Disini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman tim liputan kami yakni :Antik Febrianti Umar, Dewa Ayu Monika Dewi, Wiji Yanti saat kami bertiga mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.  Jumat lalu (28/10/16).

Bagi masyarakat yang tinggal sekitar Jakarta siapa yang tidak mengenal tempat wisata satu ini. Arena wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat tiap tahunnya karena menyajikan banyak wahana yang diminati bagi semua kalangan. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi apabila ingin menikmati hari libur ataupun sedang liburan sekolah.
TMII yang letaknya di Jakarta Timur ini dapat di kunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi (motor atau mobil) dan transportasi umum seperti TransJakarta, Kereta KRL, Bus Patas, Metromini, maupun Mikrolet.

istana-anak-indonesia2istana-anak-indonesia1

Sesampainya di TMII, kami membayar karcis masuk sebesar Rp 10.000/orang ini sangat terjangkau untuk kami para mahasiswi.

Kami menelusuri Taman Mini dengan berjalan kaki karena, kami datang pada saat jam istirahat dan ibadaah sehinga kendaraan wisata yang ada disana hanya sedikit. Selama menelusuri jalan di Taman Mini, kita melihat banyak anjungan dan museum di sepanjang jalan yang kita lewati.

istana-anak-indonesia4

Selain itu kami juga melewati tempat-tempat ibadah semua agama di Indonesia, dan akhirnya kami pun memilih untuk mengunjungi Istana Anak yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat parkir.

istana-anak-indonesia5

Istana Anak TMII adalah salah satu obyek wisata yang sayang kita lewati saat mengunjungi TMII.

istna-anak-indonesia-10

Istana Anak ini bagaikan istana di negeri dongeng yang membuat kita seolah-olah menjadi salah satu bagian dari negeri dongeng tersebut. Untuk memasuki Istana Anak ini kita membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

istana-anak-indonesia6

Istana ini berdiri kokoh dan tinggi yang membuat kita terkagum-kagum akan kemegahan istana ini. Prasasti peresmian gedung ini di tanda tangani oleh Presiden Soeharto tanggal 20 April 1986.

Di dalam ruang ini disajikan pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional dan beberapa boneka anak yang melagenda.

 

20161028_125027

Di Istana Anak ini dilengkapi sarana belajar, antara lain : Alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi, alat musik diantonik dan pentatonik, medan permainan sehat dan mendidik, dan alat peraga lain yang menumbuhkan keinginan untuk tahu lebih banyak.

istana-anak-indonesia10

Untuk permainan dan rekreasi disediakan telpon cerita, gua sigura-gura, kincir, giring ombak, roda tamasya, dan kereta api kelinci, sedang dihalaman belakang terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. Dipamerkan pula kerajinan hasil kreatifitas anak-anak Indonesia, seperti lukisan dan foto-foto kegiatan anak-anak.

Di dalam istana anak-anak dapat bebas bermain secara sendiri-sendiri atau dalam rombongan yang dipimpin oleh pengasuh dari sekolah atau kelompok bermain.

Karena cuaca tidak mendukung karena agak segera hujan, kami memilih untuk bergegas meninggalkan Istana Anak-Anak. Di sepanjang jalan menuju tempat parkir, akhirnya kami menemukan kereta wisata yang disediakan oleh pihak TMII. Dengan kereta wisata ini kami dapat dengan cepat sampai di tempat parkir.

Dengan kereta wisata ini kami dapat melihat bagian kecil dari danau yang ada di TMII. Sesampainya di parkiran TMII kami mampir di tempat oleh-oleh pakaian. Disana kami membeli baju kaos bertemakan TMII.

Harganya pun tidak terlalu mahal dengan banyak pilihan warna. Karena hujaan sudah turun, kami bergegas ingin pulang. Namun, sayangnya hujan semakin deras sehingga kami pun memilih berteduh di kios yang berada di parkiran TMII dan persis disebelah wisata Keong Mas. Selagi kami menunggu hujan mereda, kami membeli sebuah pop mie untuk menghilangkan rasa lapar dan suasana yang dingin saat itu.

istana-anak-indonesia11

Setelah cukup lama kami berteduh dan hujan sudah cukup reda, kami pun memilih untuk bergegas pulang. Namun sayangnya, sampai di depan pintu keluar hujan turun dengan derasnya sehingga kami basah kuyup. Walaupun saat kami mengunjungi TMII cuaca tidak mendukung, kami harap kalian semua dapat mengunjungi TMII saat cuacanya mendukung sehingga dapat menjelajahi bagian-bagian TMII yang indah dan luas. Kami pun berharap dapat mengnjungi TMII lagi dan dapat mengelilingi TMII. Sekian cerita perjalanan kami ke Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah.

(Liputan dan Video oleh : Antik Febrianti Umar, Dewa Ayu Monika Dewi, Wiji Yanti)

Lihat Video di sini :

Tinggalkan Balasan