Curug Kondang yang juga dikenal dengan Curug Ngumpet 2 terletak di kawasan Objek Wisata Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor.


Gunung Salak Endah ini masuk dalam wilayah TNGHS Taman Nasional Gunung Halimun – Salak (TNGHS) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Jawa bagian barat.

Kawasan konservasi dengan luas 113.357 hektare ini menjadi penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya.

Melingkup wilayah yang bergunung-gunung, dua puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m).

Keanekaragaman hayati yang dikandungnya termasuk yang paling tinggi, dengan keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain.

Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy.

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter ini memiliki keindahan alam yang cukup luar biasa. Dilengkapi dengan undakan batu yang membuat aliran aliran kecil dibawahnya menambah kesan keindahan curug ini.

Aliran air Curug ini juga sangat jernih berwarna kehijauan dan jauh dari sampah. Dijuluki Curug Ngumpet, Curug Kondang ini memang cukup tersembunyi dari pintu masuk Curug.

Kita perlu jalan sekitar 10 menit dari tempat parkir, melalui anak tangga dan disuguhi pemandangan alam yang indah dan suara gemuruh air serta terdapat sebuah saung kecil yang berada tepat menghadap kearah Curug membuat pengunjung dapat menikmati keindahan Curug tersebut dari Saung kecil ini.

Curug yang mempesona ini juga memiliki debit air yang cukup deras terlebih saat hujan turun. Maka ada pembatas berupa tali yang membatasi pengunjung, dan pengunjung hanya dapat berenang hingga batas yang di tentukan saja demi keselamatan.

Untuk menuju Curug ini dapat ditempuh melalui beberapa jalur yaitu Dramaga, Ciomas dan The Jungle Water Park. Ada 2 pintu masuk untuk menuju Kawasan Objek Wisata Gunung Salak Endah ini yaitu melalui Gerbang Gunung Bunder dan Gerbang Gunung Sari Pamijahan.

Kita juga dapat menikmati Keindahan hutan pinus yang luas jika masuk dari pintu Gunung Bunder yang juga dikenal dengan pintu gerbang TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).

Sedangkan jika masuk melalui Gunung Sari Pamijahan kita di suguhkan dengan hamparan persawahan yang hijau. Untuk biaya masuk Curug ini terbilang cukup terjangkau.

Di gerbang masuk utama kita akan dikenakan biaya sebesar Rp.25.000,- sedangkan masuk ke area curug akan dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,- dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.5.000,-.

Fasilitas di sekitar Curug juga terbilang lengkap, tak jauh dari Curug terdapat mushola dan kamar mandi. Terdapat warung kecil juga di dekat curug yang menjual makanan ringan serta minuman hangat untuk sekedar menghangatkan tubuh ditengah udara yang cukup dingin.

 

Di pinggir Curug juga terdapat Pos penjagaan yang dijaga oleh pengelola untuk mengingatkan pengunjung jika melanggar aturan dan untuk mengawasi jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Curug ini juga menjadi sala satu destinasi wisata di Jawa Barat karena keindahannya dan aliran air yang sagat jernih.

(Liputan oleh : Sharfina Putri Utami)

Tinggalkan Balasan