Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa, 45 mil laut dari Kabupaten Jepara dan 60 Nautical mil dari Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah.

Pemandangan pantai yang benar-benar ‘nyiur melambai’ akan menaymbut kita di tempat wisata yang sangat ‘scenic’ ini.

Karimunjawa dikenal dengan wisata bawah air dengan menyaksikan terumbu karang yang menakjubkan, juga terkenal dengan pantai berpasir putih.

Kalau kita sering melihat di film, pemandangan tentang surga pantai, ya memang begitulah adanya, bentangan pasir putih dan nyir melambai akan membuat waktu seakan ‘terhenti’ sejenak, untuk menikmati pemandangan yang damai ini.

Untuk menyelam dengan kedalaman bawah berkisar antara 15 sampai 40 meter.

Kepulauan Karimunjawa  terdiri dari 27 pulau yang tersebar di sepanjang Laut Jawa.

Lima diantaranya, yaitu :Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting, adalah pulau yang berpenghuni.

Luas totak Kepulauan Karimun Jawa adalah 111.625 hektare, terdiri dari 7.033 hektar tanah dan 104.592 hektare air.

Sebagian besar pulau-pulau di Kep Karimunjawa sangat indah, berpasir putih, di mana pengunjung dapat menikmati diving, memancing dan berjemur.

Beberapa pulau yang terbentuk oleh terumbu karang dengan lapisan pasir halus berwarna putih.

Pantai ini kebanyakan ditumbuhi bakau dan tanaman laut lainnya. Ekosistem, terdiri dari lima jenis: terumbu karang, rumput laut dan rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah.

Karimunjawa jelas menawarkan obyek wisata bahari dan petualangan alam. Karena kehidupan laut yang unik dan alami, pulau-pulau ini dilestarikan dan dinyatakan sebagai Taman Laut Nasional.

Obyek wisata paling menarik di pulau-pulau ini adalah wilayah laut, lepas pantai karena ada lebih dari 30 lokasi penyelaman di  Laut Taman Nasional Karimunjawa.

Ada tempat menyelam dangkal dengan arus lemah atau bahkan tanpa arus untuk pemula, serta arus yang kuat bagi para penyelam lebih maju cocok untuk semua tingkat penyelam, dari pemula sampai yang berpengalaman. penyelam yang tertarik juga dapat menjelajahi beberapa bangkai kapal dari kapal pedagang tua yang karam di berbagai kedalaman.

Kepulauan ini adalah tempat yang baik untuk snorkeling, dikelilingi oleh terumbu karang yang indah seperti pulau-pulau lain di Karimun Jawa.

Air di sekitar pulau  ini begitu bersih dan karang terlihat jelas dari permukaan.

Pengunjung dapat melakukan snorkeling, dan mendapat pengalaman yang mengagumkan di sekitar pulau,  dan mengikuti arus sekitar untuk melihat berlimpahnya terumbu karang yang berwarna-warni, ikan karang dan spesies bawah laut lainnya hidup di sini.

 

 

Air dangkal dan jernih di sekitar pulau-pulau memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan kehidupan di bawah  dari permukaan menggunakan kaca pada perahu.

Atau pengunjung mungkin hanya menghabiskan waktu dengan melakukan olahraga air lainnya seperti memancing, berlayar, selancar angin, ski air, dan jet ski di sekitar pulau.

Berenang bersama Hiu

Kegiatan lain yang menarik di sini adalah memberi makan dan bermain dengan ujung hiu putih di kolam konservasi di Pulau Menjangan Kecil, ada sebuah situs penangkaran hiu mana 0,5-2 meter hiu muda berenang dengan bebas.

Hiu Putih, Karimunjawa

Situs penangkaran lain adalah dalam area penangkaran hiu putih. Sementara di pantai berpasir putih Menjangan Besar Pulau dan Cemara Kecil pengunjung dapat menemukan lokasi yang sempurna untuk berjemur sinar matahari pantai. Dijamin kulit anda akan ‘tan’ sempurna.

Waktu terbaik untuk Berwisata

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau-pulau adalah dari bulan April sampai November. Hal ini juga dapat dikunjungi dari Desember sampai Maret, namun karena musim hujan, pengunjung dapat mengalami angin kuat dan gelombang besar.

Waktu yang paling nyaman untuk mengunjungi Karimunjawa adalah dari bulan April sampai Juli dan September ke November karena air yang tenang dan angin.

Bagaimana menuju ke sana

Dari Jakarta, Karimunjawa dapat dicapai dengan penerbangan domestik  ke Semarang. Dan kemudian dari Semarang ada dua pilihan untuk mencapai Karimunjawa; menggunakan pesawat atau speed boat.  Sekitar 3 jam berlayar dari Semarang ke Karimunjawa dengan kapal cepat.

Kapal Ferry cepat menuju Karimunjawa

Bila berangkat dari Jepara, perlu 5 – 6 jam untuk mencapai Karimunjawa dari Jepara , sedangkan transportasi antara pulau di Kepulauan Karimunjawa dilayani oleh kapal lokal nelayan, yang dapat disewa kapan saja.

Selamat berwisata di Karimunjawa!
(imung)

Tinggalkan Balasan