paling penting kalori dalam jus jeruk adalah nol.

Di setiap negara, memiliki jenis jeruk yang berbeda – beda pula, di Indonesia terkenal dengan Jeruk Bali, Jeruk Pontianak, dan sebagainya, begitu pula di negara – negara lainnya. Setiap jenis buah Jeruk juga memiliki citarasa yang berbeda – beda pula, yang pasti semuanya enak dan menyegarkan serta menyehatkan.

Jeruk Manis/orange (Citrus Aurantium)

Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker
kolon bisa dihindari.

Di dalam 100 g jeruk manis mengandung energi 51 kkal, protein 0,9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Jejruk juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.

Jeruk Lemon (Citrus medica Linn)

Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza. Lemon juga sarat dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker. Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar
kolesterol dan trigliserida.

Jeruk Nipis (Citrus auranfolia)

Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan