Incentive travel bukan merupakan hal yang baru terutama dibidang bisnis. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka artinya menjadi perjalanan insentif. Apa itu Incentive Travel atau Perjalanan Insentif ?

Incentive Travel atau Perjalanan Insentif merupakan suatu perjalanan wisata yang ditawarkan oleh perusahaan bagi para karyawannya dalam rangka sebagai imbalan atas usaha yang telah mereka lakukan dalam mencapai target perusahaan. Incentive Travel atau Perjalanan Insentif ini juga berfungsi untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja sehingga nantinya bisa lebih bersemangat dalam mencapai target.

Wujud dari Incentive Travel atau Perjalanan Insentif  ini bermacam-macam mulai dari tour ke tempat-tempat wisata ataupun hanya sekedar family gathering.

Namun dalam prakteknya, perjalanan insentif ini tidak hanya tentang bersenang-senang dan wisata saja melainkan diadakan juga sesi meeting atau rapat guna membicarakan strategi perusahaan dalam meningkatkan penjualan misalnya. Sehingga perjalanan insentif masih berkaitan pula dalam hal pekerjaan.

Hal ini seringkali diidamkan oleh para karyawan guna memberikan semangat baru setelah bekerja keras demi perusahaan.

Apa saja yang harus ada dalam perjalanan insentif?

Biasanya perjalanan insentif itu membutuhkan akomodasi tentunya yang bisa dalam berbagai bentuk mulai dari hotel, resort ataupun cottage. Akomodasi dipersiapkan dalam skala besar tentunya mengingat peserta perjalanan insentif ini tidak sedikit. Selain itu transportasi juga merupakan komponen penting yang harus ada.

Biasanya digunakan bus pariwisata, kapal pesiar, dan jenis angkutan masive lainnya yang tentu saja sudah dilengkapi dengan supir yang handal. Kemudian yang tidak kalah penting adalah konsumsi. Biasanya makan diadakan secara prasmanan di suatu restoran ataupun hotel. Hal-hal lainnya yang harus ada seperti buku panduan, atribut, dokumentasi, dan masih banyak lagi.

Tips Menyelenggarakan Perjalanan Insentif

Mempersiapkan incentive travel tentu bukan hal yang mudah, mengingat begitu banyak hal yang harus diurus. Lalu bagaimana agar perjalanan insentif bisa berjalan lancar? Berikut beberapa tipsnya:

– Persiapan Jauh-Jauh Hari
Mempersiapkan perjalanan insentif perlu dilakukan jauh-jauh hari. Akan ada banyak hal yang mesti diurus misalnya booking hotel, restoran, jasa transportasi, dan hal-hal lainnya. Jika dilakukan secara mendadak maka akan menimbulkan kekacauan dan bukan tidak mungkin jika acara bisa molor alias delay sehingga jadwal tidak berjalan tepat pada waktunya. Maka, persiapan perjalanan insentif perlu dilakukan secara matang dengan waktu yang cukup.

– Tidak Terburu-Buru
Tidak terburu-buru disini adalah dalam hal pemilihan. Misalnya saja pemilihan tempat untuk akomodasi, restoran, maupun tempat wisata. Banyak hal yang menjadi pertimbangan mulai dari budget sampai waktu. Sebelum booking hotel atau tempat untuk akomodasi lainnya kita bisa membandingkan beberapa tempat. Memilih tempat yang nyaman serta terjangkau harus dilakukan demi kenyamanan bersama. Selain itu, dalam memilih tempat makan juga harus diperhatikan makanan apa saja yang disediakan dan makanan seperti apa yang akan disukai para peserta perjalanan insentif. Jadi, daripada salah pilih dan nantinya menimbulkan ketidaknyamanan, sebaiknya diskusikan dulu segala sesuatunya dan pastikan tidak terburu-buru dalam memutuskan.

– Gunakan Jasa EO
Bila anda ditunjuk untuk menjadi penyelenggara perjalanan insentif, dan merasa tidak sanggup melakukannya sendiri maka tidak ada salahnya menggunakan jasa EO atau event organizer. Ada jenis EO yang khusus dibidang bisnis yang masuk kategori MICE.

EO seperti ini mengorganisir acara-acara seperti meeting, incentive, convention, dan exibition. EO seperti ini sangat bisa diandalkan dalam hal-hal yang berkaitan dengan acara perusahaan dan bisa bekerja secara profesional. Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga dalam mempersiapkan perjalanan. Semua kebutuhan bisa dipersiapkan dengan baik sesuai dengan permintaan sehingga acara bisa lebih terorganisir dengan baik dan lancar. Kita hanya perlu menikmati perjalanan bersama rekan-rekan diperusahaan saja.
Melakukan perjalanan insentif memang menyenangkan.

Selain bisa mengembalikan fikiran yang lebih segar, juga bisa mempererat silaturahmi antar karyawan. Bahkan hal ini bisa menjadi ajang memupuk motivasi bagi para karyawan. Perjalanan seperti ini diselenggarakan tergantung kebijakan setiap perusahaan. Terkadang sudah terjadwal namun ada juga perusahaan yang mengadakannya tanpa jadwal misalnya ketika perusahaan mencapai target penjualan, ulang tahun perusahaan, dsb. Itulah beberapa tips sederhana tentang penyelenggaraan incentive travel. Semoga bermanfaat.

(Oleh : Averisa Kireyzia)

Tinggalkan Balasan