Selain Empek-empek ada juga teman kuliner enak lainnya yang khas dari kota Palembang yaitu tekwan. Simak juga cara buatnya !

Kuliner segar ini adalah salah satu hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah udang dengan rasa yang khas.

Biasanya pelengkap tekwan adalah sohun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan”, yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman.


Secara kasat mata jika dilihat, makanan tekwan hampir mirip dengan bakso bening, namun setelah dicoba tentunya rasanya sangat berbeda.

Rasa kuliner ini sangat segar dan Aroma rempah yang ada dikuah dan rasa ikan tengirinya sangat menggugah selera.

Biasanya yang suka rasa pedas, pasti menambah sambelnya cukup banyak dan itu membuat tekwan semakin enak buat para pecinta hot. Biasanya tekwan dijadikan sebagai jajanan bukan sebagai makanan pokok.

Kalian tentunya tergodakan untuk merasakan salah satu makanan khas dari Palembang ini,untuk kalian yang merasakannya, kalian bisa membuat tekwan sendiri dirumah sesuai dengan selera kalian.

Adapun resepnya sebagai berikut:
Bahan  :
 5 butir kemiri
 8 siung bawang merah
 4 siung bawang putih
 bengkuang secukupnya (dipotong sedang, memanjang kaya kentang goreng)
 jamur kuping (direndam terlebih dahulu dg air panas)
 bumbu sedap malam
 kaldu udang
 bakso ikan tenggiri
 bihun (atau soun)

Bumbu  :
 lada putih, garam, dan gula secukupnya
 Bahan Bakso Ikan (Tekwan) :
 250 g fillet ikan tenggiri, haluskan
 2 putih telur ayam
 1 sdm garam
 200 g tepung sagu, ayak

Cara Membuat  :
Bakso Ikan : Campur ikan, putih telur, dan garam, uleni hingga licin. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis. Didihkan air. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan dengan bantuan dua buah sendok teh. Masak hingga adonan matang dan terapung. Angkat. Tiriskan.

Tekwan Bakso : kemiri + bawang putih + bawang merah dicincang halus, atau di blender, lalu di tumis sampe wangi. Tumisan tadi dimasukkan ke dalam rebusan kaldu, masukkan juga: sedap malam, jamur kuping yg sdh direndam, lada putih, gula pasir secukupnya (pengganti penyedap), garam, bakso ikan
Itulah artikel mengenai makanan khas dari kota Palembang ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba resepnya di rumah.
(Article by Ayuning Humaira Putri)

Tinggalkan Balasan