“Wah mbak Puteri Infused Water itu apa air infus ? yang untuk infus itu ya ?” tanya Iyuk (21) rekan puteriputeri.com. Iyuk adalah gadis manis yang berwajah bulat telur dan memiliki tubuh yang ideal. Iyuk ini sering menemani Puteri di kantor redaksi atau sekadar jalan-jalan. Kalau pas jalan-jalan, Puteri pasti sempatkan untuk mengetik dan memposting artikel agar tetap up date.

“Bukan Yuk, Infused Water itu adalah air minum matang segar yang diberi celupan atau rendaman potongan buah, dinamakan Infused Water, begitu. Khasiatnya banyak untuk kesehatan, “

“ Ooo..beda dengan jus ya Mbak Puteri?”

“Beda, kalau Jus kan buah yang dijus atau di blender, tapi kalau infuse water, hanya potongan buah atau irisan buah yang dimasukkan ke dalam air matang siap minum, diamkan selama 10 menit atau  lebih lalu diminum, dipercaya khasiatnya juga baik untu kesehatan,”

Salah satu favorit Puteri adalah minum Infused Water. Dalam bahasa Indonesia Infused Water adalah air yang diresapi, agak sulit dicari padanan katanya, kalau tidak hati-hati menterjemahkan malah nanti salah paham seperti Iyuk yakni : cairan infus. Padahal bukan  cairan Infus. Infused Water adalah air yang di ‘resapi’ oleh buah dan atau sayuran.

Infused Water adalah air yang diberikan tambahan potongan buah atau sayuran.  Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air secara alami meningkatkan metabolisme Anda, dan  minum air yang ‘diresapi’ dengan buah  atau dikenal sebagai Infuse Water ini berguna pula untuk menurunkan berat badan serta bisa menjadi cara mudah untuk meningkatkan asupan air Anda.

Resep Infused Water ini sederhana dan murah, juga memiliki hampir nol kalori, dan rasanya juga segar.

Infused Water juga disebut juga ‘air detoks’, ‘air rasa buah’, atau ‘air yang diresapi buah’.

Infused Water umumnya dapat berupa kombinasi dari buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah direndam dalam air dingin matang siap minum. Infused Water memiliki manfaat yang penuh rasa, Infused Water juga tidak memiliki kalori. Hal ini membuatnya menjadi resep yang cukup ampuh dalam upaya untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Cara sederhana untuk membuat infused water adalah terlebih dahulu cuci bersih buah, sayuran atau dedaunan sebagai bahan utama. Untuk Infuse water dengan potongan buah seperti jeruk, potonglah dengan ketebalan 0.5 cm. Dan potonglah buah yang lebih kecil seperti anggur atau stroberi menjadi dua bagian. Kemudian tuangkan setengah liter air matang pada toples.  Tutup rapat untuk mencegah kontaminasi polusi dan serangga, dan simpan di suhu ruangan selama 1.5 jam. Cara lebih praktis biasanya Puteri membuatnya sepeti ini :

Ambil potongan buah, biasanya Puteri pilih jeruk atau stroberi, iris, kemudian masukkan ke dalam air, biasanya setengah liter (pilihan) kemudian simpan di dalam toples kaca, tutup rapat dan Puteri bawa ke kantor untuk diminum setelah sampai di kantor atau pas makan siang. Puteri jarang tidak menyimpannya dalam lemari es, karena selain tidak berencana untuk meminumnya esok, infuse water akan lebih mudah memberikan khasiat vitamin buah pada suhu ruangan, daripada saat suhu dingin.

Apakah Manfaat dari Infused Air?

 

Selain segar, sehat dan bervitamin dari buah segar,  Infused water memiliki nol kalori, ‘air diresapi buah’ ini memiliki banyak manfaat kesehatan tambahan, termasuk:

 

-Meningkatkan suasana hati Anda.

-Menggelontor (Flushes) racun dari sistem tubuh anda.

-Mengisi asupan cairan Anda sehingga Anda tetapsegar.

-Tentu membantu sel-sel tubuh melepaskan lemak Anda.

-Membuat makanan bergerak melalui sistem pencernaan Anda.

-Menjaga organ sehat saat ketika Anda sedang berkeringat.

-Mengurangi kelelahan otot saat bekerja di luar rumah.

-Membantu Anda memulihkan diri lebih cepat dari kelelahan.

-Membuat Anda merasa tetap segar di sore hari setelah bekerja.

Inilah 5 resep populer Infused Water

Setiap orang memiliki resep ‘air diresapi buah’ atau Infused Water  favorit mereka, namun ada juga yang lebih populer daripada yang lain. Lemon, jeruk nipis, stroberi, apel, dan jeruk dan bahan-bahan buah yang paling populer, sedangkan mentimun, mint, kemangi, kayu manis, dan jahe adalah bahan nabati yang paling populer.

 

Berikut adalah daftar top 5 buah  resep infused water:

 

# 1 – Infused Water dari Air Lemon

Air Lemon disebut juga  Air Lemon Detox atau Lemon Water, resep ini memiliki manfaat yang sangat sederhana dan lezat. Meskipun resep ini hanya sederhana saja, hanya butuh sebutir lemon namun  rasa manis dan asam dari lemon membuat rasa lezat dan  juga menyediakan banyak vitamin C dan lemon menambahkan rasa yang menyegarkan. Minum air lemon untuk menurunkan berat badan adalah ide bagus yang dapat Anda lakukan murah dan mudah. Caranya gampang potong sebutir jeruk lemon, iris 0,5 cm, masukkan irisan lemon  itu ke dalam air matang siap minum.Tutup rapat dan diamkan sejenak untuk diminum.

 

# 2 – Air Apel-Cinnamon

Ini juga gampang banget, ambil sebutir Apel iris setipis 0,5 cm, masukan ke dalam air matang bisa ditambahkan cinnamon atau kayu manis organik yang telah dibersihkan untuk menambah sensasi rasa.

# 3 – Air Mangga dan jahe

Infused Water yang ini juga cukup mudah. Apalagi negara kita kaya aka jenis mangga, ada mangga  gadung, mangga golek, mangga manalagi, bahkan ada nama mangga Gedong Gincu.Iris buah mangga dengan ketebalan yang cukup kira-kira 0,5 cm, iris pula jahe denga ketipisan yang hampir sama, masukkan irisan mangga dan jahe  ke dalam air matang, dan tutup rapat agar tidak terkontaminasi polusi udara atau serangga. Diamkan untuk meresap dan minum

# 4 – Strawberry Infused  Water

 

Resep Strawberry Infused Water ini mengandung buah strawberry (Stroberi) yang tinggi vitamin C dan penguat metabolisme tubuh.  Caranya juga mudah irs butuh stroberi menjadi 2 atau tiga bagian masukkan ke dalam air minum matang dan tutup. Diamkan sejenak untuk meresap dan minum langsung.

# 5 – Air Lemon dan Timun

Resep Infused Water air lemon da Timun ini juga menyegarkan. Caranya pun juga mudah iris lemon dan iris mentimun kemudian campurkan kedua irisan itu ke dalam air Tutup rapat dan bisa dibawa di kantor untuk diminum saat makan siang.

Begitulah resep infused water atau air yang diresapi buah atau sayur ini untuk kesehatan kita sehari-hari.

diresapi

Tinggalkan Balasan