Puteriputeri – Jakarta, Jakarta Fashion Week  (JFW) 2017 resmi dibuka di Senayan City, Jakarta, Sabtu (22/10/2016). Selama sepekan, 22-28 Oktober 2016, ratusan desainer, baik busana berlabel kebanggaan Indonesia maupun Internasional, siap menampilkan karya terbaik mereka dalam pesta perayaan mode yang menjadi arahan mode tahun depan, serta mendaptkan sorotan public dunia ini.
 
“Menginjak penyelenggaraan di tahun kesembilan, Jakarta Fashion Week 2017 memberi warna yang semakin kuat dalam laju pesat industri mode Indonesia. Serangakaian program yang digelar sejak awal tahun, seperti workshop, seminar, Buyer’s Room, Factory Visit, serta sejumlah prestasi yang diukir melalui partisipasi para desainer di berbagai pentas Internasional, dilanjutkan dengan perayaan pesta mode akbar. Lebih dari 30.000 fashionist diperkirakan akan menghadiri perhelatan akbar ini setiap hari. Mereka siap menyaksikan lebih dari 70 show yang menampilkan tak kurang dari 3.000 outfit, terdiri dari ready-to-wear, modest wear, haute couture, aksesori dan lain-lain, yang dikenakan oleh lebih dari 230 model, hasil karya 250 desainer, label local dan Internasional dari 6 negara, yaitu Jepang, Thailand, Korea Selatan, India, Inggris dan Australia,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum Jakarta Fashion Week, sekaligus CEO Feminagroup.
24-img09257-20161022-1708
 
Selama sepekan, Jakarta Fashion Week 2017 siap menampilkan fashion show kolaborasi dengan para mitra, berbagai organisasi dan pusat kebudayaan Internasional, seperti British Council, Council of Fashion Desaigners of Korea, Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center, Amazon Tokyo Fashion Week – Japan Fashion Week Organization, Departement of International Trade Promotion Thailand, Australia-Indonesia Centre, Virgin Australia Melbourne Fashion Festival, serta sejumlah kedutaan besar asing di Indonesia, yaitu Kedutaan Besar di Australia, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan Besar India, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Korea Selatan, dan Kedutaan Besar Thailand. Fashion show kolaborasi tersebut menghadirkan nama-nama besar di dunia fashion, antara lain Lie Sang Bong dari Korea Selatan, Suzuki Takayuki dari Jepang, Eka dan Amrich dari India, Richard Malone dari Inggris.
 12-img09242-20161022-1700
Meski pesta mode tahun ini diwarnai kehadiran para desainer mancanegara, Jakarta Fashion Week 2017 diawali dengan koleksi para desainer Indonesia Fashion Forward dari berbagai generasi, seperti Lotuz, Peggy Hartanto, Yosafat Dwi Kurniawan, Tex Saverio, Paulina Katarina, Bateeq, Jii by Gloria Agatha, Milcah, Major Minor, Sean & Sheila, ByVelvet, Friederich, LEKAT.
 
Sejumlah desainer yang telah ditempa pengalaman dan prestasi dalam industri fashion Indonesia juga memastikan siap menampilkan koleksi terkini, antara lain Anne Avantie, Itang Yunaz, Musa Widyatmodjo, Didi Budiardjo. Sementara itu para pecinta modest wear akan menjumpai arahan tren fashion tahun depan dari Etu by Restu Anggraini, Norma Hauri, Dian Pelangi, Jenahara, Ria Miranda, Rani Hatta, dan masih banyak lagi.
 
Kebangkitan kreativitas para desainer muda juga akan terlihat di runway Jakarta Fashion Week 2017, karena sejumlah sekolah mode sudah memastikan akan menampilkan karya anak didik mereka, seperti Abineri Ang Atelier et Createur de Mode, Binur Northumbria School of Design, LaSalle College Jakarta, Istituto Di Moda Burgo, dan Esmod Jakarta.
 
Tahun ini, Jakarta Fashion Week kembali mendapatkan dukungan penuh dari Senayan City. Veri Y. Setiady, CEO Senayan City, menyatakan, “Sebagai the most stylish shopping destination, Senayan City secara konsisten  memberikan tempat untuk mempertunjukkan koleksi designer ternama maupun bakat-bakat baru di industri fashion Indonesia. Oleh karena itu, merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk ke-4 kalinya dapat menjadi tuan rumah bagi perhelatan fashion akbar tahunan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2017. Jakarta Fashion Week 2017 hadir sebagai bagian dari rangkaian perayaan Senayan City Iconic 10 Years, di mana Senayan City akan menghadirkan 2 Iconic collaboration dengan konsep runway show yang berbeda, yaitu “Hype Street Fashion” pada tanggal 25 Oktober 2016, yang menghadirkan Indonesian high street fashion label, ANYE by Agnez Mo, Apparel After Dark, HAY United dan Monstore di Fashion Atrium lantai 1. Iconic collaboration lain hadir melalui koleksi Sejauh Mata Memandang by Chitra Subiyakto, Mel Ahyar FIRST, Happa dan Happa XY pada gelaran runway show yang bertajuk “GAIA Hypothesia” pada 27 Oktober 2016 mendatang di Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2017. Kami berharap, semoga melalui gelaran ini, akan semakin membuktikan majunya industri fashion Indonesia, serta membawanya memasuki industri fashion dunia.”
35-img09268-20161022-1713
Tak hanya itu, bertempat di Fashionlink, di The Hall, lantai 8 Senayan City, Jakarta Fashion Week juga akan menjadi tuan rumah berbagai talk show special dari partner-partner, seperti British Council, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan Besar India, dan Kedutaan Besar Swedia yang mengusung tema sustainable fashion, serta Australia-Indonesia Center dan Kedutaan Besar Australia yang akan memperkenalkan tren fashion pria, maupun Australia Trade Commission (Austrade) yang menggelar workshop seputar  wanita dalam bisnis fashion.
 
Berbagai label fashion pun dapat melaksanakan transaksi penjualan bisnis dalam jumlah besar (B2B) dengan buyer local dan international, sekaligus transaksi ritel (B2C), di area fashionlink. Fashionlink dibuka secara resmi pada Senin 24 Oktober 2016, dan akan berlangsung selama 5 hari hingga penutupan Jakarta Fashion Week 2017, Jumat, 28 Oktober 2016.
 
Sejak awal, Jakarta Fashion Week 2017 didukung oleh sejumlah lembaga pemerintahan, yaitu Kementerian Perdagangan Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, serta mitra bisnis yang visionir yaitu, Wardah, L’Oreal Professionnel, CIMB Niaga, Matahari Department Store, UBS Pusat Emas Model Baru, Dulux, Giv, Softener Soklin, Systema, Top Coffe, Make Over, Epson, Blibli.com, Batik Air, Rumah Luwih, Aqua Reflections, Fashion Valet, Carlo Rino, Bakmi Mewah, Oakwood, Century Park, Acer, Rumah Sakit Mitra Keluarga, 8 Suara Bersaudara, dan CNB.
 
 “Keterlibatan Wardah pada Jakarta Fashion Week 2017 bertujuan memberikan inspirasi dan tren dari dua kolaborasi industri, yaitu industri mode dan industri kosmetik. Ini merupakan wujud nyata kontribusi kami bagi para pengembangan ekonomi kreatif tanah air, bagaimana Jakarta Fashion Week 2017 memberikan ruang bagi para pelaku industri mode mempertunjukkan kreasi dan karya-karya mode spektakuler mereka, dan kami bersama puluhan make-up artis hadir dengan dukungan penuh di belakang panggung untuk menyajikan konsep riasan wajah. Tentunya ini menjadi satu kesatuan pertunjukan yang sempurna. Wardah ingin, ke depannya, kolaborasi-kolaborasi lintas industri kreatif dapat terjalin sehingga hal ini dapat membantu pergerakan perekonomian Indonesia,” jelas Salman Subakat, Marketing Director Wardah, yang merupakan official make-up Jakarta Fashion Week 2017.
 
Sementara Michael Justisoesetya, General Manager Professional Product Division L’Oreal mengungkapkan, “L’Oreal Professional merupakan brand hairdressing terbesar dengan DNA fashion yang kuat melalui berbagai kegiatannya berlandasan tiga pilar utamanya, yaitu edukasi, inovasi dan inspirasi. Menjadi bagian penting dari Jakarta Fashion Week 2017 merupakan bentuk kontribusi nyata L’Oreal Professional, tidak hanya kepada industri hairdressing, tetapi juga terhadap induatri mode tanah air. Hingga tahun kelima ini, kami telah genap menurunkan 290 hairdresser untuk menciptakan 8.088 total look pada 367 fashion show. Hal ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena disamping melengkapi kegiatan brand ini di seluruh dunia, yang telah menjadi official backstage hairstylist partner untuk lebih dari 800 show per tahun, Jakarta Fashion Week menjadi satu-satunya pekan mode di mana L’Oreal Professional menjadi brand hairdressing ekslusif sepanjang pecan mode berlangsung.”
 
Tigor M. Siahaan, Presiden Directur PT Bank CIMB Niaga Tbk, (CIMB Niaga), yang menjadi official bank partner Jakarta Fashion Week tahun ini mengatakan, “Sebagai perusahaan yang memiliki perjalanan panjang dan pengalaman lebih dari enam dasawarsa mengembangkan bisnis perbankan untuk mengabdi pada negeri, kami mendukung upaya-upaya yang dilakukan bagi kemajuan kebudayaan dan pengembangan industri kreatif Indonesia. Menyadari fashion kini tidak sekedar gaya hidup, tetapi juga menjadi bagian dari kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, CIMB Niaga sangat antusias menjadi bagian dalam Jakarta Fashion Week 2017 ini. Berbagai program menarik serta kemudahan bertransaksi kami tawarkan selama berlangsungnya acara ini. CIMB Niaga juga akan membantu pengembangan usaha para desainer nasional maupun masyarakat pecinta fashion, melalui layanan dan produk perbankan komprehensif yang dimiliki. Usai pekan fashion berlangsung, kami pun akan memberikan literasi keuangan kepada para pelaku industri fashion untuk mendukung pengembangan usaha mereka. Kami berharap dukungan perbankan terhadap industri kreatif mampu memaksimalkan potensi industri ini sebagai penggerak perekonomian nasional.” (Puteriputeri – Lrd Viga-801/Riri).

Tinggalkan Balasan