Hai sobat puteriputeri.com semuanya apa kabar, kenalkan aku Veronica Juliani akan memaparkan liputan di Pantai Baron, Jogjakarta, yang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Jogjakarta.

Pantai ini  dapat dijangkau sejauh 2 – 2,5 jam dari pusat kota Jogja. Dari Kota Jogja, sobat harus menuju ke arah kota Wonosari terlebih dahulu, baru dari sana sobat menuju ke arah pantai yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Gunung Kidul.

Perjalanan setelah melewati kota Wonosari akan semakin berkelok dan kadang ada tikungan tajam dan menanjak. Mengendarai kendaraan sendiri bisa jadi menantang dan menyenangkan.

Pastikan kendaraan sobat diisi bensin penuh, karena sobat juga akan melewati area persawahan dan perbukitan yang agak jauh dari penjual bensin.

Tiket masuk Pantai Baron adalah Rp.5000 per orang. Cukup murah untuk tujuan wisata keluarga, bandingkan dengan Pantai Anyer, Jawa Barat yang karcis parkirnya saja Rp.50.000,- per mobil, dan hingga Rp. 750.000,- per bus wisata.

Sampai di area pantai, sobat akan disambut dengan suara ombak dan angin yang semilir. Lepaskan sandal sobat dan rasakanlah sensasi pasir Pantai Baron yang berwarna cokelat kehitaman di telapak kaki sobat. Sobat tidak lupa baju ganti untuk nanti ganti bukan.

Tempat wisata pantai memang menjadi favorit bagi para pengunjung seperti Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul contohnya. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai ini harus menempuh jarak kira-kira 40 kilometer dari kota Yogyakarta. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi anda untuk sampai ke objek wisata ini.

Nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan jaman dahulu yaitu Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini. Tempat wisata Pantai Baron banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena terkenal akan keindahan pemandangan pantai yang disuguhkan. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan aneka macam masakan lautnya (seafood).

Walaupun para wisatawan yang datang diperbolehkan untuk berenang di Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta, namun harus mendapat pengawasan ketat karena ombak pantai ini termasuk besar.

Selain itu, para pengunjung tidak boleh asal melewati batas-batas pantai yang sudah ditentukan. Di pantai ini anda bisa menikmati sejuknya udara segar, matahari terik, dan panorama alam yang menakjubkan.

Di salah satu sudut pantai ini juga terdapat muara sungai yang mempertemukan air laut dengan air tawar. Di pinggiran pantai anda juga bisa melihat kapal-kapal nelayan yang menepi karena Pantai ini juga terkenal sebagai tempat untuk para nelayan berlayar dan mencari ikan.


Jangan pernah lupa untuk mencicipi masakan laut khas Pantai Baron. Karena di pantai ini banyak nelayan yang mencari ikan di laut maka terdapat tempat pelelangan ikan yang cukup besar.

Anda bisa menemukan berbagai macam jenis hewan laut seperti udang, lobster, ikan tongkol, ikan bawal, dan ikan kakap. Lakukanlah wisata kuliner di tempat ini maka anda bisa menikmati enaknya makan sea food di beberapa restoran atau rumah makan sekitaran objek wisata ini.

Di pantai ini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti wahana bermain anak dan perahu mesin. Jika anda ingin membawa oleh-oleh dari area wisata Pantai Baron maka ada toko-toko cenderamata di area wisata ini yang siap memanjakan anda yang mungkin ingin mencari oleh-oleh untuk teman-teman.

Obyek wisata pantai baron terkenal dengan keindahan pantainya yang sejuk dan asri. selain itu pantai ini juga diapit oleh dua bukit yang indah. Pasirnya yang berwarna coklat serta perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai menambah pesona keindahan pantai ini.

Namun yang menjadi ciri khas dan keunikan pantai ini dan wajib tidak boleh kamu lewatkan adalah Sungai di bawah tanah yang mengalir deras mengalir ke laut hingga membentuk sebuah sungai.

Jika kamu ingin menjelajahi pantai tersebut, disana juga telah menyediakan fasilitas sewa perahu bermesin. Bukan itu saja, Kamu juga bisa melihat dan mencicipi makanan dari olahan laut.

Kamu juga bisa membeli beberapa ikan ditempat pelelangan ikan. Ikan yang dilelang antara lain bawal putih, tongkol, udang, dan udang windu.

Di pantai Baron ini, kita bisa berjalan menyusuri pantai, menikmati kuliner seafood, dan yang paling penting adalah kita senantiasa mensyukuri kehidupan yang telah dititipkan Tuhan Yang Maha Esa pada kita.

(Liputan oleh : Veronica Juliani)

 

Tinggalkan Balasan