Bib Baby artinya dalam bahasa Indonesia adalah celemek bayi, atau kain slayer untuk bayi. Kain Bib Baby atau celemek bayi ini cara penggunaannya dikalungkan di leher bayi, dan biasa digunakan pada bayi mulai umur sebulan hingga usia empat hingga lima tahun, atau balita.

 

bib-baby-6

Bib baby ini dalam bahasa Jawa biasa dikenal dengan sebutan”tatakan iler”.

Karena biasanya celemek bayi dipakai para bayi mungil saat makan atau minum, agar makanan dan minuman tak tumpah di baju bayi.

Pangsa pasar untuk home made bib baby atau celemek bayi buatan sendiri ini rupanya menjadi lahan bisnis bagi dua orang wanita muda bernama Sajida Ananda Gantyna (22) dan kakaknya Shalla Alona Gantyna (32), kakak-beradik yang memulai bisnis pembuatan celemek bayi atau Bib Baby rumahan sejak bulan Novemer 2015 lalu.

bib-baby-1

Menariknya Bib Baby yang dibuat secara unik dan kreatif ini, memiliki aneka bentuk disain yang lucu-lucu.

Keuletan kedua kakak-beradik ini membuahkan hasil yang cukup baik dari animo permintaan masyarakat.

“Inspirasi kami datang dari anak kakak saya yang masih bayi, karena biasanya bayi kan dibelikan celemek bayi buatan pabrik yang itu-itu saja jenisnya, maka kami tertarik untuk mendisain bib baby atau celemek bayi yang lucu, dan menarik juga fashionable,” ujar Sajida kepadaputeriputeri.com.

bib-baby-4

Ternyata bisnis pembuatan Bib Baby ini mendatangkan keuntungan yang lumayan yakni bisa sebesar Rp 10 juta perbulannya.

“Kami bisa menjual hingga ratusan pieces bib baby buatan kami sendiri, pembaca juga bisa melihat dari ragam bib baby buatan kami” ujar Sajida.

Merek bib baby buatan Sajida dan Alona ini dinamakan merek “Baby Mama Lona”.

bib-baby-5

Pembeli Bib Baby ini rata-rata memesan via online dan whatsapp.

“Kami berpromosi melalaui media sosial, seperti BBM, Whatsapp dan Instagram, ternyata respon peminat bib baby ini cukup banyak, sehingga kami cukup kewalahan untuk menyediakan pesanan bib baby buatan kami berdua,” ujar Sajida lagi.

Membuat bisnis rumahan atau usaha kecil menengah (UKM) ini juga memiliki banyak tantangan.

” Karena hanya kami berdua yang mengerjakan, semua dari mulai mendisaian, memilih bahan, belanja bahan, dan menjahitnya sendiri, maka saya harus mampu membagi waktu atara kuliah dan bisnis, juga kakak saya Alona harus membagi waktu antara merancang bib baby dengan mengasuh anaknya yang masih bayi,” tutur Sajida.

bib-baby-3

(Foto : Sajida)

Namun dengan semangat kewirausahaan, Sajida dam Alona optimis kalau bisnis rumahan skala kecil menengah yang dijalani mereka berdua memiliki prospek yang baik di masa mendatang.

Sajida yang kini juga telah meraih gelar Sarjana  Ilmu Komunikasi dari FIKOM Jayabaya ini, mengatakan untuk pembuatan Bib Baby ini pangsa pasarnya terbuka lebar.

Jika pembaca ada yang tertarik untuk mencari informasi tentang bagaimana bisnis Bib Baby atau jika ingin memesan, bisa menghubungi nomor Hp 081381888108.

“Untuk memulai wirausaha, yang penting jalani secara semangat dan antusias,” ujar Sajida.

Maka dengan semangat dan rasa passion menjalaninya, ternyata semangat kewira usahaan ini bisa dijalankan dengan baik.

Utamanya ada niat dan semangat juga konsisten dalam menjalaninya.

Salam kewira usahaan, khas puteriputeri.com.

(imung)

 

 

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan