simak Indahnya Alam Green Canyon Nan Eksotis.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona alam melalui panorama stalaktit dan stalakmitnya.

Green Canyon atau lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama Green Canyon sendiri adalah dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama Green Canyon.

Bagi penduduk lokal, Cukang Taneuh memiliki makna jembatan tanah. Hal ini karena di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan.

Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.
tebing-Green-Canyon.

Saat ini Green Canyon menjadi salah satu obyek wisata yang namanya mulai buming, baik bagi para wisatawan lokal maupun internasional.

Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit dan juga sulit dilewati oleh perahu, dititik itulah para backpacker mania sampai di mulut hilir dari Green Canyon, di mana airnya yang sangat jernih berwarna kebiru-biruan dan dengan dihiasi panorama alam lainnya berupa hujan abadi yang akan selalu memberikan kesejukannya disetiap saat para pengunjung melewati tebing bebatuan.

Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Tapi jangan khawatir meskipun terkesan seram tapi pengunjung dan para Backpacker mania akan disediakan Lifejacket atau baju pelampung sesuai dengan ukuran masing-masing. Apalagi selama uji-nyali terdapat pemandu yang akan menjaga agar tetap aman.

Nanti akan ada spot dimana kamu akan ditawari melompat dari batu stalaktit dengan ketinggian yang beranekaragam.


Mulai dari ketinggian 7 m, 12 m , 15 m sampai dengan 20 m. Untuk merasakan sensasi melompat dari atas Stalakmit, sifatnya tidak ada paksaan, akan tetapi sayang kan kalau sudah sampai di sana dan tidak mencoba sensasi melompat dari puncak tebing.

“ Amazing Of Indonesia “ disana. “ Luarr biasaa… kalo sudah sampai titik tengah, jantung saya serasa mau lepas, tapi at least, ga bikin penasaran lagi kan, pokonya keren lahh,” ujar Rhino (28) seorang pengunjung wisata asal Bogor yang ditemui PPWI di lokasi wisata. Ini merupakan lompatan perdananya disungai yang sangat sensasional ini.

So……Buat yang Hobi travelling ga ada salahnya untuk mencoba wisata adventure di Green Canyon Pangandaran ini.

Untuk bisa sampai ke sini seperti yang sudah dijelaskan dibeberapa media online mengenai obyek wisata Indonesia, wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menaiki bus umum dengan tujuan Pangandaran-Cijulang dengan perkiraan harga tiket Rp.30.000 Setelah sampai di Terminal Cijulang silahkan naik ojek sampai ke gerbang Green Canyon dan rasakan sendiri pengalaman menakjubkan yang jarang kita rasakan. Let’s Try Guys…!!!

(Liputan oleh : Ryan)

Tinggalkan Balasan