Halo sahabat puteriputeri.com, apa kabar ? Pesona wisata Jakarta Selatan tidak hanya wisata belanja di daerah Golden Triangle saja, tetapi Jakarta selatan juga memiliki wisata budaya Betawi yang terkenal, Setu Babakan yang ada di Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Sebelum berniat mengunjungi destinasi ini, saya mencari informasi sebanyak mungkin dari beberapa sumber tentang sejarah Betawi. Untuk informasi, Setu babakan merupakan daerah yang ditetapkan sebagai Desa pelestarian Suku betawi pada tahun 2004 setelah Kampung Condet di Jakarta Timur dirasa sudah tidak memungkinkan sebagai desa wisata betawi karena sudah terjadi perubahan-perubahan yang sangat pesat (banyak rumah betawi yang sudah modern).

Hingga pada akhirnya pada 21 April 2013 lalu, saya berkesempatan untuk menikmati pesona wisata yang memiliki 3 jenis wisata ini. Apa saja?

a. Wisata Budaya

Wisatawan / Turis akan disambut oleh gapura besar sebelum memasuki daerah wisata ini, Turis bisa melihat ornamen-ornamen dan bentuk rumah betawi yang khas di daerah ini. Selain itu, di dekat pintu masuk turis juga melihat galeri batik betawi yang khas.

Bagi saya, ketika memasuki gerbang masuk, saya merasakan aura mistis yang membuat saya semakin tertarik untuk semakin mencari hal-hal unik yang ada di tempat wisata ini.

Masyarakat sekitar yang ramah menjadi daya tarik tersendiri di lokasi wisata ini. Di area Setu, wisatawan dimanjakan oleh kuliner khas betawi dengan harga terjangkau dan panggung sederhana untuk menampilkan Budaya Betawi yang diselenggarakan setiap hari Sabtu – Minggu. Hiburan rakyat ini menurut sumber yang saya dapatkan, dimulai pada bulan maret – mendekati bulan Ramadhan.

Hiburan pun disajikan dengan sangat istimewa, seperti Lenong Betawi; Nasyid; Teater Modern; Gambang Kromong; Topeng Betawi; dan masih banyak lagi persembahan dari budayawan-budayawan betawi yang sangat menjaga erat budayanya.

Untuk anda yang tertarik mengunjugi tempat wisata ini, jadwal pagelaran / hiburan ini di mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB, dan Objek wisata ditutup pada hari senin. Jangan kaget jika mengunjungi wisata setu babakan, jika beruntung Anda juga akan menemui artis asli betawi yang turut tampil menghibur ratusan masyarakat dari berbagai daerah.
Wisata Edukasi sebenarnya juga bisa di sematkan bagi tempat wisata ini, karena sangat pas bagi anak-anak dan peneliti yang ingin tahu lebih banyak tentang budaya betawi.

b. Wisata Air

foto2

Menikmati wisata air di daerah Setu babakan bisa di nikmati dengan 2 (dua) cara; memancing & menaiki perahu Air. Jakarta Selatan dikenal sebagai daerah yang sejuk dan ramah lingkungan, apalagi di daerah Setu.

foto3

Wisatawan bisa menikmati suasana Setu / Danau yang indah dengan mencicipi kuliner betawi (Jakarta) seperti Bir pletok, Asinan Jakarta, Kerak telur, Gado-gado, dan beberapa kuliner yang ada di sana.

foto5

Sangat cocok untuk muda-mudi dan keluarga dihari libur. Selain kuliner, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh khas jakarta seperti miniatur ondel-ondel; Monas; Kaos bergambar Jakarta; dan sebagainya.

foto4

c. Wisata Agro

Berbeda dengan daerah lain yang memiliki wisata agro yang ada di lahan luas, wisata Agro Setu babakan ada di tiap rumah penduduk. Konon cerita, masyarakat betawi akan memberikan beberapa buah hasil panen kepada wisatawan sebagai bentuk penghormatan masyarakat betawi pada tamu, namun jika ingin membawa pulang, wisatawan harus membeli, tapi tidak sedikit masyarakat betawi yang memberikan Cuma-Cuma untuk dibawa pulang wisatawan.

(Liputan oleh : Diat Thoriq Priambodo)

Tinggalkan Balasan