Halo sahabat puteriputeri.com, kenalkan saya Penius Kogoya, menceritakan tentang Keindahan Pintu Gerbang Gunung  Puncak Carstensz Pyramid,  Di Kabupaten Puncak, Papua.

Setiap kali saya kembali ke Tanah kelahiran saya di Kabupaten Puncak, Papua, saya selalu berujar dalam hati : “Oh Betapa Kekuasaan Tuhan, dan Misterinya akan Keindahan Alam Kabupaten Puncak Papua.”

Kabupaten Puncak, Papua lahir pada tahun 2008 hasil pemekaran dari kabupaten Puncak Jaya.

Daerah yang penduduk 97.6734 jiwa dan penduduk non asli 23.124 jiwa, Kabupaten Puncak  memiliki 8 distrik yakni Ilaga, Gome Sinak, Pogoma, Gandugme, Beoga Wambe dan Doufo.

Sekalipun Distrik Ilaga terpilih sebagai ibu kota kabupaten. Pendapatan yang asli daerah hanya mengandalkan pertanian seperti kopi, jeruk, ubi dan sayur-sayuran.

Daerah ini ber-ketinggian 2.789  M di atas  permukaan laut, sering disebut sebagai “Kota di atas Awan”,  karena saat pagi,  matahari belum terbit  sekitar jam 4:00 – biasanya awan menutupi kota Ilaga.

Nikmati indahnya alam yang alami, bagi yang suka traveling datang berkunjunglah ke  Kabupaten  Puncak, Papua.

Kabupaten Puncak, Papua satu-satunya jalan pintu gerbang ke gunung Puncak Carstensz Pyramid, yakni sektor pariswisata. jalur pesawat ke Kabupaten Puncak, Papua ada dua jalur yakni jalur Timika, dan Nabire, harga tiket pesawat Timika – Ilaga     Rp. 350  ribu,  tiket Nabire – Ilaga  Rp. 550 ribu.

Dalam perjalanan udara sambil nikmati keindahan alam papua diatas udara, dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Ilaga memakan waktu 30 menit tiba di bandara Ilaga, kalau dari Nabire 1 jam tiba di bandara Ilaga,

Pemerintah daerah sudah sediakan beberapa villa, honai rumah adat dengan fasilitas lengkap,  harganya tidak terlalu mahal satu hari menginap biayanya  Rp. 450, dan juga di villa ini sudah siap  beberapa guide tour lokal yang siap sedia untuk mendampingi wisatawan, untuk sama-sama mengantarkan para wisatawan  ke tempat wisata puncak Cartensz, perjalanan dari kota Ilaga ke gunung Puncak Carstensz Pyramid satu hari satu malam.

Billy Wonda, warga setempat menyatakan banyak yang belum tahu jalur pintu gerbang  ke Gunung Puncak Carstensz Pyramid,karena Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat  kurangnya  mengunakan media sosial,

Harapan ke depan pemerintah daerah harus optimis memperkenalkan jalur wisata Puncak Carstensz Pyramid, pada khalayak, di dalam dalam negeri maupun di  luar Internasional, untuk terus mempromosikan lewat event-event  sehingga banyak yang datang mengunjungi  Kabupaten Puncak, Papua.

Bagi yang suka traveling atau suka mendaki gunung, jangan segan untuk datang dan berkunjung di Kabupaten Puncak, Papua. “Happy Travelling ke Kabupaten Puncak, Papua.

(Liputan oleh : Penius Kogoya)

Tinggalkan Balasan