Siapa yang tidak kenal Jl. Surabaya di daerah Jakarta Pusat, yang kondang sebagai pusat barang antik.

Di sepanjang jalan ini banyak lapak yang menyajikan barang-barang antik, dan barang lama yang berasal dari pulau-pulau di Indonesia ataupun mancanegara.

jl-surabaya-5

Di area Jalan Surabaya DKI Jakarta ini  banyak sekali menjual barang-barang antik, seperti dari Indonesia, di antaranya yaitu : Wayang Kulit, Wayang Golek masih banyak sekali.

Sedangkan dari mancanegara yaitu Gramofon (pemutar music piringan hitam), kamera Watson and Sons (kamera kuno) dan banyak lagi.

Toko-toko di Jalan Surabaya, DKI Jakarta ini memulai aktvitasnya mulai pukul 07.00 WIB pagi sampai tutup serentak pada pukul 17.30 WIB, dan disana banyak sekali kolektor yang memburu barang-barang kuno di kawasan ini.

Tidak hanya orang-orang dalam negeri ada juga warga Negara asing yang sering berkunjung ke kawasan ini.

Untuk kisaran harga cukup mahal dari kisaran 500 ribu sampai puluhan juta.

Contoh barang dalam negeri :

1. Setrikaan Bara.

jl-surabaya-6

 

Setrikaan Bara  ini berasal dari kata belanda strijkijzer artinya menghilangkan kerutan di pakaian.

Konsep setrika berasal dari cina satu abad sebelum masehi yang memakai wajan besi dengan pegangan panjang yang berisi batu bara atau arang bakar.

2. Wayang Golek

jl-surabaya-8
Wayang Golek suatu seni tradisional yang berasal dari tanah Pasundan yang terbuat dari boneka kayu, seperti yang ada di layar kaca tepatnya stasiun dalam negeri TVRI. SI CEPOT.

 

jl-surabaya-7

Uniknya Wayang Golek ini semuanya hand made alias dibuat pakai tangan langsung oleh pengrajinnya, hal inilah yang menarik minat para pembeli dari mancanegara.

3. Wayang Kulit

jl-surabaya-1

Kesenian Wayang Kulit yang berasal dari Jawa dimana wayang yang artinya bayangan, yang dimainkan oleh dalang dan juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang.seperti dalang KI MANTEB SOEDHARSONO.
Ternyata tidak perlu kita keluar pulau untuk mencari barang-barang antik, cukup datang ke jl Surabaya semua barang-barang antik dari Indonesia sampai mancanegara ada di sana.

Menurut saya barang antik dari Indonesia sangatlah bagus.dan ada beberapa lagi barang antik seperti kamera antik dan pemutar musik yang dari mancanegara ini saya ambil beberapa gambarnya.

4. Kamera Watson and Sons

jl-surabaya-9
Kamera Watson and Sons adalah kamera yang di buat disekitar tahun 1988 dan di produksi oleh W.Watson and Sons.

5. Gramofon

jl-surabaya-10

Gramofon atau Gramophone dibuat di tahun 1887 oleh Emile Berliner dari Jerman mengembangkan alat pemutar musik yaitu gramofon yang tidak menggunakan tabung slinder tetapi menggunakan piringan hitam.

Dengan keterbatasan alat yang saya pakai, saya hanya mengambil beberapa sample gambar.

Jadi apabila teman atau sekerabat pecinta barang antik cukup datang ke Jl Surabaya, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya berdekatan stasiun Cikini.

Di sini banyak sekali barang yang recommended untuk dibeli dan dikoleksi untuk pajangan di rumah anda.

Salam  Cinta Indonesia.

(Liputan oleh :  Muhammad Fikriansyah)

Tinggalkan Balasan