Haeee Guys…. Ketemu lagi sama gw Theo hehehe. Setelah kmaren gw ngebahas tentang perjalanan gw ke Air Terjun Sri Gethuk. Hari ini gw mau ngebahas tentang salah satu makanan Indonesia favorit gw nih…. Penasaran apa ?? Ya?

Ketopraklah… kan dari judulnya aja udah ketauan hehehe (peace ya guyss :D).

Pertama-tama nih sebelum gw ngabahas lebih lanjut mengenai ketoprak ini, gw pengen ngasih tau ke kalian nih kenapa gw memlih ketoprak sebagai salah satu makanan Indonesia favorit gw.

Karena menurut gw ketoprak itu adalah salah satu makanan yang sangat enak dan mudah dibuat, karena tidak memerlukan alat atau bahan yang ribet.

Nah sebelum gw ngebahas mengenai bagaimana cara membuat ketoprak, gw pengen nanya satu pertanyaan nih sama kalian. Ada yang tau gk asal-mula nama ketoprak itu dari mana ??

Hehehe pasti gk ada yang tau kan?? Klo menurut yang gw baca di literatur sih, jadi dahulu kala di Jawa Tengah, ada seorang lelaki penggemar kuliner mencoba membuat makanan baru.

Bahan makanan itu terdiri dari ketupat, toge, bihun, bawang putih, cabe, kacang tanah.

Setelah selesai membuat makanan baru itu, lelaki tadi masih kebingungan mencarikan nama yang tepat dan menarik untuk jenis makanannya yang baru ia ciptakan dengan tangan yaitu sambil membawa makanan yang siap dihidangkan dan hendak diletakkan di meja makan, tiba-tiba piring makanan yang hendak dia hidangkan itu terlepas sehingga mengeluarkan bunyi :

“Ketuprak…!”

Si lelaki tadi berpikir, “kenapa makanan ini tidak aku namakan saja sekalian dari bunyi suara jatuhnya piring ini…?”

“Ya..ya…akhirnya aku menemukannya juga” ujarnya sembari tersenyum.

“Kalau begitu aku namakan saja makanan baru ini dengan nama :Ketoprak!”Asal kata dari “Ketuprak” bunyi dari jatuhnya piring makanan yang aku akan hidangkan tadi” ucapnya dengan bangga dan lantang.

Nah, begitulah asal muasal nama makanan ketoprak yang sering kita cicipi di pinggir jalan.

Sedangkan nama gerobaknya berasal dari kata “Gedubrak”. Nah, kalian boleh percaya boleh juga tidak.

Namanya juga Cuma baca dari literatur. Semoga kalian tidak lekas percayaya! Hehehe

Sekarang gw akan bahas gimana caranya untuk membuat ketoprak. Mohon disimak ya guysss…

Bahan:

– Ketupat 1 buah, iris kotak
– Tahu putih goreng 1 buah, potong kotak menyerupai dadu
– Bihun 90 gram, sudah direbus
– Taoge 80 gram, rendam air hangat
– Mentimun ½ buah, potong tipis
– Kecap manis secukupnya
– Kerupuk atau emping goreng
– Bawang goreng

Bahan bumbu kacang yang dihaluskan :

• Kacang tanah goreng 180 gram
• Cabai rawit 5 buah
• Bawang putih 1 siung
• Gula merah sisir 3 sendok makan
• Air asam Jawa 2 sendok makan
• Garam 1 sendok teh
• Air matang secukupnya.

Cara membuat / mengolah ketoprak yaitu :

1. Terlebih dahulu membuat sambal kacangnyaya itu ulek kacang tanah goreng bersama cabai rawit, bawang putih dan gula merah sampai halus. Tambahkan air asam Jawa, garam serta tuangkan air matang secukupnya saja. Tumbuk atau ulek lagi sampai halus dan tercampur rata. Sisihkan.

2. Siapkan piring saji, lalu tata potongan ketupat, tahu, tauge, bihun serta mentimun. Siramkan sambal kacang di atasnya.

3. Tambahkan kerupuk atau emping dan taburi bawang goreng, beri sedikit kecap manis.

4. Ketoprak siap dihidangkan.

Gimana??? Gampangkan cara bikinnya..oke deh klo gtu sekian yaa pembahasan dari gw hari ini semoga apa yang gw sampaikan ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan mohon maaf bila ada kata” gw yang kurang berkenan buat kalian. Byeeee Guyssss.

(Liputan oleh : Theofilus Fernando)

baca juga liputan saya :

Air Terjun Sri Gethuk, Keindahan Serta Mitosnya

Tinggalkan Balasan