Hai para pembaca puteriputeri.com, perkenalkan diriku, Kayla Putri Maharani (16)  siswa SMKN 1 Kodya Bogor jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Kini aku meliput wisata Ke Provinsi Lampung selama 3 hari. Apa bisa ya kita dengan waktu 3 hari saja berhasil mencapai destinasi yang sangat scenic di Provinsi Lampung ?

Jawabnya, inillah pengalamanku dan keluarga yang melakukan wisata ke lampung, dengan prinsip my trip ya.. my adventure-lah.

Hari ke 1 (Day One)
Pembaca puteriputeri.com semua, memang tidak mudah kita menuliskan pengalaman perjalanan wisata kita, karena apa ? Alasan utama bisa jadi karena kita enggan menuliskannya, malas mungkin. Tapi tidak bagiku, aku sudah pernah menulis  di web puteriputeri.com juga karena terinspirasi oleh semangat inspirasi wanita di media puteriputeri.com.

Maka perempuan muda seperti kita tak boleh malas menulis dan memotret untuk media kesayangan kita bersama ini.

Hari pertama saya dan keluarga berangkat menuju Provinsi Lampung dari Kota Bogor, Jawa Barat dengan menggunakan angkutan umum Bus yang biasa melayani trayek Baranangsiang-Merak. Karena Ayah Ibuku juga seorang back packer semenjak kuliah dulu, sampai kini aku sudah gede, maka aku dan kakakku diajarkan cara wisata yang murah meriah dengan memanfaatkan angkutan umum saja.

Suasana masih Dini hari, Dari Bogor kami naik bus berangkat menuju ke Pelabuhan Merak di Provinsi Banten. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam.

Sesampai di pelabuhan Merak kami pun segera naik kapal Ferry dengan rute Merak-Bakaheuni.

Sesampai di pelabuhan Bakaheuni di Kota kecamatan Bakaheuni, Lampung Selatan, kami berganti moda transportasi angkutan umum mini bus menuju ke Kota Kalianda, Lampung Selatan.

Hari pertama ini kami padatkan dengan perjalanan. Sesampai di Kalianda sebuah kota kecil di pinggir pantai yang indah, kami segera menuju ke sebuah penginapan yang berada di pinggir laut.

Hari ke 2 (day two)

lampung-6

Hari kedua, kami pun tak membuang waktu segera menuju ke lokasi wisata yang sangat scenic dan terkenal di dunia yakni Taman Nasional Way Kambas. Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat pusat perlindungan, konservasi dan penangkaran sekaligus area pelatihan bagi Gajah liar asli Lampung yang kemudian beberapa diantaranya dilatih serta dijinakkan dalam lokasi Taman Nasional Way Kambas.

lampung-3
Perjalanan dari Kota Kalianda ke Way Kambas kami tempuh selama kurang lebih 3,5 jam karena jalan yang cukup rusak dan berlubang. Di Taman Nasional Way Kambas para wisatawan dapat melihat beragam atraksi yang ditunjukkan oleh Gajah asli Lampung, naik Gajah mengitari Taman Nasional dan juga dapat menyaksikan pertandingan ’Sepak Bola Gajah’ Way Kambas yang terkenal itu.

lampung-5
Seharian penuh kami di lokasi Way Kambas dan jam 15 :00 kami bergegas balik menuju ke penginapan di Kalianda Lampung. Kami memilih menginap di Kota Kalianda karena kota yang terletak di teluk pantai ini indah sekali, ada pantai Bom yang epic dengan pemandangan anak Gunung Rakata di kejauhan. Jadi meski wisata murah meriah ala back packer, namun view harus tetap dipertimbangkan dong.

Malam harinya kami berkeliling kota kecil Kalianda yang masih asri dan tidak begitu ramai sambil menyusuri jalan di pinggir Pantai.

Hari ke 3 (day three)

lampung-8
Hari ke-tiga pagi-pagi sekali kami mengunjungi Museum Lampung di Kota Bandar Lampung. Di Museum ini terdapat banyak artefak dan peninggalan sejarah Lampung.

lampung-museum

Dalam berwisata kami sekeluarga berprinsip harus dapat tambahan ilmu, baik itu pengetahuan budaya atau sejarah tempat wisata yang kita kunjungi.

Selanjutnya kami bersiap untuk balik lagi ke pelabuhan Bakahueni untuk menyeberang kembali ke Merak mengakhiri trip 3 hari di Provinsi Lampung.

Namun dalam perjalan pulang kami masih sempatkan singgah ke Menara Siger di Lampung Selatan, sebuah tempat ikonik di mana berdiri dengan megahnya Menara Siger yang terkenal itu.

lampung-9

Dari Puncak Menara Siger ini kita bisa melihat laut biru di Selat Sumatera yang menghubungkan dan mempersatukan keindahan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Setelah naik kapal feri kembali ke Merak dari Pelabuhan Bakaheuni, kamipun menyambung dengan bus umum kembali ke kota Bogor. Begitulah 3 hari menjalani scenic route, serta my trip ya my adventure-lah. Yang berhasil kami jalani dengan pengalaman dan tambahan pengetahuan baru. Salam wisata khas puteriputeri.com.

(Foto dan Liputan oleh : Kayla Putri Maharani)