Islamic Otaku Community, adalah Komunitas Penggemar Anime Jepang, namun tetap kuat dalam  beragama. Komunitas ini dibentuk untuk menampung hobby dan aspirasi para remaja muslim dan muslimah penggemar Anime Jepang.


Seiring perkembangan zaman era grobalisasi hingga saat ini yang mulai memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang membuat perubahan-perubahan gaya hidup hingga budaya yang terjadi di tengah remaja Indonesia yang sangat signifikan.

Hal yang sangat menonjol terlihat ada gelombang budaya Jepang dan Korea yang sedang booming di kalangan remaja IndonesiaNegara Korea yang terkenal dengan K-Pop dan dramanya disisi lain Jepang dengan Anime (kartun Jepang) dan Manga (komik).

Dua kebudayaan ini sangat mempengaruhi remaja Indonesia tak terkecuali yang muslim. Dan dapat kita ketahui bahwa perkembangan budaya luar dan gaya hidup sama sekali tidak bertentangan dengan agama selama masih ada sisi positif dan manfaat yang bisa di ambil darinya.

ioc-1
Islamic Otaku Community yang didirikan pada April 2014 ini adalah wadah bagi para penggemar kebudayaan Jepang tanpa meninggalkan syariat islam di dalamnya. Islamic Otaku Community atau disingkat IOC ini hadir di tengah-tengah kebimbangan remaja muslim yang baik atau menjadi otaku (sebutan bagi penggemar kebudayaan Jepang) seutuhnya, IOC menggabungkan keduanya.

Kita tidak perlu meninggalkan pribadi muslim kita untuk menjadi otaku ataupun sebaliknya

Ada beberapa syarat bagi para member yang ingin bergabung.

Namanya juga Islamic, tentu saja member IOC semuanya merupakan muslim dan muslimah.

Tidak banyak hal yang menjadi prasyarat untuk bergabung dalam komunitas ini, asalkan para member menunjukan sikap jiwa muslim walaupun mereka seorang otaku dan bagi para muslimah wajib menggunakan hijab dan menjunjung sifat sopan santun dalam menjaga auratnya.

Islamic Otaku Community lewat beberapa progress mereka ingin menjadikan hijab cosplay (seseorang yang berpenampilan menyerupai karakter kartun Jepang), islamic manga, muslim japanese style sebagai trendsetter fashion dan life style remaja muslim di Indonesia.

Tidak hanya perkumpulan bagi penggemar kebudayaan Jepang semata, IOC juga ikut serta dalam acara amal yang rutin di adakan tiap tahunnya dan kegiatan pengumpulan dana bagi para korban yang terkena musibah beberapa waktu lalu.

Islamic Otaku Community juga sering mengadakan gathering silatuhrahmi bagi para membernya dan melakukan beberapa projek cosplay pada beberapa event Jepang maupun acara amal. Projek cosplay ini tidak hanya sebagai ajang lomba atau pertunjukan fashion semata, tetapi IOC menunjukan pada masyarakat bahwa seorang muslim yang berhijab tidak perlu malu dengan jilbab yang di kenakannya akan kreasi mereka dalam berpakaian.

Itulah sekilas tentang IOC. Terima Kasih.

(Liputan Oleh : Antik Febrianti Umar)

Tinggalkan Balasan