Kampanye Indonesia Santun adalah kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bertutur kata dan bersikap yang santun di dalam masyarakat Indonesia.

Kesantunan sendiri sebenarnya adalah jati diri Bangsa Indonesia yang mulai memudar oleh arus globalisasi dan budaya – budaya yang lebih baru. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya kampanye Indonesia Santun, masyarakat dapat kembali menyadari pentingnya budaya kesantunan dalam kehidupan sehari – hari dan dapat mempraktikannya.

cymera_20161216_161023
Faika Putri Miss Citizen Journalist Indonesia

Banyak di antara kita yang keluar dari rumah tanpa berpamitan, tidak berterima kasih setelah turun dari kendaraan umum, atau sering mengeluarkan kata – kata kasar. Mungkin terlihat sepele dan sederhana, tetapi sebenarnya adalah hal yang sangat penting. Perubahan tidak dapat dilakukan dalam sehari, tetapi membutuhkan proses yang panjang, maka dari itu setiap minggunya kampanye Indonesia Santun memberikan satu contoh sikap santun yang dapat ditiru.

Menggunakan Media Sosial

Di dunia digital ini, semua orang hidup dengan gadget dan sangat dekat dengan media sosial. Kampanye Indonesia Santun ingin masuk ke dalam keseharian masyarakat melalui media sosial. Indonesia Santun menggunakan media Instagram, Facebook Page, Twitter, Line Official, dan Youtube sebagai media penghubung dengan masyarakat.

Kampanye ini berusaha agar dapat menyebarkan kesadaran untuk bersikap dan bertutur kata yang santun lebih luas lagi. Pendekatan yang dilakukan pun merupakan hal yang mudah dan dapat sering dilakukan sehari – hari. Mulai dari mendukung kampanye Indonesia Santun dengan cara mengunggah foto dukungan dan menantang lima teman lainnya untuk melakukan hal yang sama. Dapat juga dilakukan dengan mengunggah video blog (vlog) berdurasi 1-3 menit dimana dapat dilihat reaksi orang lain ketika kita menjadi santun. Kampanye Indonesia Santun juga setiap minggunya memberikan sebuah contoh sikap yang mudah di praktikan untuk menjadi pribadi yang lebih santun lagi. insta-image-63Dukungan Dari Banyak Pihak

Kampanye ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat, kampanye Indonesia Santun selalu terbuka untuk dukungan masyarakat. Bahkan beberapa artis tanah air turut mendukung kampanye ini, mulai dari penyanyi Afgan, Runner-Up Asia’s Next Top Model Cycle 4 dan presenter Patricia Gouw, Miss Citizen Journalist Indonesia Faika Putri, sampai dengan Puteri Indonesia 2013, Whulandary Herman turut mendukung kampanye ini. Mendukung Kampanye Indonesia Santun dapat diartikan jika kita berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan ingin mempertahankan jati diri Bangsa Indonesia sebagai pribadi yang santun. insta-image-52insta-image-101insta-image-59Manfaat Kedepannya

 Menjadi pribadi yang santun akan memberikan manfaat kepada kehidupan sehari – hari. Sikap dan tutur kata yang santun menjadi kesan pertama yang dinilai orang lain saat bertemu dengan kita. Tentunya, sebagai seorang perempuan, kita selalu ingin meninggalkan kesan yang positif kepada orang lain, selain dari penampilan kita, sikap dan tutur kata kita juga berpengaruh terhadap kesan pertama kita bagi orang lain.

Sebagai wanita modern, kita tidak boleh tertinggal oleh perkembangan budaya yang sangat pesat. Tetapi, sebagai wanita Indonesia yang baik, bertutur kata dan bersikap yang santun adalah hal yang penting. Tentunya dapat dimulai dari hal sederhana seperti, meminta maaf, meminta tolong, mengucapkan terima kasih, berpamitan saat akan pergi dari rumah, dan lain sebagainya. Hal yang sepele untuk kita, dapat berarti banyak hal untuk orang lain.

Dengan menjadi pribadi yang santun, berarti kita membawa diri kita sendiri dengan kepribadian yang lebih baik. Pribadi yang santun akan lebih menghargai dan menghormati orang lain, dan hal itu tidak dimiliki oleh setiap orang. Menjadi pribadi yang santun bukanlah hal yang sulit, semua orang dapat melakukannya tanpa perlu memiliki bakat tertentu dan tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Maka dari itu, kapan kamu akan mulai menjadi pribadi yang santun ?.(Olivia Chintya Salim)

Tinggalkan Balasan